Selasa, 04 Februari 2020

Pantai Lovina, Gambaran Keindahan Lumba-Lumba Bali

Pantai Lovina





Tempat wisata dengan pemandangan kemunculan lumba-lumba memang tidak ada di beberapa pantai yang ada di Indonesia. Namun spot foto dengan pemandangan seperti ini bisa kalian jumpai di Pantai Lovina.

Hal yang begitu menyenangkan ketika gerombolan lumba-lumba tersebut tiba-tiba muncul dan menghampiri para pengunjung yang melewati destinasi pantai Lovina ini. Atraksi lumba-lumba tersebut biasanya terjadi antara pukul 05:30 – 06:00.

Pantai Lovina yang terletak di Singaraja Bali ini memang menjadi tujuan wisata favorit dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan mereka yang ingin menikmati sensasi pemandangan atraksi lumba-lumba ini rela antri berjam-jam menunggu giliran perahu motor milik warga.

Selain atraksi Lumba-lumba yang terjadi pada pukul 05:30 – 06:00, Pantai Lovina ini juga memiliki pemandangan sunset yang sangatlah indah,  Selalu siapkan kamera di dekat kamu agar bisa segera memotret momen indah tersebut.

Nah jika kalian penasaran dengan tempat wisata bahari Pantai Lovina Bali ini, yuk simak ulasan topwisata berikut.

Lokasi wisata Pantai Lovina


Lokasi wisata bahari Pantai Lovina ini terletak di Pantai Lovina atau Lovina terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja, ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bali Utara.

Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata ini, bisa menggunakan perahu yang sudah disiapkan warga maupun pihak pengelola wisata dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 60.000 per orang, dan perahu motor ini bisa memuat hingga 6 orang.

Disepanjang perjalanan menuju tempat wisata ini, kalian akan menjumpai hamparan lepas pantai yang sangat indah, dengan gradasi warna putih biru muda sampai biru tua.
Lokasinya cukup jauh dari pusat keramaian Bali. Tepatnya lebih dari 100 kilometer dari daerah Seminyak.

Menurut saya, jika kamu sudah sering ke Bali dan cuman ingin mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya, kamu harus berkunjung ke Pantai Lovina.

Tempat wisata bahari Pantai Lovina ini memang sangat cocok sekali bagi kalian yang suka dengan snorkling atau menyelam, karena didalamnya terdapat keindahan keanekaragaman biota laut yang cantik-cantik.

Oke deh, setelah pembahasan tentang lokasi wisata. Kali ini topwisata akan berlanjut ke pembahasan aktivitas apa saja yang bisa kalian lakukan di Pantai Lovina Singaraja ini.

Rekomendasi tempat wisata di Bali Lainnya :


  1. Mengeksplorasi Bali Butterfly Park Tabanan Bali
  2. Wisata Baru Sunrise Kintamani Bali view tiga gunung
  3. Lokasi-lokasi instagramable di Nusa Penida Bali
  4. Pantai Nusa Dua Bali keindahan pulau Bali
  5. Pantai Kuta Bali, pengalaman Sunset Sunrise Surfing


Harga tiket masuk dan Jam buka wisata Bahari Pantai Lovina


Untuk mengunjungi tempat indah seperti Pantai Lovina ini, para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk lagi ya. Karena semuanya gratis kok. Jadi kalian yang ingin sekedar berenang di pinggir pantai, berjemur ataupun berburu spot foto cantik.

Tinggal berangkat dan persiapkan peralatan kalian saja, tanpa perlu mengeluarkan biaya masuk ya. Namun jika kalian ingin menikmati pertunjukan lumba-lumba, kalian harus merogoh koceng mulai dari Rp 60.000 sampai Rp 100.000 per orang untuk menyewa perahu motor milik warga.

Dengan harga segitu, kalian akan diajak berkeliling untuk menemukan spot lumba-lumba tersebut ada.

Kemudian untuk waktu terbaik mengunjungi Pantai Lovina Singaraja Bali ini adalah saat pagi hari buta, yaitu pukul 05.00 sampai dengan pukul 07.00. Disamping kalian bisa menikmati Sunrise yang sangat indah di Pantai Lovina Bali ini, kalian juga bisa berkeliling menggunakan kapal motor untuk memburu aktivitas lucu Lumba-lumba.

Aktivitas keren di Pantai Lovina Singaraja 


Pantai Lovina yang terletak di Utara Pulau Bali atau berjarak kurang lebih 100 kilometer dari Ibukota Bali ini tentunya menyita stamina kalian ya. Perjalanan darat yang kalian tempuh pun bisa sampai 4 jam dari Denpasar.

Sebagai alternatif saja untuk mengunjungi tempat wisata bahari Pantai Lovina ini, ada baiknya kalian menggunakan jalur laut melalui pelabuhan Gilimanuk. Karena kalian hanya membutuhkan waktu perjalanan cuma 1 jam. Sangat berbeda jauh dengan jika kalian menggunakan jalur darat dan memulai perjalanan dari Denpasar.

Jika naik kendaraan pribadi dari Denpasar, kamu bisa melewati beberapa objek wisata di Bedugul, Singaraja, lalu sampai di Lovina. Sementara bagi yang memilih naik transportasi umum, kamu bisa berangkat dari Terminal Tegal menuju Terminal Ubung, lalu melanjutkan perjalanan ke Pantai Lovina.

Namun hal tersebut akan terbayarkan ketika kalian sudah sampai di tempat wisata Pantai Lovina ini, hamparan pasir hitam luas yang sangat indah serta hembusan angin sepoi-sepoi membuat rasa lelah kalian akan terhapuskan.

Atraksi lumba-lumba liar di tengah laut



Para pengunjung akan disuguhkan dengan tarian eksotis Lumba-Lumba di tengah laut. Sangat jarang sekali bukan ada yang bisa menari-nari ditengah laut kalau bukan ikan Lumba-lumba.

Pesona ini menjadi daya tarik utama wisata Bahari Pantai Lovina Singaraja bali ini, Mamalia laut yang tergolong cerdas ini akan setiap saat menghibur para pengunjung yang melewati tempat hidup Lumba-lumba ini.

Waktu yang paling baik untuk mengunjungi atraksi Lumba-lumba ini adalah pukul 06.00 harus sampai ke titik lokasi. Karena disaat itu, Mamalia ini sedang mencari makan dengan bergerombol. Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Pantai Lovina adalah ketika musim kemarau, sekitar bulan April – Oktober.

Jadi sangat asik bukan melihat mamalia ini melompat dan menari-nari berebut makanan yang kita lempar ke laut. Lumba-lumba di Pantai Lovina telah dilindungi oleh peraturan pemerintah setempat, sehingga tak ada yang boleh menangkap atau menjualnya.

Berhubung kalian harus datang ke tempat eksotis ini pada pagi-pagi buta, ada baiknya kalian membuat camp-camp sembari melihat sunrise dari bibir Pantai Lovina, setelah itu langsung lets go hunting Lumba-Lumba Pantai Lovina.

Snorkeling menikmati keindahan bawah laut


aktivitas selanjutnya yang bisa kalian lakukan di wisata Bahari Pantai Lovina ini adalah Snorkeling atau menyelam. Aktifitas ini tentunya harus benar-benar paham dengan cara-cara menyelam yang baik ya.

Jadi kalian yang masih mamang atau ragu, sebaiknya bulatkan dulu tekatnya ya. Takutnya ketika sudah nyelem ampe beberapa meter, kaget melihat keindahan bawah laut Pantai Lovina ini.

Untuk menikmati aktivitas seru ini, para pengunjung harus membayar biaya sewa peralatannya ya, masih cukup terjangkau kok. Cuma Rp 60.000 saja per orang. Dengan harga segitu, kalian sudah mendapatkan view pemandangan laut terumbu karang dan ikan hias warna-warni di dalamnya.

Untuk melakukan aktivitas snorkeling ini, ada baiknya kalian datang saat cuaca lagi cerah saja ya. Karena saat cuaca cerah, cahaya matahari bisa menembus permukaan laut dan menampilkan warna-warni biota laut di dalamnya.

Memancing ikan di tengah laut


Wahana selanjutnya yang bisa kalian lakukan di Pantai Lovina ini adalah Memancing ikan dengan spot tengah laut. Waw sekali bukan, seperti yang ada di tipi-tipi mancing mania.

Untuk menikmati aktivitas ini, pihak pengelola tidak menyediakan alat pancing, jadi kalian sendiri yang harus mempersiapkan peralatan memancing nya ya. Pihak pengelola cuma menyediakan perahu yang bisa kalian sewa untuk menuju spot mancing yang tepat.

Hanya dengan harga patungan per orang Rp 100.000 saja, kalian sudah mencapai spot mancing yang tepat. Karena para pelaut sekitar memang sudah hafal lokasi-lokasi yang sering dilalui ikan pada bulan-bulan tertentu.

Berjemur dan bersantai di pinggir pantai


Aktivitas selanjutnya yang bisa kalian lakukan di tempat wisata bahari Pantai Lovina ini adalah bersantai sambil berjemur di pinggir pantai.

Aktivitas ini merupakan salah satu aktivitas yang populer di kalangan wisatawan ya, karena juga gratis dan simpel. Mereka juga tidak perlu capek-capek untuk mengarungi samudera di tengah laut ya.

Berjemur dan bersantai di Pinggir Pantai Lovina dengan pasirnya yang hitam ini akan tampak eksotis banget ya, jangan lupa ya untuk mengabadikan momen-momen ini dengan kamera terbaik kalian.

Tenang saja, jika kalian merasa kelaparan atau kehausan. Di Pinggir pantai Lovina ini terdapat Cafe dan Restoran yang siap melayani kalian ya. Cafe dan Restoran tersebut biasanya juga memberikan hiburan musik di malam hari ketika malam minggu atau hari libur, jadi kalian akan merasa semakin betah deh berlibur di Pantai Lovina singaraja ini.

Mengingat angin laut berembus kencang saat malam hari, pastikan diri kamu tetap hangat selama berada di Pantai Lovina. Kamu bisa mengenakan pakaian yang cukup tebal, serta memesan makanan dan minuman panas untuk menghangatkan tubuh.

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang wisata Bahari Pantai Lovina. Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi wisata bahari Pantai Lovina ini di liburan kalian nanti ?



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments