Rabu, 11 Maret 2020

Puthuk Panggang Welut, Keindahan Hutan Pinus dan Suasana Asri Pacet

Menikmati Kesejukan Alam di Puthuk Panggang Welut




Jawa Timur menyimpan panorama alam yang segar dan menyejukkan hati kita. Untuk kalian yang sudah mengatur jadwal liburan, lebih baik baca dulu artikel yang akan mimin ulas. 

Wisata ini ada di daerah Mojokerto, di Mojokerto yang paling popular adalah pemandian air panas Pacet. Namun bukan hanya tempat itu saja yang popular, khususnya pada sekitar bulan Februari 2020 terdapat wisata alam yang sangat mempesona. 

Sebut saja Ranu Manduro, namun setelah destinasi wisata ini viral. Pengunjung pun melonjak drastis dan wisata ini jadi rusak karena terlalu banyak wisatawan yang datang karena penasaran. Akhirnya wisata ini ditutup sementara guna menjaga kelestarian alamnya.

Masih di Mojokerto, terdapat pula wisata alam yang tak kalah menarik dari Ranu Manduro. Masih sama dengan konsep alam terbuka, hanya saja yang menjadi pembeda wisata ini terletak di hutan. Tempat wisata ini dibuka pada akhir 2017 lalu ini dikelilingi hutan pinus yang masih liar alias rimbun. 

Tempat wisata ini bernama Puthuk Panggang Welut. Jangan terkecoh dari namanya, meski diberi nama panggang welut. Bukan berarti tempat ini adalah pembakaran ikan belut. Puthuk Panggang Welut menawarkan wisata alam bebas dan sangat mempesona. Apalagi untuk kalian yang hobi sama alam, mungkin tempat ini cukup menarik hati anda.

Salah satu yang memiliki andil bagian besar adalah beberapa mahasiswa UNESA. Mereka memiliki ide yang sangat menarik, yaitu mengubah kawasan hutan pinus menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi. 

Di dalam tempat wisata sudah dibangun mulai dari spot foto yang menarik, tempat peristirahatan yang menyejukkan dan ornamen yang sangat indah dipandang dengan digabungkan dengan alam. Dengan ide tersebut maka terbentuklah wisata alam yang instagenic dan tentunya kekinian.

Baca Juga


Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang patut diunggulkan dari pada wisata alam pada umumnya. Dimana terdapat 2 air terjun, lembah dan jurang. Wisata ini memiliki luas lebih dari 10 hektar. Uniknya adalah tempat wisata Puthuk Panggang Welut dikelola bersama-sama oleh warga setempat. 

Bahkan saat pembangunan wisata, penduduk setempat gotong royong dengan memanfaatkan barang bekas untuk fasilitas pendukung. Seperti saat pembuatan tempat duduk dan gazebo, penduduk menggunakan limbah kayu. Cukup kreatif juga warga sekitar sini.

Lokasi Puthuk Panggang Welut berada di Desa Nogosari, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Jarak antara Kota Mojokerto dengan tempat wisata berada sekitar 37 KM.

Tiket masuk tempat wisata

Untuk bisa memiliki akses tempat wisata, pengunjung hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp 10.000 saja. Dan untuk retribusi parkir kendaraan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk roda 2 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4. 

Tiket masuk ini tidak termasuk beberapa wahana di dalam area wisata. Dan tentunya harga tersebut dapat berubah seperti hati seorang perempuan.

Jam operasional wisata Puthuk Panggang Welut ini mulai buka pada pukul 08.00 – 16.30 WIB. Meski memasang jam berkunjung, tentu saja ada toleransi untuk yang sudah di dalam area wisata alias menginap. Salah satunya adalah camping. 

Namun untuk info ketersediaan tempat dan keamanan lokasi, anda bisa menghubungi pihak pengelola dengan nomor 0856-4871-3556. Guna menanyakan apakah lahan camping tersedia, apakah tempat camping aman, apakah tidak ada binatang buas, apakah jodoh anda berada di hutan, dan lain-lain, terserah mau tanya apa itu hak kalian.

Fasilitas tempat wisata

Tak hanya alamnya saja yang sangat sejuk dan mempesona. Terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan didalam area wisata dan tentunya sangat menarik dan mempesona. Seperti :

Menikmati suasana alam dengan memandang hutan pinus


Setelah anda sudah memasuki area tempat wisata, anda akan langsung disambut dengan dingin dan kesejukan alam yang asri. 

Dijamin anda akan merasa relaks disini. Udara yang begitu bersih, suara kicauan burung liar membuat anda sangat nyaman dan betah disini. Selain itu juga anda bisa belajar mengenal alam disini. 

Tak hanya itu, anda juga akan dibuat terkesan sebab panorama alam seperti ini tidak bakal kamu dapatkan di tengah kota.

Spot foto yang instagenic


Penduduk sekitar sangat kreatif. Selain membuat lokasi ini menjadi tempat wisata yang sejuk dan mengasikkan. Penduduk juga membuat beberapa ornamen yang sangat bagus dan tak kalah dari tempat wisata populer di tengah kota-kota besar. 

Anda akan melihat banyak spot foto yang sangat menarik dan menggugah selera anda dan pastinya anda akan langsung menyiapkan kamera terbaik anda. 

Seperti payung warna warni yang dipasang di antara pohon pinus, spot nest, spot love yang terbuat dari beberapa ranting, gazebo yang terbuat dari limbah kayu yang tidak terpakai dan masih banyak lagi yang bisa anda gunakan untuk menambah foto di instagram anda. 

Yang hobi swafoto pastinya sangat tepat jika anda datang kemari. Alam yang dipadu dengan kreasi tangan. Sangat indah deh.

Air Terjun


Saat berada di lokasi wisata, jelajahi saja alam disekitar tempat wisata. Sebab rugi saat sudah berada disini namun tidak tahu ada apa saja disekitar tempat wisata. 

Terdapat 2 air terjun di dekat tempat wisata, Coban Curah Watu dan Coban Watu Gedhek. Rintangan yang dilalui cukup sulit jadi anda harus waspada dan hati-hati. Meski disulitkan oleh jalanan yang terjal, anda akan puas setelah sampai di lokasi air terjun. 

Panorama alamnya sangat mempesona dan mengagumkan. Ketinggian air terjun Coban Curah Watu yang mengalir setinggi 10 meter, sedangkan Coban Watu Gedhek setinggi 30 meter. Namun ini hanyalah sebuah pilihan jika anda merasa bosan dan ingin tantangan.

Camping Ground

Tempat wisata Puthuk Panggang Welut ini dijadikan sasaran oleh pecinta camping ground. Dengan menikmati sensasi alami di area outdoor dengan panorama alam yang indah dan memanjakan diri sepertinya sangat cocok bagi pekerja yang stres maupun yang rindu akan udara segar. 

Dan memang camping ground disini sangat populer di kalangan muda mudi. Maka tak sedikit yang menginap disini, apalagi saat memasuki weekend atau labur panjang. Pasti sangat ramai disini.

Tempat Outbound

Mengadakan acara seperti outbound di wisata ini sangatlah seru. Selain tempatnya yang memang sejuk, segar juga sangat pas untuk membuat acara kegiatan di luar rumah.

Warung Makan

Ada saja ide masyarakat sekitar guna menunjang fasilitas tempat wisata. Terdapat juga warung makan dan minum. Mengingat lokasi ini jauh dari keramaian, maka jangan takut saat perut keroncongan. Tinggal beli makanan saja di warung terdekat, anda pasti kenyang. Makanan yang sangat popular disini adalah gorengan. Karena dengan memakan gorengan dikawasan dingin menjadi betah untuk terus makan dan makan.

Toilet

Meski tempat ini berada di hutan, pengelola sudah menyediakan tempat buang air. Dengan kata lain toilet umum sudah disediakan disini guna menghindari perusak alam, seperti buang air sembarangan dan mencemari lingkungan. Meski toilet ini dikelolal oleh petugas ditempat, namun sebagai manusia lebih baik jaga selalu kebersihan supaya tidak jorok.

Tempat Parkir

Tempat parkir disini tidak lah luas seluas taman bermain, namun cukup untuk menampung hingga 20 mobil (perkiraan saja sih). Namun untuk kendaraan roda 2 alias sepeda motor, lahan parkir disini cukup luas.



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments