Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ketan Durian Lumer Menggugah Selera

Resep Ketan Durian Lumer Menggugah Selera

Resep Ketan Durian (2)

Resep Ketan Durian

Cara membuat Ketan Durian

Untuk membuat Ketan Durian kita membutuhkan beberapa bahan. Diantaranya 

  1. 500 gram ketan putih, 
  2. 250 ml santan cair, 
  3. 500 ml santan ukuran sedang, 
  4. 200 gram daging durian, 
  5. 150 gram gula merah sisir, 
  6. 2 sendok makan gula pasir, 
  7. dan 1/2 sendok teh garam. 

Langkah membuat Ketan Durian : 

  1. Untuk menyiapkan ketan, kita perlu mencucinya dan memasaknya seperti nasi biasa, menambahkan garam secukupnya [3].
  2. Kemudian kita tambahkan santan, gula pasir, dan daun pandan ke dalam ketan dan masak hingga cairannya meresap [4]. 
  3. Sedangkan kuah duriannya bisa kita buat dengan cara menumbuk daging durian lalu memasaknya bersama santan, gula, dan garam. 
  4. Setelah ketan dan kuah durian sudah siap, kita bisa menyajikannya dengan cara memasukkan nasi ke dalam mangkuk dan menyiramnya dengan kuahnya[6]. 
  5. Hidangan ini bisa disajikan hangat atau dingin, tergantung selera pribadi.

Untuk menyimpan Ketan Durian sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es[4]. 

Bisa bertahan hingga tiga hari bila disimpan dengan benar. Saat memanaskan kembali masakan, disarankan untuk menambahkan sedikit air atau santan ke dalam nasi agar nasi tidak mengering[7]. 

Selain itu, penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti daging durian segar dan santan, untuk memastikan rasa dan tekstur terbaik[8]. 

Dengan mengikuti tips dan langkah berikut ini, siapa pun bisa membuat hidangan penutup lezat dan unik yang pasti akan mengesankan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Durian yang Tepat** – Pilihlah durian matang yang aromanya kuat dan sedikit memberi rasa ketika ditekan lembut. Aroma dan tekstur sangat penting untuk kesuksesan hidangan ketan durian. Hindari durian mentah atau terlalu matang, karena durian tersebut mungkin tidak memberikan rasa dan tekstur yang diinginkan pada resepnya.

Baca Juga :  Memasak Nasi Tim Ayam untuk santapan Keluarga

**Menyiapkan Nasi Ketan** – Rendam beras ketan dalam air minimal 4 jam atau sebaiknya semalaman. Hal ini memastikan butiran beras menyerap cukup air sehingga menghasilkan tekstur yang lengket dan empuk saat dimasak. Bilas beras yang sudah direndam sampai bersih sebelum dikukus untuk menghilangkan sisa pati.

**Menyeimbangkan Rasa Manis dan Lembut** – Saat membuat kuah santan, usahakan keseimbangan antara rasa manis dan krim. Gunakan santan berkualitas baik dan sesuaikan jumlah gula hingga mencapai tingkat kemanisan yang diinginkan. Sausnya yang kental dan sedikit manis akan melengkapi rasa durian dan ketan yang kaya dan pedas.

**Pelapisan Rasa dan Tekstur** – Lapisi rasa dan tekstur pada hidangan untuk pengalaman bersantap yang menyenangkan. Mulailah dengan bahan dasar ketan manis, diikuti dengan daging durian yang kental, lalu siram saus santan di atasnya. Pelapisan ini memungkinkan setiap komponen bersinar sekaligus menciptakan perpaduan rasa dan tekstur yang harmonis.

**Penyajian dan Presentasi** – Sajikan ketan durian selagi masih hangat untuk rasa dan tekstur terbaik. Hiasi dengan tambahan daging durian atau biji wijen panggang untuk penyajian yang menarik. Dorong pengunjung untuk menikmati hidangan secara perlahan, dengan menghargai perpaduan rasa dan karakter unik durian. Kiat-kiat ini didasarkan pada metode tradisional dan rekomendasi para ahli dalam menyiapkan ketan durian, memastikan hidangannya beraroma, beraroma, dan menarik secara visual.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ketan Durian? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ketan Durian antara lain beras ketan, durian, santan, gula pasir, garam, dan daun pandan sebagai penyedap rasa.

Baca Juga :  Memasak Resep Toppa Lada Khas Makasar untuk Menu Makan Siang

Q: Bagaimana cara membuat Ketan Durian? A: Untuk membuat Ketan Durian, pertama-tama rendamlah ketan selama beberapa jam atau semalaman. Lalu kukus nasi bersama daun pandan hingga matang. Di panci terpisah, campur santan, gula pasir, dan sedikit garam, lalu panaskan hingga gula larut. Setelah nasi matang, campurkan dengan campuran santan dan diamkan beberapa menit. Terakhir, sajikan ketan durian dengan durian segar di atasnya.

Q: Bisakah saya menyimpan Ketan Durian untuk dikonsumsi nanti? A: Ya, Anda bisa menyimpan Ketan Durian dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 2-3 hari. Saat memanaskan kembali, Anda mungkin perlu menambahkan sedikit santan untuk mengembalikan tekstur krimnya.

Q: Bagaimana cara meningkatkan rasa Ketan Durian? A: Untuk menambah cita rasa Ketan Durian, Anda bisa menambahkan sedikit sari pandan ke dalam adonan santan agar rasa pandan lebih kuat. Selain itu, Anda bisa menaburkan biji wijen panggang di atasnya untuk mendapatkan aroma pedas dan tekstur yang renyah.

Q: Apa saja tips menyajikan Ketan Durian? A: Saat menyajikan Ketan Durian, Anda bisa menghiasinya dengan tambahan daging durian, sedikit santan, dan taburan biji wijen panggang untuk sentuhan ekstra memanjakan. Paling baik disajikan hangat untuk menikmati rasa krim dan aromatiknya.

Referensi : 

1.   Resep Pembaca : Ketan Kuah Durian yang Pulen Legit.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari food.detik.com 

2.   Resep Ketan Durian oleh Ummu Azzam.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari cookpad.com/id/resep/15629805-ketan-durian 

3.   Resep Bubur Ketan Durian oleh Mama Bahagia.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16389834-bubur-ketan-durian 

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Wedang Kolang Kaling Jahe

4.   Resep Ketan Durian Lumer, Cara Pas untuk Nikmati Durian.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.kompas.com 

5.   Resep Ketan Durian oleh Fitri Sasmaya.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari cookpad.com/id/resep/4936381-ketan-durian 

6.   Resep Ketan durian lumer oleh Meri Yoana.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari cookpad.com/id/resep/5532735-ketan-durian-lumer 

7.   Resep Kolak Durian Ketan yang Legit, Begini Cara Buatnya!.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.idntimes.com 

8.   Resep Ketan Durian Menggugah Selera, Ini Bahan Dasar ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.inews.id/travel/kuliner/resep-ketan-durian/all 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan