Jumat, 17 Juli 2020

Resep Sambal Ijo Padang Sederhana tapi Nikmat

Resep Sambal Ijo Padang




Siapa yang tidak tahu resep sambel ijo Padang? Sambal yang satu ini selain sederhana, namun juga nikmat. Seperti yang diketahui bahwa sambal merupakan salah satu makanan pendamping yang selalu disajikan untuk hampir semua kuliner di Indonesia. Rasanya makanan apapun belum lengkap jika tidak didampingi dengan sambal.

Makan tanpa sambal rasanya kurang mengesankan bagi sebagian besar orang di Indonesia. Itulah sebabnya variasi sambal di Indonesia sangat banyak dan beraneka ragam. Mulai dari sambal tomat, sambal bawang, sambal ijo, sambal kacang, dll. Berbagai macam sambal tersebut memiliki cita rasa yang berbeda-beda dan menggugah selera.

Terlebih bila Anda mendampinginya dengan ikan bakar, ikan goreng, ayam goreng, dan telur goreng. Rasanya sambal semakin nikmat jika dilengkapi dengan lauk pauk seperti itu. Maka dari itu, mengingat variasi sambal begitu banyak, tidak ada salahnya Anda mencoba resep sambel ijo Padang di bawah ini:

Bahan dan Bumbu

  1. Cabe hijau yang besar sebanyak 100 gr.
  2. Cabai rawit hijau sebanyak 100 gr.
  3. Bawang merah sebanyak 4 siung.
  4. Bawang putih sebanyak 2 siung.
  5. Tomat hijau sebanyak 1 buah.
  6. Minyak goreng yang panas, secukupnya saja.
  7. Air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan.
  8. Garam dan gula secukupnya.
  9. Penyedap rasa bubuk, secukupnya (sesuai selera).

Cara Membuat Sambal Ijo Padang

Di bawah ini adalah panduan membuat sambal ijo Padang yang mudah, praktis, tapi tetap enak, antara lain:

  1. Untuk membuat menu resep sambel ijo Padang ini, sebaiknya kukus dulu bahan-bahannya, seperti cabai hijau besar, bawang merah, cabai rawit hijau, tomat, dan bawang putih sampai lembut. Sehingga cita rasanya semakin terasa karena teksturnya lembut ketika akan dihaluskan menggunakan ulek-ulek. 
  2. Selanjutnya haluskan semua bahan yang dikukus tadi menggunakan ulek-ulek. Untuk yang satu ini bisa dihaluskan sesuai selera. Bisa dihaluskan sampai lembut, atau kasar juga boleh. Yang terpenting adalah harus cocok di lidah saja supaya rasanya semakin nikmat.
  3. Setelah semua bahannya lembut, masukkan gula, garam, minyak panas, dan penyedap masakan secukupnya. Ulek lagi sampai semuanya tercampur rata dengan sempurna.
  4. Coba rasanya, bila sudah cukup nikmat, maka menu sambel ijo Padang telah siap untuk disajikan bersama dengan bahan pelengkapnya.

Manfaat Mengkonsumsi Sambal Ijo Padang

Sambal ijo Padang di atas memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Di bawah ini adalah manfaat mengkonsumsi sambal ijo khas Padang, antara lain:

  1. Karena cabai hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi dan banyak, sehingga bisa melindungi diri dari masalah kanker (menangkal radikal bebas).
  2. Dengan mengkonsumsinya, sistem imun semakin meningkat karena didalamnya banyak mengandung vitamin C.
  3. Sambal ijo juga bisa membuat kulit semakin sehat. Karena selain memiliki vitamin C yang bisa mencerahkan kulit. Ternyata didalamnya juga mengandung vitamin E tinggi yang bisa memproduksi minyak kulit alami. Sehingga Anda bisa terhindar dari masalah penuaan dini.
  4. Salah satu manfaat paling baik dari sambal ijo adalah bisa membuat Anda terhindar dan terbebas dari penyakit diabetes.

Resep di atas sangat cocok sekali dipraktekkan untuk pemula yang baru saja belajar memasak. Selain mudah dan praktis, tentunya sambel ijo di atas bisa dikombinasikan dengan beberapa varian menu masakan lainnya. Misalnya saja seperti ikan goreng, nasi putih yang hangat, tempe goreng, telur goreng, dll. Dengan mencoba resep sambel ijo Padang di atas, dijamin semua anggota keluarga semakin betah di rumah karena hidangannya lebih bervariasi.




TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments