Rabu, 12 Februari 2020

Hutan Pinus Mangunan, Suasana Asri Pinggiran Kota

Hutan Pinus Mangunan, Bantul








Hutan Pinus Mangunan, Suasana Asri Pinggiran Kota


Hai sobat Topwisata Lovers, kali ini kita akan membahas tentang hutan. Agak nyimpang mungkin di fikiran pembaca, “Hutan kok diulas”, eits, jangan salah dulu, tema kita kali ini adalah back to nature namun tentunya masih berada di wilayah Indonesia di daerah pegunungan. Tepatnya di Bantul, Jawa Tengah.

Masih di kawasan Jogja, tempat wisata yang asri, natural, dan tak ada bosannya. Namun kali ini jogja menyuguhkan hidangan ecowisata di sebuah kawasan hutan pinus.Hutan Pinus Mangunan yang merupakan hutan yang dilindungi dan kini disulap menjadi kawasan ecowisata. 

Lokasi ini sangat cocok sekali untuk anda untuk menghilangkan penat dan tenang, karena tempat ini sangat jauh dari kebisingan kota. Bahkan tempat ini hampir mirip seperti Hutan di Pacific Northwesth, di Forks dan di kota-kota lainnya yang berada di wilayah Evergreen State.

Hutan Pinus Mangunan sebenarnya adalah hutan pinus biasa seperti pada umumnya yang dipenuhi oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi bak gedung pencakar langit yang rapat. Namun karena jarang ditemui di tempat wisata, maka hutan ini adalah salah satu nilai jual yang harus didatangi oleh para wisatawan. 

Dan tempat ini adalah tempat yang paling pas untuk berkumpul sambil melepas gadget. Dengan nuansa yang sejuk, udara yang sangat bersih, serta suara angin yang menembus raga akan menjadikan para wisatawan rileks sejenak.

Beberapa wahana yang ada di Hutan Pinus Mangunan


1. Spot foto bertemakan alam yang fantastis



Kawasan ini menjadi incaran para fotografer dan prewedding dengan mengangkat tema alam. Spot terbaik ada disini. Dan bahkan, tempat ini pernah dijadikan syuting film.

Terdapat beberapa spot foto yang tersedia seperti rumah pohon dan panggung alam sederhana. Panggung alam ini terletak di tengah hutan pinus, semua terbuat dari kayu. Dan juga bisa difungsikan untuk acara sekolah alam, Dilengkapi dengan gardu pandang yang tinggi.

2. Menikmati pemandangan diatas Hammock



Lelah mengelilingi hutan pinus, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam alain dari atas hammock. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 pengunjung bisa bersantai sambil tiduran dan menikmati teduhnya pepohonan.

Aktifitas ini merupakan salah satu yang paling favorit pengunjung, karena sangat tren. Hammock yang berwarna-warni terkesan kontras dengan lata Hutan Pinus.

3. Taman Bunga



Di area selatan kawasan hutan pinus ini, pengelola menyediakan pemandangan yang tak kalah menariknya lho. Dengan menyusuri jalan setapak, pengunjung akan disuguhkan taman bunga penuh warna.

Dilokasi ini, pepohonan pinus tidak begitu tampak, banyak kaum hawa yang mejajaki area sini, jadi tidak heran jika lebih banyak perempuan yang mangambil foto disini. Para jombloers juga bisa mencari tambatan hati disini, mimin doakan dapat deh.

4. Berkemah di Hutan Pinus Mangunan



Ini adalah salah satu yang digemari oleh para adventure, pengunjung di perbolehkan menginap atau bermalam di hutan, tapi harus membawa kemah/tenda sendiri. Pengelola kawasan ini sudah menyediakan lokasi khusus berkemah dengan tenda. Disini juga tersedia persewaan jeep wisata untuk merasakan sensasi offroad disekitar lokasi.

Lokasi


Hutan Pinus Mangunan ini menjadi salah satu tempat yang eksotis dikota Jogja yang bisa anga jadikan spot foto yang sangat instagramable. Selain itu, keindahan tempat wisata ini paling sering dijadikan para model hunter dan foto prewedding dengan tema alam. Untuk bisa menikmati keindahannya anda bisa langsung menuju lokasi hutan pinus Mangunan ini.

