Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ketan Durian Gula Merah, Sajian Hangat Mengundang Selera Setiap Orang

Resep Ketan Durian Gula Merah, Sajian Hangat Mengundang Selera Setiap Orang

Ketan Durian Gula Merah (1)

Resep ketan durian gula merah

Resep ketan durian gula merah sangat menarik perhatian terutama Anda sekalian yang mengaku sebagai penggemar berat buah durian. Biasanya, di bulan Desember (akhir tahun) hingga Januari (awal tahun) menjadi puncaknya produksi buah durian di Indonesia. Khususnya beberapa kota/kabupaten di Pulau Jawa yang populer dengan sentra buah duriannya.

Jika seperti itu, tidak ada salahnya Anda ikut memburunya mumpung harganya masih terjangkau karena stoknya di pasaran cukup melimpah. Namun, jangan hanya menyantapnya langsung, tetapi lebih mengasikkan menjadikannya bahan kuliner yang dijamin enak. Biasanya daging durian hanya dijadikan bahan es campur atau sejenisnya saja. Untuk kali ini, lebih menarik lagi karena ada resep ketan durian gula merah yang bisa Anda coba praktikkan di rumah.

Bahan-bahan

  • 250 gram beras ketan putih dicuci bersih
  • 300 ml santan encer
  • 1 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan disimpul
  • 50 gram daging buah nangka tua dipotong-potong
Baca Juga :  Tips dan Trik Sukses Membuat Nastar 1 kg yang Tidak Gagal

Bahan saus durian gula merah

  • 7 – 8 biji daging buah durian, ambil dagingnya saja
  • 200 ml air
  • 150 gram gula merah/gula Jawa
  • 100 ml santan
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandaan disimpul

Cara membuat ketan durian gula merah

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep ketan durian gula merah dengan cara membuatnya sebagai berikut.

1. Siapkan dulu sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan ke dalamnya beras ketan yang sudah dibersihkan, santan, garam, dan daun pandan. Aduk sebentar, lalu kukus sekitar 30 menit hingga matang.

2. Pastikan ketannya sudah matang dan pulen. Jika belum, Anda bisa mengukusnya lagi beberapa menit untuk memastikannya sudah matang. Angkat dan biarkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.

3. Selanjutnya, ambil daun pandan di dalam ketan, lalu masukkan potongan buah nangka. Aduk merata dengan ketannya. Sisihkan dulu.

Baca Juga :  Resep Gudeg Jogja, Enaknya bikin Kangen Jogja

4. Langkah berikutnya membuat saus durian gula merah. Caranya, siapkan panci bersih ukuran sedang. Lalu, masukkan semua bahan saus yang sudah disiapkan ke dalam panci.

5. Rebus diatas api kompor kecil sambil diaduk perlahan hingga mendidih. Anda bisa mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah benar-benar matang, enak, serta sesuai selera, segera matikan kompor dan tunggu beberapa saat hingga agak mendingin.

6. Waktunya plating. Siapkan 2 – 3 mangkuk saji untuk plating, lalu beri ketan nangka yang sudah jadi. Setelah itu, siram diatasnya saus durian secukupnya. Anda bisa menyantapnya selagi masih hangat.

Sangat menarik bukan resep ketan durian gula merah diatas? Rasa manisnya memang lebih dominan, sehingga sangat cocok dijadikan makanan pembuka yang mengenyangkan. Selamat mencoba resepnya.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan