Minggu, 09 Agustus 2020

Resep Rawon Daging Sapi Spesial Idul Adha

Rawon Daging Sapi


Rawon Daging adalah salah satu masakan yang masuk jajaran legend di Indonesia. Karena makanan ini benar-benar otentik yang dibawa oleh pengaruh asing pada zaman dahulu dan sudah menyatu dengan tradisi lokal di Indonesia, sehingga terciptalah Rawon Daging yang legendaris ini.

Rawon juga memiliki tampilan yang masih klasik sejak pertama kali masuknya ke Indonesia yaitu abad ke 10. Rawon sudah banyak sekali dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Baik itu di perkotaan, pedesaan sampai masyarakat pelosok.

Apalagi di Jawa Timur, tentunya makanan satu ini menjadi favorit topwisata ya, karena rasanya itu lo pedas, manis, gurih, asin, kenyal semuanya ada di dalam 1 mangkok rawon daging ini.

Nah, jika kalian tertarik membuat Rawon Daging sendiri dirumah tentu saja bisa kok. Karena bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit ya mom. Bumbu-bumbu dasar cuma membutuhkan buah keluak atau kluwek sebagai pembentuk kuah rawon.

Isi buah kluwek tadi tinggal direbus dan ditambahkan dengan beberapa bumbu modern seperti kaldu sapi menjadikan rasa Rawon Daging ini sangat enak banget ya mom.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita coba membuat Rawon Daging #dirumahaja.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sandung lamur sapi
  2. 1 dengkul sapi, belah dua
  3. 3 lembar daun jeruk purut segar
  4. 1 batang serai, memarkan
  5. 1 sdm air asam jawa
  6. 2 batang daun bawang, iris seukuran 1 cm
  7. 3 bungkus Kaldu Sapi
  8. 3 liter air
  9. 5 sdm minyak goreng

Bumbu halus

  1. 4 siung bawang putih
  2. 8 butir bawang merah
  3. 5 buah keluak, geprek dan rendam isinya dengan air panas
  4. 4 butir kemiri, sangrai
  5. 1 cm kunyit, bakar

Bahan-bahan diatas wajib ada ya, biar rasa rawon nantinya akan enak, gurih, nikmat. Bahkan untung-untung bisa menjadi ladang bisnis kalian ke depan.

Cara membuat Rawon Daging Spesial :

  1. Langkah pertama yang kalian lakukan adalah merebus daging dan dengkul sapi yang sudah kalian siapkan tadi, rebus hingga menjadi setengah lunak. Setelah itu angkat rebusan tadi dan tiriskan. Potong daging sesuai selera, bisa berbentuk pipih atau dadu-dadu.
  2. Air rebusan tadi jangan dibuang ya, karena dipakai buat kaldu. Tambahkan Kaldu sapi ke dalam air rebusan daging sapi tadi.
  3. Langkah berikutnya adalah, menumis beberapa bumbu dapur seperti lengkuas, daun jeruk, serai. Tumis sampai tercium bau harum.
  4. Daging yang sudah kalian potong-potong tadi masukan kedalam tumisan, dan masak hingga bumbu-bumbu meresap ke dalam daging sapi nya.
  5. Setelah daging tadi selesai ditumis, kali ini tinggal memasukan daging sapi tersebut ke dalam air rebusan kuah kaldu. masak dengan api kecil saja, supaya matang sempurna dan daging bisa empuk sempurna. Rawon Daging Sapi siap dihidangkan, sajikan selagi hangat dan Taburi bawang merah goreng dan bawang perai.
  6. Untuk penyajian bisa dilengkapi dengan tauge, telur asin, sambal dan kerupuk udang.






TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments