Minggu, 13 September 2020

Resep Macaroni Schotel Kukus dan Panggang Mudah

Resep Macaroni Schotel Kukus dan Panggang



Makanan yang khas dari Italia yaitu Macaroni Schotel adalah salah satu jajanan favorit di Indonesia juga ya topwisata kuliner. Makanan satu ini memang memiliki citarasa yang sangat unik, ada pedas, gurih dan kenyal.

Makanan Makaroni Schotel ini juga memiliki banyak manfaat juga ya, karena didalamnya terdapat berbagai macam energi yang sangat cocok untuk program diet. Kandungan energi yang ada di Makaroni ini cukup tinggi bahkan proteinnya mencapai 16 % kebutuhan harian sedangkan kandungan lemaknya cum 1,2 gram. sehingga sangat cocok bagi kalian yang ingin diet sehat ala italia.

Makaroni pada awalnya dulu cuma dicampuri dengan wortel, kacang, jagung dan keju. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin maju, kini makaroni sudah sangat banyak sekali varian yang bisa kita temui. salah satunya yaitu dengan campuran daging ayam, sapi maupun kornet.

Nah, kali ini topwisata akan membahas tentang cara pembuatan Makaroni Schotel yang enak banget lo. Bisa menggunakan cara memanggang atau tidak, rasa yang disajikan tetap enak dilidah ya moms.

Membuat Makaroni Skotel bisa dengan digoreng, dikukus juga akan memberikan sensasi lumer di mulut. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak begitu ribet, sehingga untuk para pemula pun akan sangat mudah membuat makaroni skotel ini dirumah.

1. Membuat Macaroni schotel kukus.


Bahan membuat macaroni schotel kukus :

  1. 100 gr makaroni, rebus hingga empuk
  2. 2 butir telur
  3. 200 ml susu cair
  4. 100 gr kornet
  5. 1 siung bawang putih, cincang
  6. 1 bombay kecil, cincang
  7. 1 sdm margarin
  8. Garam, merica, kaldu bubuk sesuai selera
  9. Keju parut sesuai selera

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah untuk mencampurkan merica, susu, telur, garam, kaldu dan aduk-aduk sampai merata. kemudian sisihkan.
  2. Siapkan panci penggorengan, cairkan margarin dan tumis beberapa bumbu seperti bawang putih, dan bawang bombay sampai tercium bau harum.
  3. Setelah itu masukan kornet ke dalam panci penggorengan, dan goreng sampai kornet terlihat sedikit kering. Kemudian matikan api.
  4. Siapkan wadah dan alumunium foil, masukan beberapa adonan dan susu rapi seperti, setengah bagian makaroni, tumpuk dengan kornet, keju dan tumpuk lagi dengan makaroni. Tuangkan susu dan parut keju lagi diatasnya.
  5. Lakukan hal diatas sampai bahan yang kalian siapkan habis.
  6. Siapkan alat pengukus dan masukan adonan makaroni skotel tadi ke dalam panci pengukus, dan kukus sampai 30 menit.
  7. Jadi deh, macaroni schotel dirumah aja. bisa langsung disajikan atau tambahkan taburan keju lagi diatasnya.

2. Membuat Macaroni schotel panggang.


Untuk membuat Macaroni Schotel panggang ini sebenarnya bahan-bahan yang dibutuhkan tidaklah jauh beda dengan Macaroni Schotel kukus ya moms. yang membedakan cuma di alat dapur saja yang digunakan. Oke deh langsung saja kita praktekan membuat Macaroni schotel panggang dirumah aja.

Bahan:

  1. 500 gr makaroni
  2. 200 gr keju cheddar parut
  3. 1000 ml susu cair
  4. 100 gr sosis sapi/daging giling
  5. 2 buah bawang bombay kecil
  6. 2 siung bawang putih
  7. 4 sdm tepung terigu (larutkan dengan sedikit air)
  8. 2 butir telur (kocok lepas)
  9. 50 gr jagung manis pipil
  10. 50 gr wortel potong dadu
  11. Garam, gula, merica, bubuk oregano secukupnya
  12. Topping: keju mozarella

Cara membuat:

  1. Siapkan panci untuk merebus makaroni dulu. masukan semua makaroni kedalam panci dan rebus kurang lebih 10 menit. Angkat dan tiriskan, jangan lupa setelah itu rendam dengan air dingin.
  2. Siapkan panci penggorengan, tumis beberapa bahan seperti bawang bombay, bawang putih dan tumis sampai tercium bau harum. Masukan daging giling atau sosis ke dalam wajan penggorengan, aduk-aduk sampai tercampur rata dan harum.
  3. Kemudian masukan lagi beberapa bahan ke dalam wajan penggorengan seperti susu cair, keju parut, makaroni. aduk-aduk sampai tercampur merata. tambahkan campuran tepung terigu, air dan telur kedalam wajan penggorengan. aduk-aduk lagi hingga merata.
  4. Setelah terlihat tercampur, tambahkan gula, garam, merica dan oregano secukupnya. cicipi rasa, apabila ada yang kurang segera tambahkan. aduk-aduk lagi hingga matang. matikan kompor.
  5. Siapkan wadah untuk menuangkan adonan makaroni tadi. Pinggan tahan panas yang sudah diolesi mentega, kemudian tuangkan adonan makaroni ke dalam pinggan tadi, ratakan. Tambahkan keju mozarella di atas tuangan makaroni tadi, dan beri oregano secukupnya.
  6. Panggang makaroni selama kurang lebih 30 menit api bawah dan 2 menit api atas. Angkat dan sajikan.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments