Lompat ke konten
Home » Video » Melepas Penat dari Aktivitas Sehari-Hari di Sungai Maron Pacitan

Melepas Penat dari Aktivitas Sehari-Hari di Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron

Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron jadi salah satu tempat terbaik untuk wisata dan melepas penat bersama dengan sahabat, teman, maupun keluarga ketika liburan di Pacitan. Tidak hanya pantai yang cantik, Kabupaten Pacitan pun menyajikan objek wisata alam yang tak kalah mempesona, yakni Sungai Maron yang seperti Sungai Amazon di Amerika. Sungai yang memiliki panorama alam terbaik akan manjakan siapapun yang berkunjung dan mengeksplorasi keindahannya.

Refreshing dengan liburan mengeksplorasi objek wisata jadi kebutuhan saat Anda merasakan penat, lelah, jenuh, dan bosan. Nikmati perjalanan liburan akhir pekan yang menyenangkan di Sungai Maron dengan susuri aliran sungai sejauh kurang lebih 4,5 km. Wisata alam ini dibuka dari tahun 2021 dan selalu ramai pengunjung, sehingga menjadi tujuan wisata andalan.

Saat Anda memiliki rencana habiskan libur akhir pekan bersama dengan keluarga atau teman dengan menjelajahi keindahan Sungai Maron tapi informasi yang dimiliki masih minim, tak perlu buru-buru karena Anda dapat baca dan simak artikel di bawah ini tentang wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Sungai Maron

Menikmati pesona dan keindahan alam Sungai Maron, para wisatawan akan dimanjakan oleh suasana serta panorama yang menenangkan dan mendamaikan jiwa. Tempat wisata alam ini cocok sekali untuk mendinginkan dan merelaksasi jiwa serta tubuh yang lelah akan suasana bising dan ramai di perkotaan.

Destinasi wisata Sungai Maron memang menjadi salah satu surga bagi para wisatawan lokal maupun luar dengan panorama, keindahan dan spot anti mainstream yang dimiliki. Saat Anda liburan ke objek wisata Pacitan satu ini, jangan khawatir jika kantong Anda akan kering, sebab harga tiket masuk wisata cukup terjangkau.

Berikut ini daftar harga tiket masuk serta berbagai spot di objek wisata Sungai Maron Pacitan:

Harga tiket masuk wisata Sungai Maron:

● HTM Sungai Maron: Rp. 5.000 per orang.

● Harga sewa perahu dengan kapasitas 4 orang: Rp. 100.000.

● Harga tiket parkir kendaraan: Rp.3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

(HTM wisata alam Sungai Maron dapat berubah sewaktu-waktu).

Ketika Anda memiliki rencana untuk habiskan liburan di Sungai Maron, objek wisata ini buka tiap hari. Untuk operasionalnya adalah mulai dari 07.00 – 17.00 WIB. Sehingga para wisatawan dapat puas menikmati keindahan dan panorama alam, serta berbagai spot terbaik di wisata ini.

Alamat dan Rute Lokasi Wisata Sungai Maron

Objek wisata Sungai Maron jadi destinasi yang populer di Pacitan, sehingga pengunjung dapat mengunjunginya dengan mudah. Para wisatawan dapat datang langsung ke wisata Sungai Maron dengan menggunakan kendaraan pribadi roda 2 atau bahkan roda 4.

Baca Juga :  Pantai Mandalika Beach Lombok, wisata dunia

Lokasi wisata Sungai Maron beralamat di Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika Anda berencana mengunjunginya berangkat dari pusat Kota Pacitan, maka jarak tempuhnya untuk bisa sampai ke lokasi wisata Sungai Maron sekitar 24 km.

Untuk memudahkan aktivitas liburan Anda menuju ke objek wisata Sungai Maron. Anda bisa mengakses peta destinasi wisata terbaru di aplikasi peta online.

Dapatkan sensasi liburan akhir pekan yang seru, tidak terlupakan, serta tak terlupakan di Pacitan dengan berlibur ke Sungai Maron.

Transportasi ke Sungai Maron

Akses jalan ke lokasi wisata Sungai Maron dapat dikatakan sudah bagus. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan motor seperti mobil, motor, dan bahkan bus. Sebab belum ada jasa angkutan umum yang menuju ke lokasi wisata Sungai Maron.

Aktivitas-Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Sungai Maron

Di destinasi wisata satu ini ada berbagai pilihan kegiatan wisata yang seru. Salah satunya yang paling populer, yakni susur sungai. Selain itu, pastinya banyak kegiatan lain yang dapat dicoba. Seperti kegiatan berenang, memancing, atau singgah di pantai.

● Menikmati Panorama Keindahan Alam Wisata Sungai Maron

Sungai Maron Pacitan
Sungai Maron Pacitan

Kawasan wisata ini punya suasana alam asri dan alami. Merasakan suasana alam khas pedesaan sekaligus melihat pemandangan cantik tepian sungai.

Dari pintu masuk wisata, para wisatawan hanya perlu berjalan kurang lebih 20 meter untuk ke tepian sungai. Terlihat perahu-perahu berderet yang bersandar di  sisi tepi sungai di dermaga kecil yang ada.

Para wisatawan pun akan disuguhkan dengan air Sungai Maron yang warnanya biru kehijauan dan jernih. Pada tepi kanan-kiri sungai, ada pepohonan tumbuh subur, lebat, dan hijau. Dengan keindahan tersebut, banyak wisatawan yang memberikan julukan pada Sungai Maron sebagai ‘Green Canyon’ Pacitan.

● Susur Sungai dengan Perahu

Sungai Maron Pacitan1
Sungai Maron Pacitan1

Salah satu kegiatan yang menjadi daya tarik utama dari wisata Sungai Maron adalah petualangan susur sungai. Para wisatawan bisa menyewa perahu milik warga setempat berkapasitas 4-6 orang penumpang. Wisata susur sungai akan menyusuri sungai sepanjang 4,5 km dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 45 menit.

Para wisatawan akan dibawa untuk menyusuri sungai yang membelah kawasan hutan ini. Sepanjang perjalanan wisatawan akan disajikan pemandangan yang indah sekali. Bagian sisi kiri dan kanan sungai dipagari hutan tropis teduh. Aliran air sungai jernih yang berwarna biru kehijauan. Tidak heran jika wisata ini dijuluki oleh para wisatawan ‘Amazon’ Indonesia.

Untuk keamanan pengunjung, sebelum menaiki perahu diwajibkan untuk memakai jaket pelampung yang telah disiapkan. Sungai berkedalaman kurang lebih 20 meter ini jadi wisata yang tidak akan terlupakan. Sejauh mata memandang, Anda akan disajikan lanskap alam yang alami, indah, teduh, dan damai.

Baca Juga :  Hutan Pinus Gunung Pancar, Tempat Healing yang Menyejukkan

● Bukit Karang di Dekat Pantai

Sungai Maron Pacitan2
Sungai Maron Pacitan2

Mendekati ujung jalur susur sungai. Para wisatawan akan disuguhkan keindahan bukit-bukit karang indah yang ada di dekat pantai. Bukit karang yang hiasi sungai ada di sisi kiri dan kanan sungai.

● Mengunjungi Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo
Pantai Ngiroboyo

Perjalanan susur sungai sepanjang 4,5 km bermuara di Pantai Ngiroboyo. Para wisatawan bisa turun sebentar untuk menikmati suasana pantai indah ini. Pengemudi perahu akan tunggu hingga maksimal dua jam sebelum balik ke dermaga.

Pantai Ngiroboyo mempunyai keunikannya sendiri. Pantai ini jadi tempat pertemuan pasir besi hitam dengan pasir putih. Di sini, para wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seru lainnya seperti berenang, surfing, berswafoto ataupun hanya berjemur.

● Spot Foto yang Instagramable

Sungai Maron3
Sungai Maron3

Selama susur sungai, para wisatawan pun bisa menikmati sejumlah tempat yang sajikan berbagai spot foto yang menarik. Ada berbagai spot foto yang keren dan instagenic sudah disiapkan pengelola wisata.

