Minggu, 09 Agustus 2020

Gepuk Daging Sapi Khas Sunda yang Kenyal dan Gurih

Gepuk Daging Sapi / Empal Daging


Hai mom, sudah pernah dengan belum yang namanya Gepuk daging Sapi ? Nah bagi kalian warga selain sunda atau jawa barat tentunya masih merasa aneh mendengar kata-kata makanan Gepuk Daging Sapi. Kalau di luar jawa barat nama lain dari Gepuk Daging Sapi adalah Empal Daging.

Gepuk Daging Sapi ini memang sangat populer di Sunda, karena memiliki rasa yang nikmat dan lembut banget. Sehingga menjadikan salah satu makanan favorit di Jawa Barat.

Gepung Daging Sapi ini juga sangat cocok bagi kalian yang suka rasa daging namun teksturnya empuk banget. Makanan yang satu ini juga menjadi favorit kerabat topwisata yang ada di Sunda.

Nah bagi kalian, yang penasaran dengan cita rasa kaya rempah Gepuk Daging Sapi / Empal Daging ini. Yuk kepoin resepnya berikut ini.

Bahan Gepuk Daging Sapi / Empal Daging :


  1. 500 gram daging sapi
  2. 1/2 butir kelapa, ambil 100 ml santan kentalnya
  3. Garam secukupnya
  4. 1 sdm air asam
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 ruas ibu jari lengkuas, memarkan

Bumbu halus:


  1. 6 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 sdm gula merah, sisir

Cara membuat Gepuk Daging Sapi / Empal Daging :

  1. Langkah pertama untuk membuat Gepuk Daging Sapi yang enak adalah membersihkan dagingnya kemudian memasak/merebus daging sapi hingga matang. Bisa sampai 20 menit, cek teksturnya apakah sudah matang atau belum. Lalu angkat dan ambil kaldunya.
  2. Setelah daging tadi kalian tiriskan, kemudian ambil daging tersebut dan potong tipis-tipis melebar. Setelah semua daging terpotong Gepuk-Gepuk daging sapi tersebut hingga serat-seratnya terlihat memar.
  3. Kaldu daging hasil rebusan pertama tadi masak kembali, kali ini campurkan dengan berbagai bumbu halus diatas seperti bawang merah, bawang putih dan gula merah. Jangan lupa tambahkan santan. Aduk-aduk hingga merata.
  4. Lanjutkan langkah memasak kaldu dengan tambahkan lagi bahan lainnya seperti air asam, salam, garam dan lengkuas. Aduk-aduk lagi hingga merata, lalu masukkan daging yang sudah kalian gepuk tadi, dan masak sampai bumbu-bumbunya meresap.
  5. Jika terlihat sudah cukup meresap, kurang lebih 10 menit, daging bisa ditiriskan. Setelah sudah ditiriskan, kemudian goreng daging tersebut hingga berubah warna.
  6. Gepuk Daging Sapi siap dihidangkan ditengah-tengah keluarga.






TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments