Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Suka Kuliner? Manfaat dan Bahaya Konsumsi Makanan Pedas #1

Apa Saja Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas

Apa Saja Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas
Sambel Trasi Mak' e Cah-Cah

Sobat topwisata pasti sudah pernah memakan makanan yang pedas-pedas bukan?? ya ini adalah tradisi yang ada di negeri kita, dimana sebagian orang sangat suka makan jika ditambah dengan capai atau sambal.

Sensasi makan pedas memang menambah nafsu makan, kita pengennya nambah lagi dan lagi. Namun sobat topwisata juga harus tahu apa manfaat serta bahayanya jika kita menkonsumsi makanan yang pedas atau Cabai.

Memang sih jika memakan makanan pedas dengan porsi yang wajar akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, karena cabai kan mengandung banyak vitamin. Namun jika kita mengkonsumsi secara berlebihan juga akan mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh kita.

Simak ulasan topwisata.info berikut tentang "Apa Saja Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas". Mari simak berikut.

Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan


1. Menurunkan Kadar Kolesterol


Mengkonsumsi makanan pedas dengan batas kewajaran dapat atau mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kita, karena dari efek pedas tadi mampu memicu aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga tidak terjadi gumpalan-gumpalan lemak yang menyebabkan Kolesterol.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Sudah terbukti manfaatnya, memakan makanan pedas yang mempunyai bahan dasar Cabai atau Paprika mampu memberikan efek lebih pada sistem kekebala tubuh kita. Kandungan vitaminnya adalah A dan C yang sangat bagus untuk Metabolisme tubuh.

Sistem imun akan semakin kuat berfungsi untuk melawan radikal bebas yang menyerang kita, karena sekarang musim sedang tidak menentu, jadi ada baiknya kalian sekali-sekali mengkonsumsi makanan pedas dengan bahan dasar Cabai.

3. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Diabetes


Resiko terkena penyakit Diabetes sangat kecil untuk para penikmat makanan pedas. Hal ini memang pernah dibuktikan oleh beberapa penelitian di Inggris bahwa Kadar Gula dari seseorang yang suka makan pedas, ternyata lebih rendah daripada yang tidak menyukai makanan pedas.

4. Menenangkan Suasana Hati


Mungkin sobat topwisata yang merasa hatinya galau sedang ada masalah dengan cinta, bisa mengkonsumsi makanan pedas seperti berbahan dasar Cabai atau Paprika.

Karena kedua makanan ini mengandung hormon Endorfin yang mampu menenangkan perasaan suasana hati yang lagi galau.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan


Jika sobat topwisata suka sekali dengan makanan berat-berat, seperti Daging Kambing, daging sapi, daging jaran. Sobat topwisata perlu mengkonsumsi cabai sebagai lalapannya. Karena Cabai disini memiliki peran penyeimbang untuk melancarkan sistem pencernaan kita.

Namun jangan terlalu banyak cabainya ya, karena bisa berakibat sakit perut.

6. Melancarkan Peredaran Darah


Cabai selama bertahun-tahun diyakini bisa melkancarkan sirkulasi darah dalam tubuh hingga tubuh akan cepat mengganti sel-sel yang rusak.

7. Melancarkan Sistem Pernapasan


Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik. Baca juga: Cara mengobati kutil kelamin

8. Mengatur Siklus Tidur


Bagi sobat topwisata yang sangat sulit tidur, mungkin karena banyak pikiran atau sedang galau, bisa mencoba tips ini. Mengkonsumsi Cabai dapat mempermudah untuk Tidur Lelap.

Hal ini memang sudah dibuktikan oleh peneliti di Australia, bahwa mengkonsumsi makanan pedas atau cabai mampu memperlancar aliran darah serta kandungan hormon Endorfin meningkat, sehingga para pengkonsumsi akan cepat tertidur tanpa harus mendengarkan musik atau menunggu ada yang dongeng dulu.

9. Sebagai Makanan Antikanker


Beberapa penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan sel-sel kanker bisa dihambat /dimatikan zat capsaicin dari cabai tanpa mengganggu sel-sel sehat di sekitarnya apabila kita secara teratur menkonsumsi makanan pedas.

10. Mengobati gejala Flu


Gejala flu bisa dihilangkan oleh capsaicin yang efektif membantu membuka jalan pernafasan, mengurangi sinusitis dan gejala-gejala flu lainnya. Capsaicin juga bisa membantu meningkatkan pengeluaran keringat yang secara tidak langsung mempercepat pengeluaran zat-zat beracun lainnya dalam tubuh. Baca juga: Obat herbal tumor rahim jinak

Lanjut ke Efek Bahaya Mengkonsumsi Makan Pedas





TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Suka Kuliner? Manfaat dan Bahaya Konsumsi Makanan Pedas #1
5/ 5
Oleh