Kamis, 08 Oktober 2020

Danau Laut Tawar, Pesona Tiada Tara Dari Aceh Tengah

Danau Laut Tawar



Danau laut tawar mungkin, masih terdengar asing di telinga kamu. Tetapi, bagi warga Aceh pesona wisata ini jadi kunjungan wajib setiap akhir pekan. Luasnya mencapai 5472 hektar, memiliki panjang 17 kilometer dan lebar 3 kilometer. Seperti namanya, rasa air disini tidak asin, melainkan tawar.

Kedalamannya sendiri bervariasi mulai dari 50 meter. Banyak flora dan fauna hidup disana seperti, plankton, molusca, mamalia, serta hewan endemik yaitu, ikan depik. Kalau dilihat lebih dalam hampir mirip ikan wader. Warga sekitar sering menangkapnya, selain mempunyai cita rasa nikmat, ikan ini juga memiliki kadar protein tinggi.

Sementara, di darat kamu bisa melihat berbagai macam hewan seperti siamang, rusa, trenggiling, landak, kucing hutan, musang. Semuanya sudah dilindungi oleh negara sehingga, tidak diperbolehkan berburu.

Cara Menuju Ke Danau

Lokasi kawasan ini terletak di Kampung Bamil Nosar, Kecamatan Bintang, Aceh tengah. Berada di ketinggian 1500 Mdpl. Dari kota Banda Aceh harus melakukan perjalanan panjang kurang lebih 320 kilometer. Disarankan menggunakan mobil sendiri karena, belum adanya transportasi umum.

Untuk harga sewa mobil sendiri mulai dari 300 ribu rupiah. Bida juga menggunakan kendaraan bermotor, waktu tempuhnya bisa sampai 5 jam lamanya, Sepanjang perjalanan sudah tersedia papan petunjuk. Anda pun bisa mengikutinya, Jalanan juga sudah cukup baik, sehingga tidak memerlukan strategi khusus agar selamat sampai tujuan dengan selamat. Untuk harga tiketnya hanya 5 ribu rupiah saja.

Mitos

Keindahan dari danau ini tidak hanya melalui pesona alamnya saja. Melainkan cerita mitos yang menyelimutinya dan dipercaya warga. Kono ada sosok putri duyung  yang dikenal dengan nama Putri Ijo. Ada juga dracula penghisap darah bernama lembide. Sosok lain ada seperti naga yang pernah tertangkap kamera keluar dari air.

Daya Tarik

Berbicara daya tarik Danau Laut Tawar mempunyai banyak pesona tak tertandingkan. Seperti menyewa perahu dan menikmati seluruh bagian danau. Banyak hal bisa didapatkan yaitu melihat keramba ikan, beberapa nelayan mondar-mandir kesana-kemari, hingga melihat spot keren untuk selfie.

Tidak hanya menggunakan perahu saja, And juga bisa berkeliling menggunakan kendaraan bermotor. Tidak ada salahnya berhenti sejenak untuk mengabadikan semua momen yang tidak akan tergantikan di lain waktu. Termasuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik dan menawan.

Cobalah berkunjung ke Dermaga di kampung keramat mupakat. Pemandangan menawan pegunungan Gunung Burni Gayo. Atau memilih untuk memancing dengan suasana yang tenang dan menyenangkan.  Aktivitas lain yang bisa Anda nikmati adalah camping di tepi danau. 

Biasanya sebelum membangun tenda, mereka akan memancing ikan terlebih dulu untuk makanan malam harinya. Tidak perlu ditambah dengan bumbu apa pun, cukup di bakar saja rasanya sudah enak. Sementara, untuk fasilitasnya sudah lengkap seperti, toilet, kamar mandi dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Festival Danau Laut Tawar

Hampir setiap tahun, kawasan ini sering mengadakan festival. Mulai dari Gayo art festival, kampung seni hias, dan parade perahu hias. Acara ini dihadiri hampir seluruh warga aceh. Hampir setiap tahun, kegiatan ini tidak pernah absen. Untuk memeriahkannya, banyak penyanyi nasional juga diundang.

Saran dari kami datanglah saat musim kemarau saja. Saat musim penghujan datang, jalanan akan licin sehingga membahayakan Anda. Keindahan kawasan ini memang tidak dirahukan lagi,Rugi bila sudah datang ke Aceh tidak menyantap nya. Danau Laut Tawar adalah keindahan Aceh yang tidak terhingga ternilai harganya.

Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Apa Daya Tarik Danau Laut Tawar ?
Jawaban : melihat keramba ikan, Pemandangan menawan pegunungan Gunung Burni Gayo, pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik dan menawan
Pertanyaan : Bagaimana cara menuju Danau Laut Tawar ?
Jawaban : Lokasi kawasan ini terletak di Kampung Bamil Nosar, Kecamatan Bintang, Aceh tengah. Berada di ketinggian 1500 Mdpl. Dari kota Banda Aceh harus melakukan perjalanan panjang kurang lebih 320 kilometer. Disarankan menggunakan mobil sendiri karena, belum adanya transportasi umum.
Pertanyaan : Kegiatan tahuan di Danau Laut Tawar ?
Jawaban : Hampir setiap tahun, kawasan ini sering mengadakan festival. Mulai dari Gayo art festival, kampung seni hias, dan parade perahu hias. Acara ini dihadiri hampir seluruh warga aceh. Hampir setiap tahun, kegiatan ini tidak pernah absen. Untuk memeriahkannya, banyak penyanyi nasional juga diundang.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments