Lompat ke konten
Home » Wisata » Liburan ke Danau Linting, Inilah Lokasi, Fasilitas, dan Daya Tariknya

Liburan ke Danau Linting, Inilah Lokasi, Fasilitas, dan Daya Tariknya

Danau Linting4 (1)

Indonesia mempunyai begitu banyak tempat yang mengagumkan. Jadi, menghabiskan sisa liburan untuk bermain di negara sendiri tak akan kalah menyenangkan dengan liburan di negara lain. Misalnya saja di Sumatera Utara, tak hanya ada wisata populer Danau Toba yang menjadi andalan, tapi ada banyak tempat wisata lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Danau Linting.

Tidak hanya terkenal akan keindahannya, Danau Linting pun dikenal menyimpan cerita misteri serta kisah mistisnya oleh masyarakat sekitar.

Wisata Danau Linting

Kawasan Danau Linting dapat dikatakan sebagai tempat terasri di Medan. Alaminya area sekitar memunculkan suasana yang magis. Siapa saja yang berkunjung tentu akan terbuai dengan pesona dan keindahannya.

Pohon-pohon beringin yang hijau di pinggir danau dan berpadu dengan warna air danau yang biru menambahkan panorama alam sekitar yang epic.

Kedalaman dari Danau Linting memang belum diketahui, maka pengunjung tidak dianjurkan untuk berenang. Namun, untuk area pinggiran danau cukup dangkal, jadi pengunjung bisa bermain air di sana.

Danau ini mempunyai mitos berkembang luas di masyarakat sekitar. Menurut cerita, dahulu kawasan ini adalah berupa perbukitan, tapi terdengar tiba-tiba sebuah ledakan yang keras sekali disusul gempa bumi. Perbukitan itu menjadi lenyap dan berganti jadi hamparan air lalu membentuk danau.

Bentuk danau yang bulat, maka dinamakan dengan Linting, dikarenakan “melinting” yang artinya adalah “melingkar” seperti bentuk danau yang memang hampir bulat secara sempurna.

Lebih menariknya, dahulu pernah ada ilmuwan asing yang coba ukur kedalaman dari danau dengan memakai alat semacam benang, tapi ketika benang ditenggelamkan ke dalam danau hingga lebih dari 100 meter, benang tersebut belum menyentuh bagian dasar danau. Oleh sebab itu, pengukuran dari danau tak dilanjutkan. Sehingga karena kedalamannya yang tak diketahui, pengunjung dilarang untuk berenang di sini.

Baca Juga :  Puncak Rembangan Jember serasa di Puncak Bogor

Lokasi dari Danau Linting

Walaupun lokasi Danau Linting secara administratif berada di tiga desa, yakni di Desa Gunung Manumpak, Desa Sibunga-Bunga, dan Desa Durian IV Mbelang, Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. Titik lokasi Danau Linting berjarak kurang lebih 70 km dari pusat Kota Medan. Untuk mencapainya, Anda harus menempuh perjalanan selama sekitar 1,5 jam tergantung dari jalurnya.

Tiket Masuk Tempat Wisata Danau Linting

Dikarenakan tempat wisata ini belum dikelola dengan maksimal, maka tarif tiket masuknya pun tidak mahal, Anda cukup membayar Rp. 5.000/orang.

Namun selain bayar tiket masuk, para pengunjung juga dikenakan biaya parkir kendaraan, yakni Rp. 5.000 untuk motor, serta Rp. 10.000 untuk mobil.

Jam Operasional Danau Linting

Untuk jam buka Danau Linting adalah 24 jam, dari hari Senin-Minggu dan juga hari libur yang lain, tapi biasanya para pengunjung akan pulang saat sudah petang.

Waktu tepat berkunjung ke Danau Linting adalah saat pagi hari dan sore hari. Namun, jika Anda ingin datang pada saat siang hari pun bisa, karena tempat wisata ini dipenuhi dengan pohon beringin yang menjadikan sekitar danau mempunyai suasana yang teduh, sejuk, serta menenangkan.

Fasilitas yang Ada di Danau Linting

Walaupun pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat sekitar saja, tapi fasilitas tempat wisata ini tergolong lengkap, seperti tersedia kamar mandi umum, lahan parkir luas, mushola, warung-warung menjual minuman dan makanan.

Baca Juga :  Taman Sungai Mudal, Rute dan Harga Tiket

Namun, untuk fasilitas hotel atau penginapan belum tersedia, karena tempat wisata ini cukup jauh dari keramaian.

Daya Tarik dari Danau Linting

  • Danau Air Hangat

Danau ini mempunyai suhu air sekitar 30 derajat celcius. Biasanya, sumber air panas keluarkan bau belerang menyengat, tapi danau ini tak keluarkan bau itu.

Kelebihan lainnya dari Danau Linting adalah warna airnya biru kehijauan, sehingga membuat danau ini terlihat cantik dan unik.

  • Berendam di Tepi Danau

Di danau memang tak dianjurkan berenang, tapi jika Anda ingin nikmati kehangatan dari air danau dapat berendam pada pinggir danau.

Sebab kandungan belerang, berendam di tepi danau pun dipercaya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit kulit dan dapat lancarkan peredaran darah. Anda dapat berendam sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang memesona dan menenangkan.

Ingat, Anda cukup berendam pada pinggir danau, jangan mencoba berenang ke tengah-tengah danau.

  • Piknik Tepi Danau

Banyaknya pohon beringin, jadikan area pinggir danau sangat nyaman dan teduh, hal itu membuat wisatawan bisa duduk santai pada tepi danau dengan tikar.

Piknik bersama dengan keluarga ataupun teman di tempat yang nyaman dan teduh akan membuat kenangan tidak terlupakan dan indah.

  • Naik Ayunan

Adanya pohon beringin pada sekitar danau jadi tumpuan untuk ayunan. Wahana ayunan dapat dimanfaatkan untuk main dan bersantai nikmati keindahan danau.

Jika Anda main ayunan tersebut, kaki akan terendam di dalam air hangat, karena ayunan terletak di atas pinggiran danau.

Tidak hanya untuk bersantai, ayunan ini pun dapat dijadikan spot foto keren dan kece, jadi pastikan untuk abadikan momen yang menyenangkan ini dapat Anda rasakan.

  • Berfoto

Liburan ke suatu tempat tidak lengkap rasanya jika Anda tak berfoto, terlebih jika kita foto di tempat yang instagramable dan kece.

Baca Juga :  Desa wisata kandri, Spot foto, Outbound dan wahana seru

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini tidak perlu khawatir, selain ada ayunan tapi ada pula sejumlah spot foto lain yang dapat Anda pilih, seperti berdiri dan jalan-jalan di tepi pantai, santai di bawah pohon, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu, tempat wisata ini cocok sekali untuk Anda kunjungi karena mempunyai keindahan alam unik dan mempesona, serta tersedia berbagai spot foto yang keren.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info