Lompat ke konten
Home » Wisata » Keindahan dan Daya Tarik Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Keindahan dan Daya Tarik Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu1

Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air terjun grojokan sewu menjadi salah satu destinasi wisata alam yang selalu mempesona dan tak tergambarkan oleh apapun.

Di antara pemandangan alam terdapat air terjun yang menjadi daya tarik menakjubkan bagi para wisatawan. Selain memberikan kesegaran dan kesejukan untuk pikiran dan hati, air terjun juga merupakan tempat yang sempurna untuk menghilangkan kepenatan.

Salah satu air terjun yang menarik perhatian adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Nama ini bukan hanya dikenal pada satu lokasi, tetapi beberapa daerah juga menggunakan nama ini untuk air terjun mereka.

Alasan penggunaan nama ini masih menjadi misteri, namun setiap wilayah dengan nama Grojogan Sewu pasti menawarkan pemandangan yang memukau.

Salah satu contohnya terdapat di Karanganyar, terletak di kaki Gunung Lawu, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 81 meter dan menawarkan pemandangan yang tak tertandingi.

Salsawisata.com juga sangat merekomendasikan tempat ini apabila anda ingin berkunjung kesana. Selain tempatnya indah, sejuk masih banyak yang bisa anda explore keseruannya.

Terdapat 2 Pintu Masuk Ke Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu di Karanganyar menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan dua pilihan pintu masuk yang menarik. Pintu masuk pertama terletak dengan anggun di sekitar Taman Balekambang, sementara pintu masuk kedua mempesona terletak dekat River Hill.

Setiap pintu masuk ini menawarkan keindahan dan keunikan yang luar biasa karena bisa menjadi alternatif menarik bagi para Traveller yang ingin menjelajahi keajaiban alam ini.

Pintu Pertama Balekambang

Pintu masuk pertama yang terkenal di kalangan masyarakat menjadi pilihan utama bagi wisatawan. Terletak dekat dengan Terminal Tawangmangu dan menjadi salah satu pintu yang spesial untuk para wisatawan indonesia.

Selain itu, pintu masuk ini terdapat kuda-kuda yang berbaris, menciptakan pemandangan yang unik dan iconik.

Bagi para petualang sejati pintu masuk ini sangat rekomended karena anda bisa mengabadikan berbagai moment yang indah. Meskipun bukan jalur yang sulit, tetapi jalurnya membutuhkan kekuatan fisik ibarat kata seperti pemanasan sebelum mendaki Gunung Lawu.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Lembah Anai

Jalur ini melibatkan sejumlah anak tangga yang nyaman tidak terjal. Namun apa yang menakutkan dari jalur ini? Sebenarnya jalur tangga ini aman dan nyaman. Hanya saja menuntut fisik adalah karena jumlah anak tangganya yang fantastis cukup banyak.

Diperkirakan ada sekitar 1000 anak tangga atau bahkan ada yang mengatakan 1250 anak tangga. Saya sendiri tidak bisa memastikan, karena saat saya naik dan turun tangga ini, saya tidak sempat menghitung jumlahnya. Jadi, jika Anda memiliki waktu bolehlah menghitung sendiri jumlah anak tangga di Grojogan Sewu ini.

Pintu Kedua River Hill`

Ketika memasuki pintu masuk kedua, Anda akan melihat taman mini yang menarik karena terdapat patung ular dan katak yang tampak sedang bertengkar. Sementara itu air mengalir di sekitarnya menciptakan suasana taman yang memukau. Tak jauh dari situ, ada juga tempat makan yang memiliki rasa enak dan lezat.

Warung makan ini memiliki keistimewaan karena menyajikan hidangan khas Tawangmangu, seperti Sate Kelinci dan Sate Landak yang sangat lezat dan menggugah selera. Setelah mencicipi hidangan khas ini, Anda pasti akan ketagihan dengan rasanya yang unik dan enak.

Mitos Grojogan Sewu

Mitos Grojogan Sewu Tawangmangu belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, namun sejarah Grojogan Sewu memiliki daya tarik sendiri bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih dalam. Untuk dapat menikmati keunikan Grojogan Sewu, pengunjung dapat memperoleh tiket masuk dengan harga yang terjangkau.

Grojogan Sewu menghadirkan pesona yang tak tertandingi menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi. Tempat ini juga menyimpan mitos menarik bagi para pengunjungnya.

Baca Juga :  Pesona Destinasi Wisata Favorit Air Terjun Tancak Jember

Konon jembatan di Grojogan Sewu ini memiliki kekuatan magis yang dapat mengakhiri hubungan pasangan yang melintasinya.

Meski begitu jembatan tersebut tetap menjadi daya tarik tersendiri. Tentu saja, kebenaran mitos ini tergantung pada keyakinan individu masing-masing.

Merasakan tetesan air menyegarkan mengusap wajah, tangan, dan kaki terasa seperti berada di surga dunia karena sangat sejuk dan segar.

Di antara batuan-batuan ini tersembunyi sebuah kolam alami yang luas dan dalam yang dapat anda gunakan untuk berenang dan bermain air.

Anda juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti Fling Fox dan Mini Rafting yang pastinya akan menambah keseruan petualangan Anda.

Daya Tarik

Tempat ini menawarkan daya tarik yang luar biasa dengan bebatuan yang tersusun rapi dan air terjun yang tingginya mencapai sekitar 30 meter.Airnya segar, menyegarkan, dan menyembuhkan kelelahan. Dikelilingi pepohonan tinggi dan suhu menenangkan, tempat ini membuat terbuai.

Tersedia wahana outbond menantang seperti flying fox, mini rafting, dan kolam renang mengesankan. Namun, berenang di kawasan ini tidak diizinkan. Selain itu, menikmati berbagai hidangan kuliner lezat seperti sate kelinci dan sate landak dengan tekstur lembut dan bumbu meresap ke dalam daging menjadi cara lain menikmati Grojogan Sewu.

Rute Lokasi

Grojogan Sewu terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dengan jarak sekitar 21 km dari pusat Karanganyar dan 42 km dari pusat Kota Solo.

Perjalanan dari Kota Solo dapat ditempuh dengan menggunakan bus dari Terminal Giwangan menuju Terminal Tawangmangu.

Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Grojogan Sewu dengan menggunakan ojek. Untuk informasi rute terperinci, disarankan untuk memeriksa Google Maps.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke kawasan ini adalah 15 ribu rupiah, sedangkan untuk bermain flying fox, Anda akan dikenakan biaya sebesar 11 ribu rupiah. Jam operasional kawasan ini berlangsung mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Baca Juga :  Curug Jaga Pati, Keindahan tersembunyi di Garut

Keindahan tempat ini begitu memukau sehingga sangat disarankan untuk membawa kamera yang handal. Setiap momen di sini dapat diabadikan melalui foto dan gambar yang akan menjadi kenangan tak terlupakan.

Pemandangan yang menyerupai sebuah lukisan ini terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja tanpa meninggalkan jejak kenangan.

Dalam bahasa Inggris, Grojogan Sewu dapat dijelaskan sebagai “Grojogan Sewu Waterfall”. Air Terjun Tawangmangu merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan keindahan alam yang memukau.

Dengan segala keunikan dan keindahannya, Grojogan Sewu menjadi surga tersembunyi yang siap menyambut pengunjung dengan pemandangan yang luar biasa.

Kawasan ini memancarkan pesona eksotis yang akan membekas dalam ingatan Anda selamanya. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ini ketika berada di Solo atau Karanganyar.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan