Selasa, 04 Februari 2020

Taman Sungai Mudal, Rute dan Harga Tiket

Taman Sungai Mudal




Hai Topwisata lovers, semua pasti sudah pernah ke Daerah Istimewa Yogyakarta bukan? Namun untuk yang belum pernah kesana, mimin doakan deh supaya bisa menikmati liburan ke Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih dikenal dengan nama Jogja. Kali ini mimin akan menambah wawasan tentang Jogja, di daerah Kulon Progo. Tempat wisata ini cukup unik, eco wisata Taman Sungai Mudal.
Taman Sungai Mudal merupakan obyek wisata yang saat ini cukup diminati oleh wisatawan domestik maupun asing lho. Obyek yang berlokasi di Dusun Mudal, Banyuganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo ini bukan sekedar taman biasa lho, namun taman ini berbentuk taman air, dimana ada air terjun yang berasal dari sebuah sungai yang bermata air dai kedalaman gua, cukup menarik bukan?
Bagi pecinta wisata air, petualangan, sekaligus menyukai alam yang sangat indah, tentu menjadi daya tarik yang ideal. Terdapat spot-spot seperti air terjun, sungai dan air yang jernih yang bisa dinikmati wisatawan. Taman Sungai Mudal ini dibuka pada tahun 2011 oleh inisiatif warga yang berada di sekitar lokasi ini.
Dan ada yang unik disini, semua wisatawan diperbolehkan untuk menanam atau menyumbang benih untuk mempercantik Taman Sungai Mudal melalui program "Trees of Hope". Program ini dibuat untuk menjaga alam tentunya sebagai pelestarian lingkungan dengan kata lain Cintai Alam.


Lokasi dan Rute menuju Taman Sungai Mudal

Lokasi Taman Sungai Mudal ini termasuk mudah untuk disinggahi dan cukup aman di kunjungi oleh para wisatawan. Rute untuk menuju ke lokasi ini sudah cukup bagus dan sangat layak untuk dilewati, namun Taman ini lumayan jauh dari hiruk pusat kota Yogkyakarta.
Alamat Taman Sungai Mudal tepatnya berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
Jika anda berada di pusat kota Jogja, jarak ke Taman Sungai Mudal cukup jauh kurang lebih sekitar 30 KM. Waktu tempuh normal dengan mengendarai kendaraan bermotor dari kota Jogja memerlukan waktu sektira 60-90 menit.


Jam buka dan Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

Harga tiket masuk Taman Sungai Mudal masih terbilang murah, mungkin masih mahal beli minuman Boba atau kopi kekinian. Dengan membayar Rp. 6.000 /orang anda sudah bisa memasuki tempat wisata ini. So, ajak keluarga, teman dan saudara. Dijamin seru deh main disini.
Tarif parkir disini masih normal kalau mimin bilang. Untuk kendaraan Sepeda Motor sebesar Rp. 2.000 dan untuk kendaraan Mobil sebesar Rp. 3.000.
Wisata Taman Sungai Mudal buka setiap hari. Jam buka 08.00 WIB - 17.00 WIB.


Fasilitas Taman Sungai Mudal

Tidak ada yang istimewa fasilitas di tempat ini dan bisa dibilang sederhana, karena masih menggunakan tema Eco Wisata. Namun anda jangan khawatir, disana sudah terdapat peralatan yang cukup lengkap. seperti kamar mandi dan tempat istirahat yang berupa gazebo. hanya saja jumlahnya  tidak banyak, jadi budayakan antri yah. Apalagi jika memasuki musim liburan.
Jika anda lapar maupun ingin sekedar nyemil, disana sudah terdapat makanan ringan olahan warga sekitar atau asli Kulon Progo, seperti geblek dan tempe benguk yang sangat enak dan khas, tentunya bukan ini saja, masih banyak menu yang bisa dinikmati selain yang mimin sebutkan.

1. Taman Eco Wisata yang indah


    Taman Sungai Mudal ini berupa air terjun dan kolam pemandian di tengah alam. Tampilan alamnya sudah dibuat selayaknya taman bermain sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Bermain air sambil menikmati pesona keindahan alam dan terbebas dari polusi. Hmmm, santai banget deh disana.

    2. Kolam Air


      Kolam air Taman Sungai Mudal menjadi tujuan utama para wisatawan. Kolam yang alami dan diskitar kolam ini terdapat berbagai jenis tanaman dan bunga terutama bunga anggrek. Jadi para wisatawan yang berkunjung bisa menikmati alam sambil mempelajari beberapa jenis bunga Anggrek. Meskipun tempat ini sudah dijadikan sebagai objek wisata, namun aliran air sungai ini juga dimanfaatkan oleh warga untuk pengairan kebun dan sawah yang ada disekitar sungai tersebut.
      Perjalanan menuju kolam, pengunjung harus terlebih dahulu melewati jembatan bambu yang dibangun diatas sebuah bendungan. Disamping jembatan tersebut ada tanggau bambu yang bisa mengantarkan pengunjung ke Air Terjun Mudal maupun kolam lainnya. Disekitar itu terdapat beberapa gezebo yang bisa disinggahi untuk bersantai sambil ngadem.
      Kolam pemandian dan renang berada di area Kedung Gedoya. Kolam untuk anak-anak dan orang dewasa memiliki kedalam dan luas yang berbeda. Untuk anak memiliki kedalam air sampai 1,5 meter dengan luas 7 x 11 meter persegi dan untuk orang dewasa memiliki kedalaman hingga 2 meter dengan luas 7 x 10 meter persegi. Di tempat wisata sudah disediakan pelampung untuk disewa oleh para wisatawan.

      3. Aktifitas Outdoor


        Di Taman Sungai Mudal ini juga bisa berkemah lho, tempat dan lahan sudah disediakan oleh pihak penyelenggara, selain berkemah, pengunjung juga bisa bermain flying fox dan river tubin, cukup mendebarkan dan memacu adrenaline kita lho.
        Uniknya, meski kegiatan outdoor ini diluar ruangan dan berlokasi di pedesaan, pengelola sudah memfasilitasi Wi-Fi gratis bagi para pengunjung. Fasilitas seperti ini diharakan oleh pengelola taman supaya para wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi Taman Sungai Mudal.
        Jika para pengunjung ada yang tidak menyukai wisata air, disekitar lokasi terdapat tebing batu kapur yang bisa digunakan untuk mendaki ke bukit Watu Wayang. Disana ada beberapa hewan, dan yang paling sering dijumpai adalah hewan kera ekor panjang / Macaca Fascicularis di sepanjang jalur tracking (namun jika anda beruntung). Anda juga bisa berkeliling menyusuri taman Sungai Mudal yang dipenuhi pepohonan rindang serta bunga yang cantik.

        4. Fasilitas lainnya



          Selain beberapa tempat yang sudah disediakan oleh pengelola, disini juga anda bisa menikmati pemandangan sambil mencari spot-spot foto yang eksotis. Para wisatawan yang berkunjung pasti mencari spot-spot yang sangat indah, berfoto dengan latar pemandangan sungai dengan gradasi warnanya yang mempesona.
          Lingkungan EcoWisata ini sangat terjaga kelestariannya sehingga senantiasa bersih dengan sarana yang telah disediakan oleh pengelola seperti tong sampah dan sarana lainnya. Bagi para wisatawan, Mari kita juga turut untuk menjaga kelestarian lingkungan ini dan obyek-obyek wisata lainnya supaya tidak rusak dan tercemar. Karena Indonesia akan indah jika kita menjaga alam tersebut.
          Demikian beberapa informasi terkait obyek wisata Taman Sungai Mudal yang bisa diberikan dan dirangkum sedemkian rupa oleh tim redaksi Topwisata. Semoga bisa bermanfaat bagi para pengunjung dan yang akan berkunjung ke wisata ini, hati-hati jika anda mengajak keluarga, jaga semua kelestarian alam yang ada di negeri ini. Sampai jumpa di artikel Topwisata berikutnya. Terus ikuti Topwisata.info supaya anda tidak ketinggalan berita dan tempat wisata di beberapa daerah di Indonesia.
          Disqus Comments