Salah satu spot yang menjadi favorit para pengunjung adalah spot foto ayunan. Sebuah ayunan dikaitkan ke batang pohon besar yang ada di atas sungai. Para pengunjung dapat duduk di ayunan dengan kaki yang menyentuh permukaan air sungai.

Spot foto keren lain yang ada di wisata ini adalah dengan duduk di ujung perahu. Berlatar belakang pemandangan hujan tropis asri dengan air sungai yang jernih dan dikelilingi oleh pemandangan menawan. Dengan keindahan alamnya, wisata Sungai Maron pun kerap dijadikan sebagai tempat foto prewedding.

● Berenang di Sungai

Sungai Maron3
Sungai Maron3

Sungai Maron mempunyai aliran air bersih dan tenang. Air sungai berwarna biru kehijauan. Sejumlah spot cukup dangkal sehingga bisa menjadi pilihan untuk berenang. Anda pun dapat memilih untuk menyusuri sungai dengan ban pelampung

.● Memancing

Sungai Maron4
Sungai Maron4

Sungai Maron jadi habitat banyak jenis ikan air tawar. Seperti ikan Nila, Sidat, Bawal dan lain-lainnya. Menjadikan Sungai Maron spot yang terbaik untuk memancing.

Keberadaan dari sungai ini pun penting sekali bagi warga setempat. Sebab sungai ini menjadi sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu, sungai selalu terjaga dan terpelihara kebersihannya.

Fasilitas yang Tersedia di Sungai Maron

Berikut ini adalah sejumlah fasilitas tersedia di wisata Sungai Maron.

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Fasilitas air bersih
  • Toilet umum
  • Wahana perahu susur sungai
  • Perlengkapan susur sungai
  • Jasa pemandu susur sungai
  • Mushola
  • Pedagang aneka kuliner
  • Spot-spot foto menarik dll.
Baca Juga :  Review Warkop : Kopi Kelir Gresik

Tips Berkunjung ke Wisata Sungai Maron

Saat Anda memiliki rencana untuk habiskan libur akhir pekan di wisata Sungai Maron Pacitan, sebaiknya persiapkan perjalanan wisata dengan baik.

Berikut ini sejumlah tips untuk mengunjungi objek wisata Sungai Maron Pacitan agar sensasi liburan menjadi lebih berkualitas serta menyenangkan:

  • Waktu yang paling direkomendasikan untuk menjelajahi keindahan dan spot-spot terbaik di Sungai Maron adalah di pagi hari.
  • Usahakan untuk berkunjung dengan kondisi badan yang sehat dan fisik prima agar bisa merasakan keseruan berlibur di Sungai Maron.
  • Bawa uang lebih ketika mengeksplorasi Sungai Maron dan siapkan kamera untuk hunting foto yang instagramable.
  • Selalu hati-hati ketika wisata di alam dan jaga kebersihan serta kelestarian Sungai Maron saat mengunjunginya.

Penutup

Sungai Maron adalah destinasi wisata cukup populer di Pacitan. Wisata ini menawarkan jelajah susur sungai, dimana wisatawan akan diajak untuk mengarungi jalur sungai sepanjang 4,5 km. Menyajikan pemandangan indah hutan tropis yang teduh.

Objek wisata satu ini mempunyai pemandangan indah pada tiap sudut atau sisi sungainya. Air sungainya berwarna hijau kebiruan dan dikelilingi pepohonan rimbun. Pihak pengelola wisata pun membangun berbagai spot foto yang keren pada sepanjang jalur sungai.

Berbagai keseruan liburan di Sungai Maron bisa Anda rasakan bersama keluarga tercinta atau teman. Siapkan saja liburan Anda dengan baik dan lalu bersenang-senanglah. Jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat  wisata lain di Pacitan sebab banyak objek wisata yang menarik di daerah ini dan tak kalah seru untuk dieksplorasi.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info