Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Suka Kuliner? Manfaat dan Bahaya Konsumsi Makanan Pedas #2

Apa Saja Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas

Tips Bikin Sambal Terasi, Manfaat serta bahayanya
Tips Bikin Sambal Terasi, Manfaat serta bahayanya

Sobat topwisata pasti sudah pernah memakan makanan yang pedas-pedas bukan?? ya ini adalah tradisi yang ada di negeri kita, dimana sebagian orang sangat suka makan jika ditambah dengan capai atau sambal.

Sensasi makan pedas memang menambah nafsu makan, kita pengennya nambah lagi dan lagi. Namun sobat topwisata juga harus tahu apa manfaat serta bahayanya jika kita menkonsumsi makanan yang pedas atau Cabai.

Memang sih jika memakan makanan pedas dengan porsi yang wajar akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, karena cabai kan mengandung banyak vitamin. Namun jika kita mengkonsumsi secara berlebihan juga akan mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh kita.

Simak ulasan topwisata.info berikut tentang "Apa Saja Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas". Mari simak berikut.

Bahaya Makanan Pedas Untuk Kesehatan


1. Menyebabkan Diare Dan Mulas


Efek dari Cabai ini memang panas di dalam lambung kita, dan hal tersebut yang akan membuat pemicu enzim pencernaan memproduksi lebih banyak dari pada biasanya, salah satu enzim tersebut adalah Asam Hidroklorik.

Dimana kandungan tersebut akan merangsang kadar asam lambung naik secara signifikan pada jangka pendek untuk segera mendorong makanan tersebut agar segera keluar dari dalam perut. hal ini memang berjalan alami didalam tubuh kita, karena tubuh kita tidak membutuhkan jumlah makanan tersebut terlalu banyak dalam lambung atau perut kita agar tidak terjadi efek yang lebih serius lagi.

2. Menyebabkan Kontraksi


Kontraksi ini memang sangat tidak bagus pada penderita asam lambung tinggi ya sob. karena sebagian besar dalam otot polos prostaglandin meningkatkan kinerjanya dan menyebabkan kontrasi yang berbahaya pada tubuh kita.

3. Beresiko Terkena Masalah lambung Seperti Maag, Tukak Lambung, Gerd, dll


Hati-hati yang sob bagi penderita masalah lambung, seperti maag, tukak lambung atau gerd. Karena jika kita terus menerus mengkonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang tidak normal, maka tidak mungkin lagi akan merusak dinding lambung kita.

Cabai atau Paprika merupakan makanan yang memicu asam dalam lambung naik ke bagian perut, dan menyebabkan kerusakan dinding lambung anda. Dan masalah lambung lainnya akibat makanan pedas adalah penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Baca juga: Khasiat kunyit untuk maag

4. Bila Terkena Kulit Akan Menjadi Kemerahan


Jika kadar Cabai atau Pedas ini terkena kulit sensitif kita, maka akan menimbulkan tangan akan mengalami sindrom Hunan, dimana Sindrom ini merupakan rasa sakit seperti kemerah-merahan atau sampai gosong bengkak dibagian yang terkena cipratan sambal atau makanan pedas.

5. Menyebabkan Lidah Menjadi Mati Rasa


Ini yang harus kamu cegah ya sob, sekarang kan jamannya makan mie setan level berapa ? mie iblis level berapa atau mie akhirat level berapa. Hal ini yang memicu lidah kita sampai mati rasa jika kita memakan makanan pedas yang terlalu banyak atau terlalu pedas.

Jika kondisinya sangat parah, lidah kita bisa mati rasa sampai 3 hari. Maka sebaiknya makan makanan yang wajar saja ya.

7. Mengakibatkan Susah Tidur atau Tidur kurang nyaman


Disamping memakan cabai atau makanan pedas itu membuat mudah tidur, ternyata memakan makanan pedas yang diluar batas bisa menyebabkan sulit tidur juga.

Karena pada malam hari kita pasti akan mengalami sakit perut yang tak tertahankan, sehingga kita mau tidak mau harus bangkit dari tidur.

8. Sakit Kepala


Sakit kepala sering dikaitkan dengan stres atau tubuh yang kurang istirahat. Padahal sakit kepala juga dapat dipicu oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Makan makanan pedas ketika perut kosong akan mengakibatkan Anda terkena serangan sakit kepala. Baca juga: Cara mengobati gejala tipes

9. Sariawan


Terlalu sering makan makanan pedas memang lebih rentan mengalami sariawan. Dan parahnya, hal ini akan menganggu kenikmatan dalam menyantap makanan.

Lanjut ke Manfaat Konsumsi Makanan Pedas



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Suka Kuliner? Manfaat dan Bahaya Konsumsi Makanan Pedas #2
5/ 5
Oleh