Rabu, 05 Februari 2020

Pura Tirta Empul, keindahan + khasiat air suci

Pura Tirta Empul





Berwisata di pulau dewata merupakan salah satu favorit para wisatawan tentunya juga Mimin juga memfavoritkan Bali sebagai destinasi wisata yang menyenangkan ya.

Banyak sekali objek-objek wisata di Bali seperti wisata edukasi wisata alam wisata pantai maupun wisata lainnya.

Di Pulau Dewata Bali ini juga mempunyai banyak Situs budaya yang tak kalah asyik untuk dikunjungi ages salah satu tempat tersebut adalah Pura Tirta Empul yang berada di kawasan manukaya.

Tempat wisata budaya Pura Tirta Empul ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu tepatnya pada tahun 926 masehi dan sampai sekarang tempat ini masih kokoh berdiri di Bali.

Menurut cerita masyarakat Tirta Empul ini didirikan dan didedikasikan untuk para dewa air Wisnu. Tidak luput pula pura hindu ini juga menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Lantas apa saja sih Yang menarik dari tempat wisata Pura Tirta Empul ini sehingga banyak sekali orang yang berdatangan ke sini.

Nah jika kalian penasaran dengan tempat wisata Pura Tirta Empul Bali ini yuk simak ulasan berikut.

Lokasi wisata Pura Tirta Empul


Lokasi wisata Pura Tirta Empul ini terletak di alamat Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552.

Tempat wisata Pura Tirta Empul ini tidak jauh dari bandara Ngurah Rai yaitu kurang lebih 55 KM atau kalian harus menempuh lama perjalanan sekitar 1 jam setengah.

Sepanjang perjalanan menuju tempat wisata Pura Tirta Empul ini kalian juga akan melihat banyak sekali bangunan-bangunan pura yang ada di pinggir jalan.

Banyaknya bangunan pura yang ada di Bali ini memang karena sebagian masyarakat Bali juga menganut agama Hindu.

Toleransi beragama di Pulau Dewata Bali ini sangatlah bagus Jadi kalian tidak perlu khawatir jika kalian datang ke Bali.

Tempat wisata Pura Tirta Empul ini juga Terletak tidak jauh dari kota Tampaksiring yang ada di desa manukaya kurang lebih para pengunjung membutuhkan waktu tempuh 30 menit berkendara dari wilayah tersebut atau wilayah utara.

Menemukan pura ini termasuk relatif mudah karena di sepanjang jalan sudah ada banyak petunjuk tersedia.

Biasanya para pengunjung yang akan berwisata di Pura Tirta Empul ini mereka terlebih dahulu mengunjungi tempat wisata lain seperti objek wisata Kintamani ataupun salah satu tempat wisata di Ubud Bali.

Harga tiket masuk dan jam buka wisata Pura Tirta Empul Bali


Harga tiket masuk ke tempat wisata budaya Pura Tirta Empul Bali ini cukup murah sekali ya guys. para pengunjung hanya membayar Rp30.000 per orang saja dan Rp25.000 untuk anak-anak.

Disamping itu biaya lain seperti parkir kendaraan di tempat wisata ini masih relatif terjangkau yaitu untuk kendaraan roda dua Rp2.000 dan kendaraan roda empat Rp5.000.

Biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya tempat wisata Pura Tirta Empul Bali ini kurang lebih 2 jam.

Mereka mengunjungi tempat wisata ini paling populer antara pukul 9 sampai dengan pukul jam 11. Jam buka wisata Pura Tirta Empul ini mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17. 00 dan Buka setiap hari.

Jika musim liburan tiba tempat wisata ini sangat ramai dipadati para pengunjung baik dalam negeri maupun luar negeri rata-rata mereka di sini ini menghabiskan waktunya dengan berendam, berwisata atau pun berdoa.

  1. Harga tiket masuk Pura Tirta Empul Rp30.000
  2. Harga tiket masuk Pura Tirta Empul Rp50.000 untuk wisatawan asing
  3. Jam buka wisata Pura Tirta Empul 08.00 sampai 17.00
  4. Hari buka Pura Tirta Empul setiap hari

Mengingat sangat populer nya tempat wisata ini apa saja sih Yang menarik dari tempat wisata Pura Tirta Empul Gianyar Bali ini.

Yang menarik dari tempat wisata Pura Tirta Empul Gianyar Bali


1. Sumber air suci




Nama dari Pura Tirta Empul sendiri Ini adalah mata air suci dan tidak heran jika banyak umat Hindu yang hilir mudik ke tempat ini melakukan ritual khusus untuk mensucikan diri mereka dan merendam ke dalam kolam khusus yang ada di Pura Tirta Empul ini.

Maka dari itu kolam ini menjadi daya tarik luar biasa bagi wisatawan mereka tertarik untuk mengikuti ritual dengan berendam di kolam Pura Tirta Empul.

Catatan Harga Tiket Masuk Tampak Siring Bali, Setiap pengunjung pura Tirta Empul Tampak Siring, diwajibkan untuk menggunakan kain sarung dan selendang yang diikatkan di pinggang.

Harga sarung atau ikat pinggang tersebut kurang lebih Rp10.000 ya guys Jadi kalian harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa menikmati berendam di kolam Pura Tirta Empul.

Manfaat serta khasiat air suci yang ada di Pura Tirta Empul Gianyar Bali ini dipercaya bisa menyehatkan maupun melunturkan penyakit kulit.

Manfaat air Pancuran Suci 14 yang ada di Pura Tirta Empul ini memang berkhasiat untuk mensucikan kita dari perbuatan perbuatan buruk.

Jadi kalian bisa berendam di kolam sambil merasakan pancuran air yang sangat segar ini sambil berdoa agar diberi kesehatan kelancaran dan kemudahan dalam aktivitas apapun.

Hal itu karena kandungan mineral yang tinggi di tempat kolam Pura Tirta Empul ini. Namun percaya tidak percaya kita sebagai tetap harus menjaga keharmonisan kepercayaan dari masyarakat sekitar dan kita juga wajib memelihara kebersihan agar air Pancuran ini tetap benar-benar suci dan bersih.

2. Terdiri dari tiga bagian




Desain bangunan dari Pura Tirta Empul ini memang tercatat sudah ada sejak zaman dinasti warmadewa yaitu sekitar abad ke-10 sampai dengan abad ke 14.

Dulunya sumber air suci di tempat wisata ini bisa digunakan sebagai air minum untuk masyarakat sekitar namun Sejak ditemukannya virus ecoli di tahun 2017 maka para pengunjung dilarang untuk mengkonsumsi air minum di tempat wisata Pura Tirta Empul.

Mata air Pura Tirta Empul ini berasal dari aliran sungai pakai Sheeran kemudian dipecah menjadi 3 bagian yaitu Jaba Pura di depan, Jaba Tengah di sisi tengah, dan Jeroan. Jaba Tengah biasanya menjadi bagian paling sibuk. Di sisi ini terdapat dua tempat pemandian terbuka atau kolam dan 30 pancuran. Umat Hindhu biasanya sering melakukan ritual penyucian diri di sini.

3. Istana Tampak Siring




Salah satu daya tarik wisata yang sangat melekat di tempat wisata Pura Tirta Empul ini adalah Istana Tampak Siring.

Istana Tampak Siring ini merupakan bangunan yang diperuntukkan untuk seorang presiden waktu itu yaitu Presiden Soekarno pada tahun 1950.

Bangunan ini tampak berdiri kokoh dan megah sampai sekarang dan digunakan sebagai tempat wisata yang instagramable.

Bangunan Istana Tampak Siring ini juga digunakan sebagai presiden Soekarno untuk menjamu para tamu kerajaan yang ingin mengunjungi Bali.

Bangunan istana Tampaksiring ini memang terlihat megah, tapi tidak bisa seenaknya saja kita mengeksplorasi dalam ruangan bangunan ini. dikarenakan ada beberapa privasi khusus yang memang tidak boleh disebarluaskan ke media massa.

Bangunan Istana Tampak Siring ini juga pernah menerima tamu kehormatan dari Presiden Amerika Barack Obama yang waktu itu sedang berlibur di Pulau Bali.

4. Kolam ikan Pura Tirta Empul




Di tempat wisata Pura Tirta Empul ini juga memiliki kolam ikan yang cukup luas. Di dalamnya terdapat ratusan ikan mas yang cukup imut-imut.

Kalian bisa memberinya pakan dengan membeli di pasar yang ada di dekat tempat wisata Pura Tirta Empul ini.

Dengan air kolam yang jernih ikan-ikan tersebut akan terlihat jelas mendekati kalian bergerombol sambil makan pakan yang kalian berikan tadi.

Nah bagaimana tapi salah lover tentang ulasan kami di tempat wisata Pura Tirta Empul Gianyar Bali Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini Pada liburan kalian nanti ?





Disqus Comments