Selasa, 11 Agustus 2020

Resep Mudah membuat Tahu Tempe Bacem

Tahu Tempe Bacem


Mengingat salah satu makanan legendaris asal Indonesia yaitu Tahu dan Tempe Bacem memang membuat lidah tidak bisa berhenti untuk memakannya ya mom. Karena makanan yang satu ini memiliki cita rasa manis dan enak ketika masuk di mulut.

Tahu dan Tempe Bacem memang menjadi salah satu makanan favorit topwisata lo, Tahu Bacem memang pengobat rindu kalau kita bosan makan tahu yang cuma gitu-gitu ada. Nah kalian bisa membuat Tahu Tempe ini dengan resep Baceman, tentunya akan terasa sangat berbeda deh.

Tahu tersebut diolah dan dimasak dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah, sehingga banyak orang pasti suka dengan cita rasa manis, legit dan gurih ini. Di dalam enaknya tahu bacem ini juga terdapat rempah-rempah yang sangat mudah kita dapatkan seperti Gula Merah, kelapa, asam jawa, jahe dan masih banyak lagi.

Nah, tanpa berlama-lama lagi deh. Yuk kita praktekan membuat Tahu Bacem dirumah aja.

Bahan Tahu Tempe Bacem :

  1. 1 papan tempe
  2. 10 potong tahu
  3. 6 siung bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 250 gr gula merah, disisir halus
  6. 1 bungkus santan instan segitiga
  7. 3 butir kemiri
  8. 2 sdm ketumbar
  9. 1 ruas jari jahe, lengkuas dan kunyit
  10. 1 batang serai
  11. 2 lembar daun salam
  12. 6 lembar daun jeruk
  13. 1 1/2 sdt garam
  14. 1 ruas jari asam Jawa, diberi 2 sdm air, larutkan, ambil airnya
  15. 500 ml air

Untuk membuat Tahu Tempe Bacem yang enak, bahan-bahan diatas harus kalian siapkan ya. Kalau sudah, kalian tinggal ikuti langkah-langkah membuat Tahu Tempe Bacem yang enak dirumahaja.

Cara Membuat Tahu Tempe Bacem :

  1. Langkah pertama untuk membuat Tahu Tempe Bacem yang enak adalah menghaluskan semua rempah-rempah seperti bawang merah, putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas dan ketumbar. Untuk rempah jahe nya jangan dipakai semua, sisakan untuk di geprek bersama serai.
  2. Potong tahu dan tempe menjadi lebih pipih namun jangan terlalu tipis, agar semua bumbu-bumbu bisa meresap sempurna.
  3. Siapkan Panci, masukan rempah-rempah yang sudah kalian haluskan tadi, ditambah bumbu geprek ( jahe & serai ), tambah gula merah, air asam jawa, daun jeruk, santan, air dan daun salam. Masak semua rempah-rempah tadi kurang lebih 5 menit.
  4. Masukan potongan Tahu dan Tempe nya kedalam panci yang sudah kalian masak tadi, dan aduk-aduk terus hingga kuahnya mengental dan airnya mengering.
  5. Angkat Tahu dan Tempe tadi yang sudah menyerap rempah-rempah, dinginkan terlebih dahulu.
  6. Sembari mendingankan Tahu dan Tempenya, kalian bisa menyiapkan wajan untuk menggorengnya. Goreng dengan api kecil agar tidak mudah gosong. Tunggu 5 menit Tahu dan Tempe Bacem siap dihidangkan.

Gimana mom, sangat mudah sekali bukan membuat Tahu dan Tempe Bacem dirumah aja.





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments