Sabtu, 12 September 2020

Resep Es Pisang Ijo Enak, Cocok buat Buka Usaha Es

Resep Es Pisang Ijo



Ditengah terik panasnya matahari yang menyengat kini memang sangat cocok untuk mengkonsumsi minuman seperti es. Salah satu es yang sangat populer kala musim panas tiba adalah es buah dan es campur. Kedua es tersebut menempati posisi puncak sebagai es yang suka diburu masyarakat Indonesia.

Nah, jika kalian ingin membuat es tersebut topwisata punya resepnya kok. “Cara membuat es buah yang enak” dan “cara membuat es campur spesial”. Namun kali ini topwisata akan membahas tentang resep lain yang tidak kalah segarnya dengan kedua es tersebut, yaitu es pisang ijo.

Es Pisang ijo ini sendiri adalah salah satu kuliner minuman andalan dari makassar, dan mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia secara luas. Es Pisang Ijo sendiri memiliki citarasa yang unik, nikmat dan segar banget moms.

Es Pisang Ijo sendiri sangat mudah kok untuk dibuat, tidak perlu bahan yang aneh-aneh juga ya moms. Cukup dengan bahan-bahan dapur yang umum serta peralatan yang umum juga. Es Pisang Ijo ini sendiri juga sangat cocok untuk memulai bisnis kalian berjualan.

Di Tengah teriknya matahari, pasti semua orang sedang berburu minuman yang menyegarkan, salah satunya ya es pisang ijo ini sendiri. Oke deh, tanpa berlama-lama yuk kita praktekan membuat es pisang ijo di rumah.

Bahan membuat Pisang Ijo:

  1. 8 buah pisang Raja yang sudah matang
  2. 150 gr tepung terigu
  3. 150 gr tepung beras
  4. 60 gr gula pasir
  5. 300 ml santan kental
  6. 250 ml air perasan daun pandan (blender 2 ikat daun pandan + 250 ml air, lalu peras)
  7. 3 tetes pewarna hijau makanan/pasta pandan
  8. Kertas minyak secukupnya
  9. Daun pisang secukupnya

Bahan membuat vla:

  1. 500 ml santan kental
  2. 50 gr tepung beras
  3. 2 ikat daun pandan
  4. 100 gr gula pasir
  5. ½ sdt garam

Pelengkap:

  1. Es batu secukupnya
  2. Sirup Cocopandan secukupnya
  3. Susu kental manis secukupnya

Nah, jika bahan-bahan diatas sudah kalian siapkan. Sekarang saatnya membuat minuman segar Es Pisang Ijo di rumah.

Cara membuat Es Pisang Ijo :

  1. Cuci bersih pisang, kemudian siapkan pengukus pisang. Masukan semua pisang raja ke dalam pengukus dan kukus sampai 12 menit. Setelah pisang matang, kemudian kupas semua kulit pisang tadi. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah, masukan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung beras, santan kental dan perasan air daun pandan. aduk-aduk adonan tersebut sampai benar-benar tercampur dan pastikan tidak ada yang menggumpal.
  3. Tambahkan pewarna hijau pandan dan gula ke dalam adonan tadi, aduk-aduk lagi hingga merata.
  4. Siapkan lagi alat pengukus, dan kukus adonan tadi kurang lebih 20 menit. Setelah matang angkat dan aduk-aduk sampai kalis.
  5. Siapkan kertas minyak diatas meja, ambil adonan yang sudah kalian kukus tadi beberapa saja dan taruh diatas kertas minyak. Pipihkan sampai benar-benar bisa untuk membalut pisang, bungkus semua pisang dengan adonan daun pandan tadi. Lakukan hal tersebut sampai semua adonan dan pisang habis.
  6. Siapkan lagi alat pengukusnya, kali ini kalian harus memberi alas daun pisang. Masukan semua adonan pisang tadi kedalam alat pengukus dan kukus kurang lebih 20 menit. Penempatan adonan pisang tadi jangan sampai mepet ya, supaya tidak lengket satu sama lain. Sambil menunggu pisang ijo matang, kalian bisa menyiapkan vla nya.
  7. Siapkan bahan untuk membuat vla seperti  santan kental, tepung beras,  daun pandan, gula, dan garam. Masukan semua bahan tadi kedalam panci dan masak dengan api kecil, aduk-aduk terus vla nya sampai mendidih dan kental. angkat dan sisihkan.
  8. Tengok lagi kukusan pisang ijo, jika sudah matang, angkat dan potong-potong menjadi bagian yang diinginkan.
  9. Siapkan mangkuk besar dan es batu, tuangkan vla ke dalam mangkuk dan siram dengan sirup cocopandan dan susu kental manis. beri hiasan diatasnya dengan pisang ijo yang sudah kalian potong-potong tadi.
  10. Jadi deh es pisang ijo yang begitu enak dan menyegarkan ini. Resep kali ini bisa kalian nikmati hingga 8 orang lo. Jadi kalian bisa rame-rame minus es ala makassar ini dirumah aja.




Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Bagaimana membuat Es Pisang Ijo yang enak dan mudah ?
Jawaban : sangat mudah, ikuti langkah-langkah dari topwisata kuliner berikut ya. Dijamin anti gagal deh, dan hasilnya sangat memuaskan baik itu sebagai pemula.
Pertanyaan : Pisang apa yang digunakan untuk Pisang Ijo ?
Jawaban : Sebaiknya kalian menggunakan pisang jenis raja ya, karena memiliki tekstur yang kenyal dan daging yang padat
Pertanyaan : Apakah Es Pisang Ijo bisa untuk jualan ?
Jawaban : Sangat bisa moms, karena es yang satu ini tidak hanya populer di makassar, namun seluruh masyarakat indonesia juga tahu dengan kesegaran, kenikmatan dari Es Pisang Ijo ini. Jadi, kalian sangat bisa memulai bisnis kalian dengan berjualan es pisang ijo ini.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments