Lompat ke konten
Home » Resep » Memasak Resep Pindang Bumbu Sarden yang Mudah, Praktis, dan Pastinya Lezat

Memasak Resep Pindang Bumbu Sarden yang Mudah, Praktis, dan Pastinya Lezat

Pindang Bumbu Sarden (2)

Resep pindang bumbu sarden

Resep pindang bumbu sarden yang sederhana serta mudah memasaknya menjadi salah satu rekomendasi untuk Anda sekalian. Masakannya bisa untuk lauk sarapan paigi, makan siang, hingga makan malam. Tentu saja menyantapnya dengan nasi putih agar lebih mengenyangkan perut. Bahkan, Anda masih bisa menyimpannya untuk satu hari agar bisa dijadikan lauk lagi.

Ikan pindang yang dimasak dengan bumbu sarden termasuk masakan khas Jawa. Rasanya pedas gurih, sehingga begitu menggugah selera. Sementara untuk bahan dan bumbunya, semuanya cukup mudah Anda beli di pasar tradisional dengan harga terjangkau. Mungkin beberapa diantaranya sudah tersedia di dapur Anda. Lalu, bagaimana resep pindang bumbu sarden selengkapnya dan direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya yang semoga menginspirasi.

Bahan-bahan

  1. 10 ekor ikan pindang salem segar ukuran sedang
  2. 1 sendok makan saus tomat
  3. 1 sendok makan kecap manis
  4. 2 cm jahe digeprek
  5. 10 buah cabai rawit hijau utuh
  6. 2 buah tomat merah dipotong-potong
  7. 300 ml air
  8. ½ sendok teh garam
  9. ½ sendok teh kaldu bubuk
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan pindang dan menumis
Baca Juga :  Resep Timphan Labu Khas Aceh, Kudapan yang Serupa dengan Unti dari Betawi dengan Cita Rasa Manis dan Nikmat

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah besar

Cara memasak pindang bumbu sarden

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep pindang bumbu sarden dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan pindagng di bawah air mengalir. Anda yang tidak menyukai kepalanya bisa memotong dan menyisihkannya. Namun jika menyukainya, silahkan saja tidak perlu memotongnya.
  2. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan pindang. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu ikan ke dalam wajan.
  3. Goreng setengah matang saja dan jangan lupa membolak-balikkannya. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  4. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng ikan pindang hingga tersisa sekitar 2 sendok makan karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi minyak, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan jahe dan semua ikan pindang yang sudah digoreng setengah matang. Aduk merata dan masak diatas api kompor kecil saja.
  6. Tuangkan air dan aduk perlahan. Lalu, masukkan potongan tomat, saus tomat, dan kecap manis. Aduk merata.
  7. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Aduk perlahan, lalu silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.
  8. Jika rasanya sudah sesuai selera, masukkan semua cabai rawit utuh. Masak hingga mendidih dan kuahnya sedikit menyusut. Setelah benar-benar matang, matikan kompor dan biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  9. Siapkan sebuah piring atau mangku saji untuk plating, lalu pindahkan masakan pindang bumbu sarden yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Membuat Kue Coklat Chip Cookies Istimewa untuk Lebaran

Bagaimana uraian resep pindang bumbu sarden diatas? Semoga saja sesuai dengan selera Anda sekalian, sehingga bisa segera mencobanya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan