Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Lapis Daging Jawa Timur, Hidangan Istimewa

Resep Lapis Daging Jawa Timur, Hidangan Istimewa

Lapis Daging Jawa Timur

Resep Lapis Daging Jawa Timur

Recipe By siti
Course: Lapis Daging Jawa Timur Cusine:indonesia Difficulty:Pemula

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. Daging sapi

  2. Beras

  3. Santan

  4. bawang merah

  5. bawang putih

  6. kemiri

  7. ketumbar

  8. garam

  9. Daun salam

  10. daun jeruk

  11. Gula merah

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Persiapan bahan: Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, seperti daging sapi, beras, santan, bumbu-bumbu, daun salam, dan daun jeruk.

  2. Langkah 2

    Marinasi daging: Potong daging sapi menjadi potongan-potongan kecil, lalu marinasi dengan bumbu-bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan lada. Biarkan daging terendam dalam bumbu selama beberapa jam agar bumbu meresap.

  3. Langkah 3

    Masak daging: Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis daging yang telah dimarinasi hingga berubah warna dan matang. Tambahkan air, daun salam, dan daun jeruk, lalu masak hingga daging empuk.

  4. Langkah 4

    Masak nasi: Sementara daging dimasak, siapkan nasi dengan cara memasak beras bersama santan, garam, dan sedikit air. Masak nasi hingga matang dan pulen.

  5. Langkah 5

    Susun lapisan: Siapkan loyang atau wadah tahan panas. Mulai menyusun lapisan demi lapisan, dimulai dari nasi, lalu daging, dan seterusnya secara bergantian hingga habis.
    Kukus: Setelah semua lapisan tersusun, kukus lapis daging selama 30-45 menit atau hingga matang.

  6. Langkah 6

    Finishing: Setelah matang, keluarkan lapis daging dari kukusan dan biarkan sebentar agar uap panas hilang. Lapis daging siap disajikan.

NOTES

    Meskipun lapis daging telah menjadi bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Jawa Timur, resep dan cara pembuatannya terus berkembang sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Berbagai inovasi dan modifikasi dilakukan untuk menyesuaikan dengan selera masa kini, namun tetap mempertahankan ciri khas dan nilai-nilai tradisional yang terkandung di dalamnya.

Siapa yang tidak kenal dengan lapis daging, salah satu hidangan khas Jawa Timur yang begitu lezat dan menggugah selera? Lapis daging merupakan perpaduan antara daging sapi yang empuk dan lembut dengan lapisan-lapisan nasi yang pulen dan gurih. Hidangan ini biasanya disajikan dalam acara-acara istimewa, seperti pernikahan, hari raya, atau acara keluarga lainnya. Tidak hanya lezat, lapis daging juga memiliki sejarah dan proses pembuatan yang menarik untuk diketahui.

Sejarah Lapis Daging Jawa Timur

Lapis daging merupakan salah satu hidangan tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Asal-usul hidangan ini tidak dapat dipastikan secara pasti, namun banyak yang meyakini bahwa lapis daging merupakan hasil akulturasi budaya antara Jawa dan Tionghoa. Pada masa lalu, lapis daging sering disajikan dalam acara-acara penting, seperti pernikahan atau perayaan hari raya.

Dalam perkembangannya, resep lapis daging terus mengalami inovasi dan penyesuaian dengan selera masyarakat setempat. Beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang, dan Sidoarjo, memiliki variasi resep lapis daging yang khas. Meskipun demikian, pada dasarnya, lapis daging tetap mempertahankan ciri khasnya, yaitu perpaduan antara daging sapi yang empuk dan lembut dengan lapisan-lapisan nasi yang pulen dan gurih.

Selain itu, lapis daging juga memiliki makna simbolik bagi masyarakat Jawa Timur. Dalam beberapa tradisi, lapis daging dianggap sebagai lambang keharmonisan, kebersamaan, dan kemakmuran. Hidangan ini sering disajikan dalam acara-acara penting, seperti pernikahan, khitanan, atau perayaan hari raya, sebagai bentuk harapan dan doa untuk kebahagiaan dan kesejahteraan.

Baca Juga :  Resep Mudah Membuat Potato Wedges Yang Enak

Meskipun lapis daging telah menjadi bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Jawa Timur, resep dan cara pembuatannya terus berkembang sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Berbagai inovasi dan modifikasi dilakukan untuk menyesuaikan dengan selera masa kini, namun tetap mempertahankan ciri khas dan nilai-nilai tradisional yang terkandung di dalamnya.

Bahan-bahan Utama Lapis Daging Jawa Timur

Lapis daging Jawa Timur terdiri dari beberapa bahan utama yang menjadi kunci keberhasilan dalam pembuatannya. Bahan-bahan tersebut adalah:

  • Daging sapi: Daging sapi merupakan komponen utama dalam lapis daging. Daging yang digunakan biasanya adalah bagian has dalam atau has luar yang memiliki tekstur yang empuk dan lembut.
  • Beras: Beras merupakan bahan dasar untuk lapisan nasi dalam lapis daging. Jenis beras yang sering digunakan adalah beras pulen, seperti beras Pandan Wangi atau beras Mentik.
  • Santan: Santan digunakan untuk memberikan cita rasa gurih dan kaya pada lapisan nasi. Santan yang digunakan biasanya adalah santan segar atau santan instan yang berkualitas baik.
  • Bumbu-bumbu: Berbagai bumbu-bumbu digunakan untuk memberikan cita rasa yang khas pada lapis daging, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan garam.
  • Daun salam dan daun jeruk: Daun salam dan daun jeruk digunakan untuk memberikan aroma yang khas dan menambah cita rasa pada lapis daging.
  • Gula merah: Gula merah digunakan untuk memberikan rasa manis yang seimbang dengan rasa gurih dari daging dan santan.

Selain bahan-bahan utama tersebut, terkadang juga ditambahkan bahan-bahan lain, seperti telur, kecap, atau bumbu-bumbu lainnya, sesuai dengan selera dan resep masing-masing daerah di Jawa Timur.

Proses Pembuatan Lapis Daging Jawa Timur

Proses pembuatan lapis daging Jawa Timur membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

  • Persiapan bahan: Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, seperti daging sapi, beras, santan, bumbu-bumbu, daun salam, dan daun jeruk.
  • Marinasi daging: Potong daging sapi menjadi potongan-potongan kecil, lalu marinasi dengan bumbu-bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan lada. Biarkan daging terendam dalam bumbu selama beberapa jam agar bumbu meresap.
  • Masak daging: Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis daging yang telah dimarinasi hingga berubah warna dan matang. Tambahkan air, daun salam, dan daun jeruk, lalu masak hingga daging empuk.
  • Masak nasi: Sementara daging dimasak, siapkan nasi dengan cara memasak beras bersama santan, garam, dan sedikit air. Masak nasi hingga matang dan pulen.
  • Susun lapisan: Siapkan loyang atau wadah tahan panas. Mulai menyusun lapisan demi lapisan, dimulai dari nasi, lalu daging, dan seterusnya secara bergantian hingga habis.
  • Kukus: Setelah semua lapisan tersusun, kukus lapis daging selama 30-45 menit atau hingga matang.
  • Finishing: Setelah matang, keluarkan lapis daging dari kukusan dan biarkan sebentar agar uap panas hilang. Lapis daging siap disajikan.

Proses pembuatan lapis daging memang membutuhkan waktu dan kesabaran, namun hasilnya akan sangat memuaskan. Tekstur daging yang empuk dan lembut, serta lapisan nasi yang pulen dan gurih, akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Baca Juga :  Cara Buat Bakso Sapi Super Enak Dengan Mudah

Variasi Resep Lapis Daging Jawa Timur

Meskipun pada dasarnya lapis daging memiliki resep dasar yang sama, terdapat beberapa variasi resep yang berkembang di Jawa Timur. Berikut adalah beberapa contoh variasi resep lapis daging Jawa Timur:

Lapis Daging Surabaya: Variasi ini berasal dari Kota Surabaya. Ciri khasnya adalah penggunaan bumbu-bumbu yang lebih kuat, seperti bawang merah, bawang putih, dan ketumbar yang dihaluskan. Selain itu, lapisan nasi biasanya diberi tambahan kecap manis untuk memberikan warna yang lebih pekat.

Lapis Daging Malang: Lapis daging dari Malang memiliki ciri khas pada penggunaan daging yang lebih tebal dan bumbu-bumbu yang lebih beragam, seperti penambahan kemiri, lengkuas, dan jahe. Selain itu, lapisan nasi biasanya diberi tambahan serundeng atau bawang goreng untuk menambah tekstur dan cita rasa.

Lapis Daging Sidoarjo: Lapis daging dari Sidoarjo memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus. Hal ini disebabkan oleh penggunaan daging yang lebih halus dan proses penggilingan yang lebih intensif. Selain itu, lapisan nasi biasanya diberi tambahan telur rebus untuk menambah kelezatan.

Lapis Daging Madura: Lapis daging dari Madura memiliki ciri khas pada penggunaan bumbu-bumbu yang lebih kuat, seperti cabai, terasi, dan kencur. Selain itu, lapisan nasi biasanya diberi tambahan serundeng atau abon untuk menambah tekstur dan cita rasa.

Meskipun terdapat beberapa variasi, pada dasarnya semua lapis daging Jawa Timur memiliki kesamaan, yaitu perpaduan antara daging sapi yang empuk dan lembut dengan lapisan-lapisan nasi yang pulen dan gurih. Perbedaan-perbedaan tersebut hanya menambah kekayaan dan keberagaman dari hidangan lapis daging Jawa Timur.

Tips Membuat Lapis Daging Jawa Timur yang Sempurna

Untuk mendapatkan hasil lapis daging Jawa Timur yang sempurna, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Pilih daging sapi yang berkualitas: Gunakan daging sapi yang berasal dari bagian has dalam atau has luar, karena memiliki tekstur yang empuk dan lembut.
  • Marinasi daging dengan bumbu-bumbu: Marinasi daging dengan bumbu-bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan lada, agar bumbu meresap dengan baik.
  • Masak daging dengan api kecil: Saat memasak daging, gunakan api kecil dan masak dengan perlahan agar daging menjadi empuk dan lembut.
  • Gunakan beras pulen: Pilih jenis beras pulen, seperti beras Pandan Wangi atau beras Mentik, agar lapisan nasi menjadi pulen dan gurih.
  • Gunakan santan yang kental: Gunakan santan yang kental agar lapisan nasi menjadi lebih gurih dan kaya.
  • Kukus dengan api sedang: Saat mengukus lapis daging, gunakan api sedang agar lapisan nasi matang dengan sempurna.
  • Biarkan lapis daging beristirahat sebelum disajikan: Setelah matang, biarkan lapis daging beristirahat sebentar agar uap panas hilang dan teksturnya menjadi lebih padat.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menghasilkan lapis daging Jawa Timur yang lezat, dengan tekstur daging yang empuk dan lembut, serta lapisan nasi yang pulen dan gurih.

Kesimpulan

Lapis daging Jawa Timur merupakan salah satu hidangan tradisional yang kaya akan sejarah dan budaya. Perpaduan antara daging sapi yang empuk dan lembut dengan lapisan-lapisan nasi yang pulen dan gurih, menjadikan lapis daging sebagai hidangan yang begitu lezat dan menggugah selera.

Baca Juga :  Cara Mudah buat Sambal Udang Pete yang Pedas dan Lezat

Proses pembuatan lapis daging memang membutuhkan waktu dan kesabaran, namun hasilnya akan sangat memuaskan. Dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menghasilkan lapis daging Jawa Timur yang sempurna.

Selain itu, keberagaman variasi resep lapis daging di Jawa Timur juga menambah kekayaan dan keunikan dari hidangan ini. Dari Surabaya, Malang, Sidoarjo, hingga Madura, masing-masing daerah memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dalam pembuatan lapis daging.

Dengan memahami sejarah, bahan-bahan, proses pembuatan, dan tips-tips dalam membuat lapis daging Jawa Timur, diharapkan Anda dapat menikmati dan menghargai hidangan ini sebagai bagian dari warisan budaya yang berharga.

FAQ

Apa saja bahan-bahan utama yang digunakan dalam pembuatan lapis daging Jawa Timur? Bahan-bahan utama yang digunakan dalam pembuatan lapis daging Jawa Timur adalah daging sapi, beras, santan, bumbu-bumbu (seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan garam), serta daun salam dan daun jeruk.

Bagaimana proses pembuatan lapis daging Jawa Timur? Proses pembuatan lapis daging Jawa Timur meliputi:

1) Marinasi daging dengan bumbu-bumbu,

2) Masak daging hingga empuk,

3) Masak nasi dengan santan,

4) Menyusun lapisan daging dan nasi secara bergantian, dan 5) Mengukus lapis daging hingga matang.

Apa saja variasi resep lapis daging Jawa Timur? Beberapa variasi resep lapis daging Jawa Timur antara lain: Lapis Daging Surabaya, Lapis Daging Malang, Lapis Daging Sidoarjo, dan Lapis Daging Madura. Masing-masing variasi memiliki ciri khas pada penggunaan bumbu-bumbu dan teknik penyajian.

Apa saja tips untuk membuat lapis daging Jawa Timur yang sempurna? Beberapa tips untuk membuat lapis daging Jawa Timur yang sempurna adalah:

1) Memilih daging sapi yang berkualitas,

2) Marinasi daging dengan bumbu-bumbu,

3) Masak daging dengan api kecil,

4) Menggunakan beras pulen,

5) Menggunakan santan yang kental,

6) Mengukus dengan api sedang, dan

7) Membiarkan lapis daging beristirahat sebelum disajikan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info