Lompat ke konten
Home » Resep » Variasi Resep Lumpia Goreng Ayam Udang Memakai Kulit Tahu yang Mantul

Variasi Resep Lumpia Goreng Ayam Udang Memakai Kulit Tahu yang Mantul

Lumpia Goreng Ayam Udang (2)

Resep lumpia goreng ayam udang

Resep lumpia goreng ayam udang tentu saja berbeda dari lumpia pada umumnya. Jika membahas tentang lumpia, pastinya identik dengan Kota Semarang, Jawa Tengah. Namun seiring perkembangan zaman, berhasil tercipta lumpia dengan kreasi berbeda. Seperti halnya lumpia goreng berbahan ayam dan udang ini. Kulit lumpianya memakai kulit tahu yang lebih tebal serta lebih renyah saat dimakan.

Lumpia tersebut tidak memakai potongan rebung, tetapi bahan lainnya. Mulai dari jamur shintake daging ayam, udang, dan daging kepiting. Begitu kaya akan protein, sehingga dijamin rasanya mantul. Anda sekalian yang penasaran dengan rasanya silahkan coba membuatnya di rumah. Namun sebelumnya, baca dulu resep lumpia goreng ayam udang selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 lembar kulit tahu ukuran besar
  2. 150 gram daging ayam fillet bagian dada dicincang kasar
  3. 100 gram udang segar ukuran sedang dibersihkan lalu dicincang kasar
  4. 50 gram daging kepiting atau rajungan
  5. 2 buah jamur shintake segar dicuci dipotong kotak kecil
  6. 1 sendok teh daun ketumbar dicincang halus
  7. 1 sendok teh kecap ikan
  8. ½ sendok teh garam
  9. ¼ sendok teh merica bubuk
  10. ¼ sendok teh gula pasir
  11. 2 sendok teh minyak wijen
  12. 1 sendok makan tepung sagu dilarutkan dengan 2 sendok makan air es
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng lumpia
Baca Juga :  Resep Ikan Kembung Balado Sederhana

Bahan pelengkap

  • Cabai rawit hijau secekupnya
  • Acar mentimun secukupnya

Cara membuat lumpia goreng ayam udang

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep lumpia goreng ayam udang dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan cuci dulu sebentar dulu kulit tahu yang sudah disiapkan di bawah air mengalir, lalu tiriskan. Setelah itu, potong-potong kulit tahu berbentuk kotak ukuran sekitar 12 cm x 12 cm. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan daging ayam, udang, daging kepiting, jamur shintake, dan daun ketumbar. Aduk merata dengan tangan saja. bumbui adonan tersebut dengan kecap ikan, garam, merica bubuk, gula pasir, dan larutan tepung sagu. Aduk merata lagi hingga benar-benar semua bahan dan bumbu tercampur.
  3. Ambil sebuah potongan kulit tahu, lalu beri 2 sendok makan adonan isian. Gulung dan lipat kulit tahunya hingga rapi serta rapat. Lakukan langkah tersebut hingga adonan isiannya habis. Sisihkan.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng lumpia. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu lumpia ke dalam wajan.
  5. Goreng hingga semua sisi lumpia berwarna kecoklatan dan jangan lupa membolak-balikkannya. Setelah matang, angkat lumpia dan tiriskan dulu. Sisihkan sebentar.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan semua lumpia goreng ayam udang yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan cabai rawit hijau dan acar mentimun secukupnya.
Baca Juga :  Resep Currywurst, Salah Satu Makanan Khas Jerman

Silahkan Anda coba praktikkan resep lumpia goreng ayam udang diatas. Siapa tahu memang cocok dan bisa juga menjadi ide bisnis kuliner yang menguntungkan. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info