Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Nasi Ikan Asin untuk Menu Hemat anak Kost

Membuat Nasi Ikan Asin untuk Menu Hemat anak Kost

Membuat Nasi Ikan Asin (2)

Membuat Nasi Ikan Asin

Bahan-bahan

  1. NASI (DARI 2 CUP BERAS)
  2. 1 butir telur
  3. 1 ikan asin
  4. 3 siung bawang putih cincang
  5. 5 lonjor daun bawang
  6. 1 sdt gram
  7. 2 sdt merica
  8. 1 bungkus royco ayam
  9. minyak goreng

Langkah-langkah membuat Nasi Ikan Asin

  1. Langkah pertama dalam membuat nasi ikan asin adalah dengan merendam ikan asin dalam air panas[1]. Merendam ikan dapat membantu mengurangi rasa asinnya sehingga lebih enak dihidangkan di hidangan akhir. Caranya, masukkan ikan asin ke dalam mangkuk dan tuangkan air panas ke atasnya, biarkan terendam selama kurang lebih 15 hingga 20 menit[2]. Jika ingin rasa yang lebih lembut, Anda bisa merendam ikan dalam larutan garam[3]. Setelah direndam, lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan goreng dengan berbagai bumbu dan rempah untuk menambah rasa[1].
  2. Setelah ikan asinnya siap, saatnya menyiapkan nasi[4]. Anda bisa menggunakan jenis nasi apa pun yang Anda suka, seperti nasi putih, nasi merah, atau bahkan nasi goreng sisa[5]. Untuk membuat nasinya, cukup dimasak dengan santan, daun salam, serai, dan garam di rice cooker atau panci di atas kompor[4]. Untuk menambah rasa, Anda juga bisa menumis bawang putih, cabai merah, dan bawang bombay lalu mencampurkannya ke dalam nasi[6][7].
  3. Terakhir, saatnya memasak ikan asin dan nasi bersama-sama[8]. Dalam wajan, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah keriting hingga harum[9]. Tambahkan ikan asin dan tumis kembali[9]. Kemudian, tambahkan nasi ke dalam wajan dan campur semuanya [10]. Anda juga bisa menambahkan daun sup atau irisan daun bawang untuk menambah rasa[11][10]. Sajikan nasi ikan asin panas dan nikmati kombinasi rasa dan tekstur yang nikmat.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Ikan yang Tepat** – Saat membuat nasi ikan asin, penting untuk memilih jenis ikan yang tepat. Pilihlah jenis ikan asin dengan tekstur keras dan rasa kuat, seperti cod, haddock, atau mackerel. Jenis ikan ini bertahan dengan baik selama proses memasak dan memberikan rasa yang kaya dan gurih pada masakan.

Baca Juga :  Sedap dan Gurih, Inilah Pempek Ikan Tongkol

**Merendam Ikan Asin** – Sebelum menggunakan ikan asin dalam masakan nasi, rendam ikan dalam air secukupnya untuk mengurangi rasa asinnya. Biasanya, merendam ikan selama 1-2 jam dan mengganti air minimal satu kali dapat membantu mengurangi kandungan garamnya. Hal ini memastikan hidangan akhir menghasilkan keseimbangan rasa yang tepat tanpa terlalu asin.

**Menyeimbangkan Rasa** – Mencapai keseimbangan rasa yang harmonis sangat penting dalam nasi ikan asin. Pertimbangkan untuk memasukkan bahan pelengkap seperti bawang putih aromatik, bawang merah, dan jahe. Selain itu, menambahkan sedikit rasa manis dari bawang karamel atau sedikit rasa asam dari tomat dapat meningkatkan profil rasa hidangan secara keseluruhan dan melawan rasa asin pada ikan.

**Teknik Pelapisan dan Memasak** – Untuk memberikan rasa umami khas ikan asin pada nasi, pertimbangkan untuk meletakkan ikan di antara nasi selama proses memasak. Hal ini memungkinkan rasa menyatu, menghasilkan hidangan yang lebih bernuansa dan beraroma. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggoreng ikan asin sebelum menambahkannya ke dalam nasi untuk menambah rasa gurihnya.

**Saran Menghias dan Menyajikan** – Tingkatkan penyajian dan cita rasa nasi ikan asin Anda dengan menghiasinya dengan bumbu segar seperti daun ketumbar atau daun bawang. Perasan jeruk nipis atau taburan serpihan cabai dapat menambah kecerahan dan kehangatan, sehingga meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan. Pertimbangkan untuk menyajikan hidangan dengan acar sayuran atau salad mentimun yang menyegarkan untuk melengkapi rasanya yang kuat.

FAQ

Q: Jenis ikan apa yang paling cocok untuk membuat nasi ikan asin? A: Jenis ikan yang paling baik untuk membuat nasi ikan asin biasanya adalah ikan yang dagingnya keras seperti makarel atau cod. Jenis ikan ini bertahan dengan baik selama proses penggaraman dan memberikan rasa yang kaya pada nasi.

Baca Juga :  Memasak Resep Steak Daging Sapi Teflon yang Mudah dan Praktis

Q: Berapa lama sebaiknya ikan asin direndam terlebih dahulu sebelum digunakan dalam masakan nasi? A: Ikan asin sebaiknya direndam dalam air minimal 1-2 jam, atau bahkan semalaman di lemari es. Hal ini membantu mengurangi rasa asin pada ikan dan merehidrasinya sebelum digunakan dalam hidangan nasi.

Q: Bolehkah saya menggunakan jenis beras apa pun untuk membuat nasi ikan asin? A: Secara tradisional, nasi putih berbutir sedang atau panjang digunakan untuk membuat nasi ikan asin. Namun, Anda bisa bereksperimen dengan jenis beras lain seperti nasi melati atau nasi basmati untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang berbeda.

Q: Bumbu atau bahan tambahan apa yang biasa ditambahkan pada nasi ikan asin? A: Bumbu umum dan bahan tambahannya antara lain bawang putih, bawang merah, jahe, dan sedikit kecap atau kecap ikan untuk menambah kedalaman rasa. Beberapa resep juga menyertakan sayuran yang dipotong dadu seperti wortel, kacang polong, atau paprika untuk mendapatkan rasa yang penuh warna dan bergizi.

Q: Apakah nasi ikan asinnya bisa dibuat terlebih dahulu dan dihangatkan kembali? A: Ya, nasi ikan asin bisa dibuat terlebih dahulu dan dipanaskan kembali. Simpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 2-3 hari. Saat memanaskan kembali, taburkan sedikit air di atas nasi untuk membantu melembapkannya, lalu panaskan dalam microwave atau di atas kompor hingga matang.

Referensi : 

1.   4 Cara Olah Ikan Asin agar Tidak Terlalu Asin, Rendam di ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.kompas.com 

2.   Cara Mudah Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.fimela.com 

3.   Simak Cara Sederhana Menghilangkan Rasa Asin Pada ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari realitasttu.pikiran-rakyat.com 

4.   Resep Ramadan: Nasi Gurih Ikan Asin – detikFood.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari food.detik.com 

Baca Juga :  Resep Tuna Tartare, Enak Mudah, Modal Niat

5.   Wow Gak Kalah Enaknya! Berikut Resep Nasi Bakar Ikan ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.melintas.id 

6.   Resep Nasi Goreng Ikan Asin dan Telur yang Gurihnya ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari food.detik.com 

7.   Resep Nasi Goreng Ikan Asin, Menu Sederhana Dengan Cita ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari sajiansedap.grid.id 

8.   44 resep ikan asin usam enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/cari/ikan%20asin%20usam 

9.   Resep Nasi Goreng Ikan Asin, Sajian Nikmat yang Mudah ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.liputan6.com 

10.   Resep Nasi Goreng Ikan Asin, Bikin Sarapan Pakai Sisa ….  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari www.kompas.com 

11.   Resep Nasi goreng ikan asin telang oleh MalikaSaskia.  (n.d.)   Diperoleh February 11, 2024, dari cookpad.com/id/resep/9471766-nasi-goreng-ikan-asin-telang

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan