Sabtu, 18 Juli 2020

Resep Gulai Kambing yang Empuk tapi Praktis

Resep Gulai Kambing




Resep gulai kambing ini tidak sama seperti gule. Gulai merupakan makanan berkuah yang berasal dari Sumatera Barat. Makanan ini berasal dari bumbu gurih dan rasanya pedas. Meskipun nama gulai dan gule hampir sama, namun keduanya sangat berbeda bila dilihat dari segi bahan pembuatannya.

Gulai adalah makanan dari Sumatera yang menggunakan bahan baku dari ikan, ayam, sapi, jeroan, kambing, dan sayur-sayuran. Cara memasaknya menggunakan bumbu rempah-rempah, seperti ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, jintan, adas, dll. Kuah gulai kambing ini sangat kental sehingga rasanya gurih tapi pedas.

Tips Membuat Gulai Kambing yang Empuk

Seperti yang diketahui bahwa gula kambing identik dengan daging yang keras. Maka dari itu jika Anda ingin menikmati daging kambing yang lunak dan lembut, kami punya tipsnya. Di bawah ini adalah tips membuat gulai kambing yang lembut, empuk, enak, tapi sederhana cocok untuk pemula, antara lain:

  1. Pilih bagian daging kambingnya dulu supaya teksturnya lembut saat dimasak. Anda bisa memilih di bagian panggul yang berdekatan dengan ekor. Bagian ini teksturnya lebih lembut dan aromanya tidak begitu tajam. Selain itu, lemaknya juga sedikit sehingga lebih sehat dan aman dari kolesterol. 
  2. Rebus daging kambingnya hingga airnya mendidih. Setelah itu buih keabu-abuan yang ada di permukaan air dibuang. Jangan merebus daging dengan jeroan karena aromanya semakin parah. Jadi rebus secara terpisah dengan menambahkan rempah-rempah ke dalam air rebusannya untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing.
  3. Karena untuk membuat resep gulai kambing ini santannya lebih kental dari gule, jadi sebaiknya pilih santan yang tua. Sehingga kandungan minyaknya banyak.
  4. Untuk bumbu rempah-rempah yang bisa digunakan adalah cengkeh, ketumbar, jintan, adas, cabai merah, bawang merah, serai, kapulaga, kayu manis, jahe, pala, dan kunyit.
  5. Resep Gulai Kambing
Di bawah ini adalah beberapa cara membuat gulai kambing yang lembut, enak, dan lezat, antara lain:

Bahan Gulai Kambing :

  1. Daging kambing (ada tulang iganya) 1 kg, kemudian potong-potong sesuai selera.
  2. Ketumbar bubuk 1 sendok makan.
  3. Adas bubuk ½ sendok teh.
  4. Jintan bubuk ½ sendok teh.
  5. Minyak sayur 4 sendok makan.
  6. Bawang merah 10 butir, kemudian iris tipis-tipis.
  7. Cabai merah bubuk sebanyak 1 sendok makan.
  8. Serai 1 batang, setelah itu memarkan.
  9. Cengkeh 2 butir.
  10. Kapulaga 2 butir.
  11. Kayu manis sebesar 5 cm.
  12. Pala ½ butir, kemudian memarkan.
  13. Santan 1 L.
  14. Kelapa 200 gr, setelah itu parut, sangrai, dan langsung ditumbuk halus.

Bumbu Halus:

Haluskan semua bahan-bahan di bawah ini untuk membuat bumbu gulai kambing:
  1. Bawang putih 5 siung.
  2. Jahe 1 cm, kemudian cincang.
  3. Kunyit 1 cm, kemudian cincang.
  4. Lengkuas ½ cm, lalu cincang.
  5. Garam 2 sendok teh.

Cara Membuat Gulai Kambing

  1. Untuk membuat gulai yang lembut, aduk potongan daging kambing bersama dengan jintan, adas, dan ketumbar sampai rata, lalu sisihkan 30 menit.
  2. Tumis bawang merah ke dalam minyak panas sampai layu, lalu masukkan cabai merah bubuk, bumbu halus, kayu manis, serai, cengkeh, pala, dan kapulaga, sambil diaduk-aduk sampai wangi aromanya.
  3. Masukkan daging kambing sambil diaduk-aduk hingga matang.
  4. Masukkan santan dan kelapa sangrai, dan masak menggunakan api kecil. Tunggu hingga dagingnya lembut, lalu angkat. 
  5. Sekarang gulai kambing siap disajikan selagi masih hangat.

Itulah sedikit resep makanan yang bisa dijadikan sebagai variasi hidangan di rumah. Dengan membuat menu resep gulai kambing di atas, dijamin akan membuat lidah bergoyang karena cita rasanya sangat nikmat dan rasa santannya gurih. Sehingga pasti akan membuat Anda semakin ketagihan.



Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Bagaimana membuat Gulai Kambing yang Empuk ?
Jawaban : Pilih bagian daging kambingnya dulu supaya teksturnya lembut saat dimasak. Anda bisa memilih di bagian panggul yang berdekatan dengan ekor. Bagian ini teksturnya lebih lembut dan aromanya tidak begitu tajam. Selain itu, lemaknya juga sedikit sehingga lebih sehat dan aman dari kolesterol. 
Pertanyaan : Bagaimana langkah membuat Gulai Kambing ?
Jawaban : Untuk membuat gulai yang lembut, aduk potongan daging kambing bersama dengan jintan, adas, dan ketumbar sampai rata, lalu sisihkan 30 menit.
Pertanyaan : Apa saja bahan membuat Gulai Kambing ?
Jawaban : Daging kambing (ada tulang iganya) 1 kg, kemudian potong-potong sesuai selera, Ketumbar bubuk 1 sendok makan.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments