Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep membuat Kepiting Saus Padang yang enak dan mudah

Resep membuat Kepiting Saus Padang yang enak dan mudah

Resep membuat Kepiting Saus Padang (2)

Resep membuat Kepiting Saus Padang

Bahan

  1. 2 ekor kepiting segar ukuran besar
  2. 1 buah bawang bombay, iris tipis
  3. 5 sdm Kecap Manis
  4. 5 sdm saus tomat
  5. 4 sdm Saus Tiram
  6. 3 sdm Saus Sambal Extra Hot
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 1 batang daun bawang, iris halus
  9. 1 butir telur, kocok lepas
  10. 1 sdt garam
  11. 1 sdt gula pasir
  12. ½ sdt merica putih bubuk
  13. 100 ml air
  14. 4 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  1. 10 buah cabai merah
  2. 5 butir bawang merah
  3. 5 buah cabai rawit
  4. 3 siung bawang putih
  5. 2 cm jahe

Langkah-langkah membuat Kepiting Saus Padang

  1. Langkah pertama dalam membuat sosis Padang adalah menyiapkan kepiting. Menjaga higienis Kepiting harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak. 
  2. Pertama-tama, rebus kepiting selama 10 menit hingga matang [1]. 
  3. Setelah itu, keluarkan daging kepiting dari cangkangnya dan sisihkan. 
  4. Selain itu, potong-potong 2 buah jagung manis dan rebus hingga matang [2]. 
  5. Potong bawang bombay menjadi irisan tipis sebagai pelengkap [3]. 
  6. Setelah semua bahan siap, kita dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
  7. Langkah kedua adalah membuat saus Padang. Untuk membuat saus Padang, haluskan 5 buah cabe merah, 50 gram bawang merah, 3 siung bawang putih, dan 1 sendok teh garam [4]. 
  8. Panaskan minyak goreng di atas wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan matang [5]. 
  9. Setelah itu tambahkan 150 gram tomat yang sudah menghancurkan kulitnya dan potong-potong, 5 sendok makan saus tomat, 5 sendok makan saus cabai, 4 sendok makan saus tiram, dan 1 sendok makan gula pasir [2]. 
  10. Aduk rata semua bahan hingga merata dan masak hingga saus mengental [6].
  11. Langkah terakhir adalah memasak dan menyajikan kepiting dengan saus Padang. Panaskan minyak goreng di atas wajan, tumis 2 cm jahe yang sudah diiris tipis hingga harum [4]. 
  12. Setelah itu tambahkan daging kepiting yang sudah dipisahkan dari cangkangnya dan tumis hingga matang [1]. 
  13. Masukkan saus Padang yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam wajan dan aduk rata dengan daging kepiting hingga tercampur merata [2]. 
  14. Tambahkan 2 lembar daun jeruk dan 1 batang serai yang sudah dimemarkan untuk memberikan aroma yang harum [2]. 
  15. Setelah itu tambahkan jagung manis yang sudah direbus dan bawang bombay yang sudah dipotong-potong [1]. 
  16. Aduk rata semua bahan hingga merata dan masak hingga saus mengental [6]. 
  17. Kepiting saus Padang siap disajikan dengan irisan jeruk nipis dan taburan bawang daun sebagai hiasan [5].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Segar** – Saat membuat kepiting saus Padang, penting untuk memulai dengan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Carilah kepiting hidup yang aktif dan memiliki bau yang bersih dan asin. Bumbu dan rempah segar, seperti serai, jahe, dan kunyit, akan menambah cita rasa masakan. Pemilihan bahan yang segar akan meningkatkan cita rasa dan aroma kepiting sambal Padang secara keseluruhan.

Baca Juga :  Membuat Kue Lidah Kucing Istimewa untuk Hidangan Lebaran

**Mempersiapkan Kepiting dengan Benar** – Bersihkan dan siapkan kepiting secara menyeluruh sebelum dimasak. Buang insang, celemek, dan kotoran yang terlihat dari kepiting. Memecah kepiting menjadi beberapa bagian akan membuat rasa sambal Padang lebih efektif meresap ke dalam daging, sehingga menghasilkan masakan yang lebih beraroma. Persiapan yang tepat memastikan kepiting menyerap rasa saus selama memasak.

**Menyeimbangkan Rasa** – Mencapai keseimbangan rasa yang sempurna sangat penting saat membuat kepiting saus Padang. Sausnya harus memiliki perpaduan harmonis antara unsur manis, gurih, pedas, dan tajam. Penggunaan asam jawa, gula aren, dan berbagai macam bumbu seperti ketumbar, jintan, dan kapulaga sangat penting untuk menciptakan profil cita rasa khas masakan Padang. Menyeimbangkan rasa ini akan menghasilkan saus yang kaya dan kompleks yang melengkapi manisnya daging kepiting.

**Mendidih dengan Sempurna** – Rebus kepiting dalam kuah Padang hingga mencapai tingkat kematangan ideal. Proses ini memungkinkan kepiting menyerap rasa kuah sekaligus memastikan daging matang dengan sempurna. Merebus secara perlahan juga membantu mengentalkan saus dan memasukkan sari kepiting ke dalamnya. Langkah ini penting untuk menghasilkan hidangan dengan cita rasa yang dalam dan berkembang.

**Hiasan dan Penyajian** – Saat menyajikan kepiting saus Padang, pertimbangkan untuk menghiasinya dengan bumbu segar seperti daun ketumbar, cabai yang diiris tipis, dan perasan air jeruk nipis. Hiasan ini tidak hanya menambah daya tarik visual tetapi juga berkontribusi pada pengalaman rasa secara keseluruhan. Selain itu, menyajikan hidangan dengan nasi kukus atau roti kering akan membantu menyeimbangkan kekayaan kepiting dan sausnya, sehingga menghasilkan hidangan yang lengkap dan memuaskan. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik ini, Anda dapat memastikan kepiting saus Padang Anda beraroma, aromatik, dan seimbang, sehingga memuaskan tamu Anda dengan pengalaman kuliner asli Indonesia.

Baca Juga :  Resep Telur Dadar Kornet yang Mudah, Praktis, dan Pastinya Enak

FAQ

Q: Bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat Kepiting Saus Padang? A: Untuk membuat Kepiting Saus Padang, Anda membutuhkan kepiting segar, Saus Padang (terbuat dari cabai merah, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, serai, daun jeruk purut, lengkuas, dan santan), minyak goreng, air asam jawa, gula pasir, dan garam.

Q: Bagaimana cara menyiapkan kepiting untuk resep ini? A: Untuk menyiapkan kepiting, bersihkan secara menyeluruh dengan membuang insang, celemek, dan lumpur atau kotoran apa pun. Anda juga bisa mematahkan cakarnya dan memecahkannya sedikit agar bumbu meresap saat dimasak. Pastikan kepiting masih segar sebelum melanjutkan resepnya.

Q: Bagaimana proses pembuatan sambal padangnya? A: Saus Padang dibuat dengan mencampurkan cabai merah, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, serai, daun jeruk purut, dan lengkuas hingga menjadi pasta halus. Kemudian pasta ini dimasak dengan santan, air asam jawa, gula pasir, dan garam hingga bumbu tercampur rata dan kuah mencapai kekentalan yang diinginkan.

Q: Bagaimana cara memasak dan menyajikan kepiting dengan saus Padang? A: Setelah kepiting diolah dan dibuat sambal padangnya, anda bisa memasak kepiting dalam kuah tersebut dengan api sedang hingga matang sempurna dan bumbu meresap. Setelah selesai, sajikan kepiting dengan sambal Padang di atas piring, hiasi dengan bumbu segar dan irisan jeruk nipis untuk menambah cita rasa.

Q: Bolehkah saya menyesuaikan pedasnya sambal Padang sesuai selera saya? A: Ya, pedasnya sambal Padang bisa Anda sesuaikan dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit cabai merah saat membuat sambalnya. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol tingkat panasnya dengan membuang biji cabai sebelum mencampurkannya ke dalam saus.

Baca Juga :  Membuat Mie goreng Ayam Wortel untuk Bekal Anak Sekolah

Referensi : 

1.   1.357 resep kepiting saos padang enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 1, 2024, dari cookpad.com/id/cari/kepiting%20saos%20padang 

2.   Resep Kepiting Saus Padang yang Pedas Nampol.  (n.d.)   Diperoleh February 1, 2024, dari food.detik.com 

3.   Resep Kepiting Saus Padang oleh Andita Putri.  (n.d.)   Diperoleh February 1, 2024, dari cookpad.com/id/resep/10973648-kepiting-saus-padang 

4.   4 Cara Membuat Kepiting Saus Padang untuk Sajian ….  (n.d.)   Diperoleh February 1, 2024, dari www.kompas.com 

5.   Resep Kepiting Saus Padang Homemade, Selezat Buatan ….  (n.d.)   Diperoleh February 1, 2024, dari momsmoney.kontan.co.id 

6.   RESEP KEPITING SAUS PADANG UNTUK IDE ….  (n.d.)   Diperoleh February 1, 2024, dari www.miyako.co.id 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan