Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok Situbondo

Kampung Blekok sekarang Menjadi Destinasi Wisata

Kampung Blekok sekarang Menjadi Destinasi Wisata
Kampung Blekok sekarang Menjadi Destinasi Wisata

Pernahkah anda tahu tentang sejarah Kampung Blekok Situbondo ? Kampung Blekok ini dulunya adalah sebuah savana hutan mangrove yang sangat kumuh, kotor, jorok.

Tempat ini menjadi sebuah tempat pembuangan sampah warga, kotoran sapi, bahkan sampai tidak terurus. Melihat namanya pun pasti masyarakat situbondo sudah hafal, bahwa dulu Kampung Blekok adalah kampung yang sangat jorok dan kumuh.

Kesadaran Masyarakat di Kampung Blekok sangat kurang, padahal melihat potensi alam yang ada di tempat itu sangat luar biasa indah, apabila mau dikembangkan dan dirawat.

Namun dengan adanya dukungan dari pemerintah tenang potensi wisata yang sangat besar di Kampung Blekok ini, perlahan masyarakat mulai sadar akan dampak lingkungan jika mereka tidak merawatnya dengan baik dan benar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo terus menerus memberikan motivasi kepada masyarakat agar sadar lingkungan, dan akhirnya lambat laun tercipatalah tempat wisata nan indah yaitu Ekowisata Hutan Mangrove Kampung Blekok.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya tentang Kampung Blekok sekarang Menjadi Destinasi Wisata, simak ulasan topwisata.info berikut.

Lokasi Wisata Kampung Blekok Situbondo


Lokasi wisata Kampung Blekok ini terletak di Krojan Barat, Klatakan, Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68352.

Lokasi wisata ini tidak jauh dari pusat kota Situbondo, sehingga sobat tidak akan kerepotan untuk mencari tempat wisata ini, namun hal yang disayangkan adalah fasilitas yang ada di Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok ini masih sangat kurang.

Sehingga banyak para pengunjung yang mengeluh masalah infrastruktur wisata disini kurang memadai, sebut saja lokasi parkir dengan objek wisata yang sangat jauh, sehingga banyak para pengunjung mengeluh terlalu capek untuk mencapai lokasi wisata jika usia sudah renta.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok


Harga tiket masuk wisata ini adalah beberapa sampah botol plastik saja. Jadi para pengunjung Wisata Hutan Mangorve Kampung Blekok ini hanya membayar dengan Botol Plastik bekas dan tidak mengeluarkan biaya apapun selalin itu.

Jam buka wisata hutan mangrove Kampung Blekok ini mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 dan buka setiap hari.

Fasilitas Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok


Fasilitas yang ada ditempat wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok ini masih sangat minim ya sobat, Meskipun minim namun dukungan masyarakat untuk mengembangkan wisata ini sangat luar biasa , pemerintah juga sudah membantu mengeluarkan dana untuk pembangunan jembatan kayu Hutan Mangrove Kampung Blekok ini sebesar Rp 1 Milliar.

"Jembatan kayu mengelilingi hutan bakau dan menara pantau dibangun menggunakan APBD 2018 dan anggarannya lebih dari Rp1 miliar, dan sampai saat ini pengerjaannya sudah mencapai 90 persen," paparnya.

Daya tarik Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok


Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok ini memiliki daya tarik yang eksotis ketika kalian mengunjungi tempat ini. Karena pada saat senja ratusan Burung Blekok atau Burung Pelikan atau bahasa jawanya "Manuk Kuntul" berbaris disini untuk mencari sesuap nasi.

Disamping itu disepanjang jembatan kayu wisata hutan mangrove ini juga sangat instagenic lo sob, karena bisa mengabadikan momen indah dengan berfoto ditengah jembatan kayu hutan mangrove Situbondo ini.

Hal ini yang membuat para pengunjung semakin meningkat, tercatat pada liburan akhir tahun lalu, para pengunjung wisata Hutan Mangrove Kampung blekok ini tembus diangka 14.000 wisatawan.

Wisatawan ini berasal dari masyarakat lokal dan pengunjung dari luar kabupaten, seperti Bondowoso, Banyuwangi, dan bahkan dari Bandung, Yogyakarta serta Jakarta.

Pemerintah Kabupaten Situbondo bakal meluncurkan distinasi wisata baru Kampung Blekok pada tanggal 23-24 Maret 2019 mendatang. dan kini, Kampung Blekok menjadi kawasan destinasi wisata yang berbasis lingkungan atau ekowisata yang sangat potensial untuk dikunjungi wisatawan.

Galeri Foto Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok Situbondo

Spot Foto Epic Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok
Spot Foto Epic Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok

Barisan Burung Blekok Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok
Barisan Burung Blekok Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok

Selancar Lumpur Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok
Selancar Lumpur Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok

Gazebo Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok
Gazebo Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok

Bagaimana sobat topwisata, apakah kalian tertarik untuk mengunjungi wisata hutan Mangrove Kampung Blekok ?


TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Wisata Hutan Mangrove Kampung Blekok Situbondo
5/ 5
Oleh