Lebih tepatnya Hutan Pinus Mangunan ini berada di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja wisata Hutan Pinus Mangunan berjarak kurang lebih 23 Km yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 60 menit. Untuk menghindari kemacetan, lebih baih berangkat lebih pagi, sekitar pukul 05.30 WIB.

HTM Hutan Pinus Mangunan


Meski kawasan ini merupakan hutan yang dikelola oleh pengelola, wisatawan yang ingin berkunjung harus membayar tiket masuk, dan sangat murah untuk pesona alam seperti ini.

A. Biaya Masuk :

1. Kawasan Hutan : Rp. 2.000/orang
2. Panggung Sekolah Hutan : Rp. 2.500/orang
3. Studio Alam : Rp. 2.000/orang
4. Jelajah alam : Rp. 10.000/orang

B. Parkir Kendaraan:

1. Sepeda Motor : Rp. 2.000/kendaraan
2. Mobil : Rp. 5.000/kendaraan
3. Bus : Rp. 20.000/kendaraan

C. Sewa Panggung Sekolah Hutan :

1. Komersial : Rp. 3.000.000/kegiatan
2. Non Komersial : Rp. 1.000.000/kegiatan

D. Sewa :

1. Tempat : Rp. 200.000/kegiatan
2. Hammock : Rp. 10.000/orang
3. Aula : Rp. 250.000/4jam
4. Camping Ground : Rp. 15.000/orang/hari

E. Dokumentasi :

1. Foto Session dan Prewedding : Rp. 200.000/kegiatan
2. Video Clip : Rp. 250.000/kegiatan
3. Film Komersial : 1.000.000/hari

Jam buka Hutan Pinus Mangunan

Kawasan hutan ecowisata ini bisa kita kunjungi setiap hari. Dengan jam buka mulai pukul 08.30 sampai 17.30 WIB.

Fasilitas


  1. Para pengunjung tak perlu risau maupun khawatir jika berwisata ke kawasan Hutan Mangunan, sebab sudah disediakan oleh penglola fasilitas yang cukup memadai. Berikut beberapa fasilitas yang terdapat disini, antara lain :
  2. Area parkir yang luas, tempat ini bisa menampung bus sebanyak 10 biji lho, cukup gede bukan.
  3. Toilet umum, jadi jangan Buang air sembarangan yah guys.
  4. Mushola, tempat beribadah yang tenang dan di temani semilir angin sejuk.
  5. Warung makan, jika anda sudah lapar dan haus tak perlu bingung, karena disini sudah tersedia berbagai makanan, tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan, tetap jaga kelestarian alam.
  6. Aula pertemuan.
  7. Sekolah alam yang bisa digunakan untuk resepsi pernikahan dan live musik, gimana, seru gak tuh?
  8. Spot foto yang sangat eksotik.


Beberapa Tips dari mimin


  1. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima dan kuat dalam tanjakan, karena tempatnya cukup sulit dijangkau, usahakan kendaraan anda aman. Selalu cek roda dan tekanan angin kendaraan anda.
  2. Sediakan makanan ringan untuk di perjalanan, mengingat ini adalah kawasan hutan, sudah dipastikan tidak ada Ind*mart maupun Alf*mart. Tapi bagi kalian yang suka bawa makanan dan snack dalam jumlah yang cukup banyak, jangan buang sampah sembarangan.
  3. Selalu bawa uang receh, meski receh, namun sangat berguna untuk pembayaran toilet umum dan parkir.
  4. Bawalah payung ataupun jas hujan, karena cuaca di hutan selalu berganti, tidak salahnya sedia persediaan sebelum basah.
  5. Jangan gunakan high heels, gunakan alas kaki outdoor seperti sepatu dan sandal gunung supaya tidak mudah terpelset, karena cuaca di hutan sering kali lembab.
  6. Gunakan HP atau kamera terbaikmu, karena jika cuman VGA dijamin sangat rugi.
  7. Dan yang terakhir, gunakan pakaian modismu, namun jangan alay supaya hasil fotomu maksimal dan bisa dipamerin di sosmed maupun teman.


Cukup sampai disini yang bisa mimin ulas dan sampai jumpa di artikel berikutnya, bye topwisata lovers.




TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments