Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Tips Sukses Bisnis Banjir Peminat - Mengenal Optimasi Digital Marketing

Mengenal Digital Marketing dan Cara meraih kesuksesan didalamnya

Tips Sukses Bisnis Banjir Peminat - Mengenal Optimasi Digital Marketing
Tips Sukses Bisnis Banjir Peminat - Mengenal Optimasi Digital Marketing

Anda Punya Bisnis Travel, Tempat Wisata, Tempat Kuliner, Jasa Penjualan Tiket Wisata Online, Hotel ataupun Penginapan. Namun anda bingung cara mempromosikan usaha anda agar menjadi lebih besar ? Tenang, kamu sudah landing di blog yang tepat untuk merintis usaha kamu menjadi lebih besar. Karena disini admin topwisata akan memberikan tips-tips sukses untuk berbisnis wisata tersebut dengan mengenal Digital Marketing.

Hai sobat topwisata, mungkin pembahasan kali ini sedikit nyeleneh dari biasanya ya sobat. Kalau biasanya kami membahas tentang wisata-wisata hits di Indonesia, kali ini topwisata tim akan membahas tentang "Bagaimana cara sukses menjadi Internet Marketing".

Di Era industri 4.0 ini hampir semuanya dilakukan dengan cara instan dan online, maka dari itu kita harus tahu dan perlu mempelajari cara mempromosikan blog kita, produk kita dan jasa kita kepada kalayak umum dengan menggunakan jaringan internet.

Seperti halnya perusahaan-perusahan wisata besar di Indonesia, sekarang sudah mulai beralih untuk lebih fokus optimasi atau bertarung di dalam era digital ini. Sebagai kuncinya untuk menjadi Top Page One di google adalah konten yang berkualitas.

Kan percuma saja, kita mempunyai website yang sudah bagus, tetapi tidak ada pengunjung sama sekali atau sedikit pengunjung ke blog kita. Seperti halnya topwisata.info dulu, sejak pertama dibuat blog wisata ini pada tahun 2018 lalu. Blog ini sangat sepi pengunjung, dan kalaupun ada pengunjung biasanya hanya saya sendiri. Padahal basis utama atau inti dari pembuatan blog topwisata.info ini adalah mereview dan mengupas tuntas tempat wisata-wisata di Indonesia.

Namun, lambat laun dengan menerapkan SEO ON-PAGE dan SEO OFF-PAGE dengan penuh kesabaran, ditambah dengan selalu mengupdate info-info bermanfaat yang berkualitas, maka tidak heran blog ini dibanjiri banyak pengunjung.

Bahkan ada beberapa keyword topwisata yang bertahan di peringkat 1 google indonesia, ya semoga saja tetap menjadi nomor 1 ketika sobat topwisata membaca ulasan ini. Apa saja sih keywordnya :



dan masih banyak lagi keyword yang selalu nangkring di peringkat 1 google

Oke deh, kita mulai step by stepnya ya.

Bagaimana Menjadi Sukses Promosikan Bisnis Kita dengan Cara Online


1. Brand atau Merek

Kenapa Brand adalah yang utama, jika sobat baru merintis dunia usaha seperti Bisnis Travel, Tempat Wisata, Tempat Kuliner, Jasa Penjualan Tiket Wisata Online, Hotel ataupun Penginapan. Brand adalah bagian terpenting.

Karena dengan Brand yang unik, maka hal itu akan mengenang bagi calon customer baru untuk selalu mengingat usaha anda.

Sebut saja Brand yang anda buat ini tentang seputar kuliner, kemudian anda memberikan nama brand tersebut dengan "Warung Kopi Pak Mus". Wah pasti sangat basi kan....Padahal warung pak mus ini mempunyai potensi nama lain, karena letaknya ditepi sawah.

Tapi berbeda lagi jika sobat membuat nama brand tersebut dengan mempertimbangkan Nama Unik, Mudah diingat, Mudah didengar dan Di Ucapkan, Cerminan Produk, Mempertimbangkan Potensi Linkungan dan available untuk didaftarkan ke situs online dengan memberi nama "Cafe Tepi Sawah". Pasti orang akan lebih mengenang nama tersebut dan mudah ditemukan di mesin pencari google, karena sobat sudah membuat situs cafetepisawah[dot]com.

2. Optimasi Yang Tepat

2.1 Konten yang Berkualitas

Kenapa saya bilang harus tepat, karena belakangan ini banyak sekali para blogger-blogger yang melakukan optimasi terlalu berlebih. Seperti mengulang keyword berulang-ulang tanpa dibarengi dengan kualitas konten yang bagus.

Tentunya website atau blog dengan optimasi yang berlebihan tanpa dibarengi dengan kualitas konten yang baik, google tidak akan pernah menaruhnya di peringkat pertama halaman google.

Contoh Saja :
" Cara Sukses bisnis travel.....[pembahasan kurang lengkap]......, Paragraf kedua Cara Sukses bisnis travel........[pembahasan kurang lengkap]. Sampai dengan beberapa paragraf berikutnya selalu mengulang kata kunci tersebut dengan berlebih, namun tidak dibarengi dengan inti dari topiknya. Maka sangat mungkin google akan menendang blog ini dari halaman utama pencarian google.

Lakukanlah optimasi yang tepat pada keyword sobat dengan benar, karena yang membaca tulisan kita ini kan bukan robot, melainkan manusia. Jika para pengunjung sudah merasa tidak nyaman dengan ulasan kita, akan berdampat buruk pada Bounce Rate atau Rasio Pentalan.

2.2 Analisa Bounce Rate atau Rasio Pentalan

Bounce Rate atau Rasio Pentalan ini adalah, perilaku manusiawi para pengunjung blog kita. Dimana perilaku tersebut dihitung dari berapa lamanya mereka membaca ulasan kita dan berapa banyaknya mereka membuka halaman-halaman lain dari blog kita. Jika para pengunjung tiba-tiba datang langsung pergi, ada kemungkinan mereka sangat tidak suka dengan ulasan kita atau loading blog kita yang sangat lambat atau bisa jadi tampilan blog kita yang membingungkan visitor.

Dengan perilaku pengunjung seperti itu, maka Bounce Rate atau Rasio Pentalan kita akan sangat tinggi, semakin tinggi Rasio Pentalan Blog, maka blog tersebut mempunyai kredibilitas yang kurang baik.

Nah Bicara Bounce Rate, darimana sih kita bisa melihat prosentasi Bounce Rate ini. Sobat topwisata jika sudah mendaftarkan situs ke google analytic, disitu sobat bisa melihat dan menganalisa perilaku pengunjung blog sobat.

2.3 Struktur Konten yang Jelas (H1,H2,H3,H4...)

Mengapa struktur konten harus jelas. Supaya para pelanggan atau visitor kita menjadi lebih mudah untuk membedakan mana judul, mana sub judul, dan mana konten. Tetapi kalau dalam satu halaman tersebut dituliskan dengan struktur yang sama (normal text), maka para pengunjung menjadi kurang bisa memahami isi dari konten kita.

Jadi pemisahan H1 (Judul), H2 (Sub Judul), H3 (Sub Sub Judul) dan isi konten harus benar benar terpisah dan jelas strukturnya.

Contoh :
Judul Halaman : Mengenal Optimasi Digital Marketing (H1)
..............................
Gambar
..............................
Sub Judul Halaman : Optimasi Konten Digital Marketing (H2)
..............................
Isi Konten : Normal Text

2.4 Pelajari Kelemahan dan Kelebihan Kompetitor Situs Kita


Mempelajari Kelemahan dan Kelebihan Kompetitor situs kita adalah salah satu bagian terpenting agar situs kita nongol di page one atau halaman pertama google.

Mungkin, mempelajari dan menganalisa situs kompetitor ini menjadi bagian yang melelahkan. Bagaimana tidak, kita harus membandingkan halaman blog kita dengan halaman blog kompetitor dan mencari kelemahan serta kelebihanan.

Setelah analisa selesai, kita harus benar-benar mengedit beberapa bagian blog kita atau menambahkan kekurangan dari blog kita. Supaya mendapatkan nilai tambah di mata google crawl dan menempatkan situs kita ke halaman pertama di pencarian.

Jika sobat topwisata bingung bagaimana menganalisa situs kompetitor blog kita, bisa menggunakan tool tambahan seperti seobility.com. Didalam Seobility ini, bisa membandingkan blog kita dengan blog kompetitor kita secara otomatis. Keyword 1 vs Keyword 2 akan secara otomatis dibandingkan kekurangan serta kelebihanan. Sehingga sobat bisa dengan mudah menganalisanya.

2.5 Gunakan Plugin dengan Tepat serta Pantau Kecepatan Situs


Bagi pengguna Wordpress, menggunakan plugin dengan tepat adalah kunci kesuksesan situs tersebut. Memang banyak sih pilihan plugin Wordpress yang menggoda kita untuk diterapkan pada situs, namun dengan adanya plugin yang berlebihan maka akan memberatkan Bandwidth situs dan kinerja memori ram server. Hal ini akan berdampak pada kecepatan situs kita menjadi lambat atau bahkan down ketika di akses oleh visitor potensial kita.

Maka gunakanlah plugin-plugin yang tepat seperti Super Cache/W3 Total Cache, Yoast SEO, AMP Page, Jetpack dan Image Optimized. Plugin-plugin diatas saya rasa cukup untuk membantu mendongkrak kinerja situs anda dan pastinya tidak memberatkan memori server (jika sobat menggunakan shared hosting).

Monitoring kecepatan situs ini sangatlah penting. Karena di era modern sekarang ini, para pengunjung tidak akan suka dengan situs yang memiliki kecepatan lambat. Dari data analisa google, situs yang direkomendasikan untuk berada di puncak adalah memiliki kecepatan 2 detik (diakses pada jaringan 4G) dan 4 detik (diakses pada jaringan 3G).

Jika sobat ingin melakukan pengecekan terhadap kecepatan situs sobat, bisa mengunjungi :
Google Pagespeed
Think With Google

Dari 2 rujukan situs pengukur kecepatan itu, saya rasa sudah cukup untuk menentukan loading blog kita. Apakah masuk dalam situs lambat, biasa atau cepat.

2.6 Bangun Internal Link dan Eksternal Link secara tepat


Banyak sih dari blogger atau pemilik situs yang mengabaikan internal link dan eksternal link. termasuk situs topwisata.info ini yang dulunya juga mengabaikan link building yang dianggap tidak penting.

Tetapi itu salah besar, Justru Link Building tersebut adalah salah satu trik jitu untuk mengembangkan pageview kita tentunya dengan merujuk tagline yang sama dari satu artikel ke artikel yang lain.

Contoh 1 :
Judul Halaman : Cara membuat situs pemula menjadi populer

Internal Link : Baca Juga - Optimasi Situs Pemula Agar Mudah di temukan Mesin Pencari 

Contoh 2 :
Judul Halaman : Membuat Resep Makanan berbuka Puasa

Eskternal Link : Referensi lain membuat Es Dawet untuk Menu Buka Puasa

Lah kenapa kita membuat eksternal link pada situs kita, bukannya itu akan membuat para pengunjung meninggalkan situs kita. Ternyata oh ternyata, google saat ini merubah algoritma mereka., Jika kita membuat eksternal link yang mempunyai topik pembahasan sama dengan situs kita, google akan menilai situs tersebut lebih bermanfaat dan pastinya akan menempatkan posisi blog kita di halaman yang paling bagus.

Lanjut ke Halaman Berikutnya >>>



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Tips Sukses Bisnis Banjir Peminat - Mengenal Optimasi Digital Marketing
5/ 5
Oleh