Senin, 10 Agustus 2020

Resep Susu Kedelai Murni, Banyak Khasiat nan Enak #dirumahaja

Susu Kedelai Murni


Sumber protein alami selain dari daging dan susu sapi adalah kedelai. Kedelai memang di sukai banyak masyarakat, terutama jika menjadi susu kedelai yang enak dan manis. Sari kedelai murni ini adalah intisari dari susu kedelai.

Susu kedelai memang terkenal menjadi minuman pelengkap sumber protein nabati yang sangat bagus untuk tubuh, karena kandungan yang ada di dalamnya sangatlah lengkap termasuk kalsium, vitamin, protein, dan nutrisi lainnya. Kandungan asam amino dalam kedelai ini juga sangat bagus untuk daya kembang anak.

Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukan angka 56 persen orang yang mengkonsumsi sumber protein ini jauh lebih rendah terkena osteoporosis. Tentunya dengan mengkonsumsi dengan tepat ya, jangan sampai berlebihan. Khasiat lainnya dari susu kedelai ini adalah menurunkan resiko terkena kanker payudara ya mom.

Maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi sumber protein alami bisa dari hewani atau nabati. Nah, jika kalian ingin sekali membuat susu kedelai di rumah tentu saja sangatlah bisa ya mom. bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidaklah susah untuk dicari.

Bahan-bahan:

  1. 250 gram kacang kedelai
  2. 150 gram atau 10 sdm gula pasir
  3. 0,5 sdt vanili
  4. 0,5 sdt garam
  5. 1500 ml air mineral


Cara membuat Susu Kedelai :

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan wadah untuk menampung biji kedelai. Lakukan pencucian hingga bersih biji kedelai tersebut dan rendam dulu kurang lebih sampai 1 malam.
  2. Keesokan harinya, mulailah dengan meremas kacang kedelai tersebut sampai terkelupas kulitnya. Kalian harus benar-benar memastikan kulit arinya sudah terkelupas dari biji kacang kedelai, agar hasil susunya nanti tidak langu.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan merebus kacang kedelai tadi dengan api sedang selama 5 menit.
  4. Setelah kacang kedelai tadi direbus, sekarang saatnya kedelai tersebut di blender. Masukan kacang kedelai tadi ditambah dengan air mineral kurang lebih 1500 ml. Blender sampai kedelai benar-benar menjadi bubur.
  5. Setelah kedelai sudah menjadi bubur, saatnya menyaring hasil blender tadi dengan kain, kenapa menggunakan kain, karena tekstur kain lebih rapat daripada saringan kelapa. Sehingga yang turun adalah sari kedelainya, dan ampas tertahan di kain tersebut.
  6. Setelah semuanya sudah tersaring, sekarang saatnya memasak air kedelai tersebut. Tambahkan gula, vanili dan garam secukupnya. Rebus kurang lebih 5 menit dan terus diaduk-aduk. Jika terlihat masih ada sisa-sisa ampas, angkat ampas tersebut.
  7. Susu Kedelai buatan mama sudah jadi deh, dan siap untuk bekal anak-anak kesekolah.






TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments