Jumat, 27 Maret 2020

Wisata Putri Maron Trenggalek, Keindahan Alam yang Memukau

Wisata Alam Kali Batu Purba Putri Maron, Trenggalek


Hai sobat topwisata lovers. Kita ketemu lagi di artikel paling keren di jagat maya ini. Siapa yang suka piknik dan bepergian ke Jawa Timur? Pasti kalian sudah pernah berwisata di salah satu kota di Propinsi Jawa Timur. 

Kali ini mimin ada info bagi para wisatawan yang belum tahu destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek. Kalau Jawa Timur yang paling populer tak lain adalah Kota Batu. Namun siapa sangka di Kabupaten Trenggalek menyimpan beberapa destinasi wisata yang cukup mengasikkan. Meskipun Kabupaten terbilang Kabupaten kecil, namun ada juga lho destinasi wisata alam yang mengasikkan disana.


Trenggalek merupakan kabupaten yang terletak di pesisir laut selatan di Jawa timur. Kota ini memiliki beberapa bukit yang menyimpan potensi wisata alam yang sangat indah. Terdapat 1 destinasi wisata yang cukup populer disana. 

Diresmikan dan diperkenalkan ke publik pada Desember 2017 silam, wisata ini langsung melejit karena banyak yang mengunjungi tempat ini. Tempat wisata ini bernama Wisata Alam Kali Batu Purba Putri Maron.

Nama Putri maron ini berasal dari bahasa jawa. Dimana Putri berarti Perempuan dan Maron bisa diartikan sebagai kedung atau kolam air alami. Jika digabungkan, Putri maron berarti kolam air perempuan. Konon katanya, dahulu tempat wisata ini pernah di kunjungi oleh putri dari kerajaan kediri lho.

Destinasi tempat wisata ini bernuansa alam yang asri dengan air terjun yang jernih. Memiliki konsep alam yang indah dan dipadukan dengan kerajinan tangan yang menarik, jadilah tempat wisata yang sangat kekinian. 

Tempat ini menjadi populer atau viral berkat kekuatan sosial media. Banyak pengguna sosial media mengupload foto tentang keindahan alam wisata putri maron, khususnya kaulah muda yang hobi memasukkan foto mereka di aplikasi instagram. Penduduk setempat juga berharap, dengan hadirnya destinasi wisata yang indah ini dapat mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Trenggalek.

Lokasi tempat wisata

Wisata Alam Kali Batu Purba Putri Maron terletak di dusun Soko, desa Depok, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Untuk akses jalan menuju lokasi wisata cukup aman, meskipun jalanan menanjak tapi relatif mudah untuk di lalui berbagai kendaraan, kalau pakai tank mungkin tidak bisa masuk yah sobat. 

Di sepanjang jalan menuju lokasi wisata anda akan dimanjakan dengan pesona alam yang indah dan hutan pinus yang cukup lebat di kanan kiri jalan. Jika anda punya paket internet, lebih baik gunakan aplikasi sejuta umat untuk menuntun anda ke tempat wisata, apalagi kalau bukan google maps.

Jam operasional lokasi wisata buka mulai 00.00 – 24.00 WIB dengan kata lain buka sepanjang waktu atau 24 jam. Jadi anda bisa bebas berkunjung ke tempat wisata asik ini kapan pun anda mau. Namun sedikit saran dari mimin, lebih baik berkunjung di pagi hari, selain udaranya sejuk, anda bisa puas bermain di lokasi wisata.


Harga tiket masuk tempat wisata

Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan tempat wisata putri maron ini hanya dikenakan retribusi parkir sebesar Rp 2.000 per sepeda motor, dengan kata lain tiket masuknya gratis (Namun bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pihak pengelola, bukan kamu). Entah mengapa bisa terjadi seperti itu, mengingat ini adalah tempat wisata yang sudah di percantik oleh penduduk lokal dan pemerintah setempat.

Jadi untuk kalian yang suka traveling dengan kantong pas-pasan, destinasi wisata ini cukup cocok untuk kalian. Selain tempat wisata ini cukup sejuk, panorama yang disuguhkan juga tak kalah dengan tempat wisata lain dengan harga mahal.

Keindahan Wisata Alam Kali Batu Purba Putri Maron

1.   Air Terjun Mini





Di area tempat wisata terdapat air terjun. Namun karena ketinggan bebatuan tidak terlalu tinggi maka disebutlah air terjun mini. Meskipun air terjun ini cukup kecil, namun terlihat sangat menawan. Dengan perpaduan bebatuan yang alami dan air terjun mini membuat kita bisa menjamah air terjun tersebut.



Tak hanya air terjun saja yang bisa dinikmati, terdapat juga kolam alami yang terbentuk dari aliran air tejun tersebut. Pengunjung bisa menikmati kolam tersebut. Namun perlu di waspadai, kolam tersebut memiliki kedalam air hingga 5 meter lho. Jadi untuk kalian yang tidak bisa berenang jangan coba-coba berenang hingga ke tengah yah.


2.   Panorama pepohonan


Di permukaan dataran anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa dari alam. Tebentuk dari pepohonan yang rimbun dan sangat asri menjadikan tempat ini sangat nyaman dan teduh. Anda juga bisa berfoto dengan mengambil spot terbaik dengan latar belakang yang hijau dan asri untuk dijadikan momen seru.

3.   Spot foto kekinian yang instagenic


Pihak pengelola sudah menyulap tempat wisata ini menjadi sangat modern dan kekinian. Di sekitar pepohonan sudah dihiasi dengan ornamen yang berwana-warni dan cantik. Ornamen ini berbentuk payung yang di tempatkan di antara pepohonan dan ban bekas untuk kalian berpijak. 

Dengan ornamen yang sangat memukau ini, kalian pasti akan betah untuk berfoto-foto sambil menikmati pemandangan di sekitar area wisata. Tak hanya payung dan ban bekas saja yang dihias, ada beberapa ornamen di area wisata yang memang sudah dihias oleh pengelola dan kerajinan tangan ini sangatlah memukau anda. Spot-spot foto di area ini menjadi sasaran empuk kaum muda-mudi yang hobi berfoto.


4.   Gazebo


Pengelola sudah menyiapkan beberapa gazebo untuk bisa bersantai. Untuk kamu yang sudah keliling dan mengitari semua area wisata dan lelah, anda bisa menggunakan fasilitas ini. Dan uniknya, gazebo di tempat wisata ini sangat menarik untuk dijadikan spot foto yang kekinian lho. Gazebo ini juga bisa digunakan sebagai tempat piknik untuk menyantap hidangan yang sudah anda bawa. 

Namun jangan sampai tertidur pulas di gazebo ini, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemalingan, kecopetan dan lain sebagainya.


5.   Lahan parkir

Tempat wisata ini memiliki lahan parkir yang cukup luas dan tak perlu berdesakan untuk bisa memarkir kendaraan anda di tempat parkir. Pengelola sudah menyiapkan untuk kendaraan anda diparkir secara rapi.


6.   Fasilitas penunjang lainnya

Meskipun wisata ini bernuansa alam, pengelola juga sudah menyediakan fasilitas penunjang lainnya lho. Seperti tempat kuliner alias warung makan untuk menemani pengunjung yang sedang kelaparan. 

Serta rest area untuk anda yang terlihat lelah dalam perjalanan menuju ke pelaminan, maksud saya menuju tempat wisata. Tak lupa juga pengelola sudah menyediakan toilet dan mushola. Mimin rasa fasilitas di tempat wisata cukup lengkap mengingat tempat ini berada di alam bebas.


Demikian yang bisa mimin ulas untuk kalian yang ingin berwisata atau akan melakukan perjalanan wisata. Masih banyak spot seru yang bisa dinikmati di tempat wisata sayangnya mimin belum bisa kasih ulasan. Sampai ketemu di artikel berikutnya yah sobat topwisata lover and Good bye.




TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments