Wisata Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Air Terjun Kulonprogo Di Yogyakarta

Kabupaten kulon progo kembali menarik pengunjung untuk datang dengan banyaknya tempat wisata yang indah luar biasa, yang bernama kedung pedut. Tempat wisata ini adalah tempat liburan yang terdiri dari air terjun yang memiliki 2 warna dimana tempatnya berada di pegunungan menoreh, yang terletak di di dusun Kembang, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo. 

Hal yang menarik pertama berasal dari air terjun yang tempatnya cukup tersembunyi dikarenakan warnanya yang unik, yaitu berwarna biru toska serta putih jernih. Tempat ini juga dibuat seperti suasana di water park di tempat itu memiliki wahana papan seluncur dari kayu, pancuran dari bambu, juga masih banyak lagi. Ditambah dengan pesona keindahan alamnya.
Apabila anda mau berkunjung ke kedung pedut yang berada di pusat kota yogyakarta, anda dapat menuju arah barat yang bernama jalan godean. Kemudian dilanjut melewati nanggulan. Disini anda harus naik bukit sampai di goa kiskendo. Tempat ini adalah patokan jalan yang pertama, anda bisa belok ke arah kiri jika perjalanan anda sudah 5 kilometer disana akan ada papan petunjuk menuju lokasi kedung pedut.

Jika anda ingin menikmati keindahan memerlukan perjuangan. Anda terlebih dahulu harus naik dan turun bukit sebab lokasi air terjun tersebut berada di bebatuan pegunungan menoreh. Disamping itu jalan yang dilewati banyak yang rusak dan belum diperbaiki, artinya jalan yang masih sedikit bagus masih dalam kondisi rusak atau dalam proses dibenahi.

Rute Ke Kedung Pedut Di Kulon Progo

Akan tetapi perjuangan yang berat ini sesuai dengan lelah perjalan yang anda tempuh. Ditempat tersebut anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa cantik, dan sawah yang hijau serta tebing yang menawan. Kemudian di sepanjang jalan, anda akan melihat banyak tempat wisata lainnya, yaitu gunung lanang, goa seplawan, lalu ada juga goa kiskendo. Di setiap jalan juga terdapat papan petunjuk untuk menuju ke tempat wisata yang sedang dikembangkan.
Sesudah menempuh jalan naik dan turun, anda masih diuji dengan harus bersabar melewati hutan dan berjalan sekitar 20 menit. Rute yang ditempuh juga tidak kalah seru karena masih alami dan asri. Dengan berjalan kaki langkah demi langkah anda akan tiba di kolam air jernih dalam istilah jawa adalah kedung.

Di Tempat tersebut terdapat 5 mata air kedung pedut, yang pertama kedung anyes, lalu kedung lanang, kedung wedok yang artinya perempuan, kedung merak, terakhir adalah kedung merang. Kedung tersebut mempunyai kedalaman 2 sampai 5 meter. 

Wisatawan diijinkan untuk mandi di kolam tersebut. Apabila anda datang kesana, anda dapat menikmati sejuknya udara dan airnya dimana memiliki warna biru tosca dengan banyaknya pengunjung yang bersenang-senang bersama keluarga. 

Warna biru tosca yang timbul menurut seorang peneliti disebabkan adanya pantulan sinar matahari yang terkena pecahan bebatuan pada gunung menoreh. Mata air ini bersumber dari mata air mudal yang mengalir menuju air terjun yang bernama air terjun kembang soka.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Yang Ada Di Kedung Pedut

Agar kenyamanan anda dijamin, bagian pengelola bersama masyarakat bekerjasama untuk membangun dan menyediakan fasilitas, meskipun masih dikatakan sederhana, seperti jembatan terbuat dari bambu, mushola, kamar mandi, juga tempat untuk makan. Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah Rp.3000 saja dan ongkos parkirnya Rp.2000 untuk motor. Sedangkan untuk mobil sebesar Rp.5000. yuk buruan kita berlibur wisata ke kedung pedut yang berlokasi di kulonprogo yogyakarta.

Sumber referensi: garasijogja.com

Langganan Surel
Langganan