Skip to main content

Resep Membuat Kue Dadar Gulung

Anaya Lariencia

Membuat Kue Dadar Gulung



Kue dadar gulung tradisional khas Indonesia banyak dijual dan tidak kalah enak dengan camilan yang viral dan banyak dijual saat ini. Camilan dadar gulung ini merupakan makanan yang disukai orang. Kue bisa dikatakan mudah untuk diolah juga bahannya tidak mahal.

Resep Kue Dadar Gulung

Dadar gulung adalah kue yang berwarna hijau, modelnya seperti lumpia namun teksturnya lembek. 

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kue dadar gulung adalah sebagai berikut:

  1. 1 buah kelapa parut
  2. 126 gr gula merah
  3. 260 gr tepung terigu
  4. Air
  5. Sejumput Garam 
  6. 3 tetes pewarna untuk makanan

Langkah membuat kue dadar gulung:

  1. Pertama adalah anda Masak gula merah memakai air secukupnya sampai larut.
  2. Kemudian Masukan kelapa parut dan larutan gula merah, lebih baik memakai kelapa yang masih muda supaya rasanya enak. Campur kelapa bersama larutan gula merah sampai kering.
  3. Setelah itu Diamkan terlebih dahulu kelapa parut dengan gula merah sampai suhu ruang
  4. Kemudian Larutkan 260 gr tepung terigu menggunakan 650 ml air, ditambah pewarna makanan hijau campur sampai merata keseluruh bagian.
  5. Jika sudah anda Cetak kulit menggunakan teflon anti lengket (ukuran yang anda mau sesuai keinginan anda). Masak kulit tapi jangan terlalu kering, biarkan keadaan lembek agar elastis.
  6. Kemudian selanjutnya adalah proses mengisi kulit dengan memberi satu sendok teh kelapa gula merah ke dalam kulit kue, kemudian supaya isinya merata di bagian ujung dimemarkan.
  7. Setelah itu diLipat kulit bentuk amplop kemudian anda gulung. Cara melipatnya seperti menggulung risol dan lumpia. Supaya mudah waktu menggulungnya anda dapat memakai alas plastik untuk bantuan.
  8. Kue dadar gulung ini sudah selesai dan siap untuk dihidangkan dengan memakai piring pipih. Kue dadar gulung buatan rumah ini siap untuk dimakan bersama keluarga dan teman anda dengan dilengkapi teh tawar atau kopi hangat. Sedikit info bahwa kue dadar gulung kini juga sudah divariasi untuk warna kulit dan isinya. Selamat mencoba.

Sumber referensi:kompas.com

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar