Rabu, 25 Maret 2020

Wana Wisata Prabanlintang Danasari Tegal

Back To Nature, Wana Wisata Prabanlintang Danasari, Tegal


Di Indonesia tak sedikit tempat wisata yang seru. Mulai dari wisata keluarga hingga wisata alam yang mencekam. Di beberapa kota sepertinya sedang berlomba mempercantik daerahnya. Dari kota yang belum memiliki tempat wisata hingga yang sudah punya banyak tempat wisata. Investasi pariwisata di Indonesia memang sangatlah menjajinjikan, apalagi jika tempat wisata itu baru dan memiliki keindahan tersendiri yang tidak bisa di dapatkan di tempat lain.

Kali ini mimin akan ulas tempat wisata di daerah Jawa Tengah, atau lebih tepatnya di Tegal. Tegal memiliki banyak temapt wisata asik dan seru. Lebih dari 20 tempat wisata di Tegal sangat popular di kalangan umum. Namun ada tempat wisata yang unik di Tegal. Dan sedang hits di kalangan anak muda jaman now. 



Terletak di kawasan dataran tinggi Gunung Slamet menjadikan Tegal sangat nyaman. Memanfaatkan hutan lindung milik Perhutani yang rindang dan indah. Jadilah tempat wisata alam yang patut dikunjungi. Dengan konsep alam, serasa membuat wisatawan back to nature. Tempat wisata ini di beri nama Wana Wisata Prabalintang Danasari Tegal.

Dengan kondisi alamnya yang masih sangat alami dan asri, pengelola membuat tempat wisata kekinian dengan berbagai spot foto keren dan pastinya instagenic. Destinasi wisata ini di buka sekitar bulan Januari 2018 yang lalu. Secara harfiah, Prabalintang memiliki makna "Praban dan Lintang" yang memiliki arti Lokasi dan Bintang. Secara sejarah, konon tempat ini merupakan tempat jatuhnya bintang. 

Maka dari itu terbitlah penamaan Wana Wisata Prabanlintang Danasari. Mengingat ini adalah tempat wisata alam, anak-anak mungkin tidak seberapa menyukai tempat ini. Sebab tidak ada tempat bermain, hanya ada hutan pinus yang rindang. Namun untuk pelajaran anak anda tentang alam, tempat ini mungkin tempat yang tepat.

Lokasi tempat Wana Wisata Prabanlintang Danasari

Wisata keren ini berada di Jl. Raya Danasari, Ladang, Danasari, Tegal, Jawa Tengah. Untuk rute singkat, Wana Wisata Prabalintang Danasari dari Kota Tegal ke selatan menuju arah wisata guci. Setalah sampai di kawasan wisata Guci, arahkan kendaraan anda terus lurus melalui jalan Bojong hingga sampai gardu Karang Jambu. 

Setelah itu belok kiri ke arah timur. Ikuti saja jalanan tersebut hingga sampai ke Jalan Raya Danasari lalu ambil arah belok kiri dan sekitar 500 meter lagi sampai lah di tujuan lokasi ini. Seperti yang mimin bilang sebelumnya, wisatawan juga bisa mengakses jalan menuju tempat wisata ini menggunakan aplikasi Google Maps atau aplikasi semacamnya.

Harga tiket masuk tempat wisata

Untuk wisatawan yang sedang mencari tempat wisata murah namun keren, mungkin disinilah tempat yang pas. Pengunjung yang ingin menikmati pesona keindahan wana wista prabanlintang danasari hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 saja. 

Biaya ini masih lebih mahal jika anda beli minuman kekinian di mall sekitar anda. Bahkan dengan uang Rp 5.000 saja pengunjung sudah mendapatkan fasilitas tempat parkir untuk sepeda motor (biaya HTM sudah termasuk retribusi parkir). Selain murah, akses menuju lokasi wisata sangatlah mudah. Dan lebih kerennya lagi, 75 persen dari operasional pengelolaan dan sisanya sebesar 25 persen untuk perhutani.



Daya tarik Wana Wisata Prabanlintang Danasari

Meskipun hutan rindang ini di kelola oleh Perhutani, terdapat banyak fasilitas yang keren dan cukup lengkap mengingat tempat ini adalah hutan. Seperti :

1. Spot foto yang instagrammable

Tak hanya 1 atau 2 spot foto yang sangat keren disini, tapi sangat banyak hingga pusing hendak pilih spot foto yang mana untuk di dahulukan. Seperti :




a. Rumah pohon yang sangat popular bahkan sudah hits di kalangan anak muda khusunya pecinta fotografi dan aktif di social media. Untuk yang takut ketinggian sebaiknya jangan naik. Namun yang berani naik ke atas, jangan khawatir, sebab wahana ini sangat aman. Sudah terdapat pembatas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun setelah sampai di puncak, tidak disarankan untuk lomat dari ketinggian tersebut, bisa lecet nanti.


b. Hammock di tempat wisata ini sama seperti di hammock tempat wisata yang lain. Berada diantara hutan dan disusun 2 hingga 3 baris menjadikan keseruan berfoto di atas hammock dengan latar belakang hutan pinus yang rindang. Sangat instagenic deh pokoknya, namun jika ingin menaiki hammock. Anda harus hati-hati yah supaya tidak jatuh.


c. Ayunan disini memang sama seperti di taman kanak-kanak maupun di taman bermain pada umumnya. Yang menjadikan nilai tambahan adalah anda berayun di tengah hutan pinus yang rindang dengan udara yang sangat sejuk serasa anda berada di negeri kayangan.




d. Jembatan kayu disini terdapat 2, 1 menggunakan tali sebagai penopang dan di jadikan penghubung dari zona A ke zona B, dan yang 1 berada di danau. Dan yang sangat popular adalah yang terletak di atas air ini. Selain bisa dijadikan foto yang keren, bisa juga dijadikan tempat foto prewedding anda dengan tema alam. Dan banyak juga yang menggunakan foto prewedding di jembatan air ini. Mengingat jembatan di atas air ini tidak memiliki pegangan tangan, disarankan anda untuk berhati-hati.


e. Meja dan kursi yang disediakan disini sangat popular. Bisa digunakan sebagai dudukan makan cemilan dan hidangan utama, bisa digunakan juga untuk foto prewedding dengan tema alam bebas. Atau bisa juga digunakan sebagai tempat piknik di tengah hutan, dengan mendirikan tenda di sebelah meja kursi bisa untuk anak anda yang takut akan serangga.

2. Toilet

Sudah di sediakan toliet untuk umum. Dengan tersedianya fasilitas ini diharapkan kepada semua pengunjung termasuk mimin juga tidak mencemari lingkungan yang indah tersebut. Jika lingkungan wisata tersebut kotor dan tercemar, sudah pasti tempat wisata itu akan jelek dan tak ada yang akan mengunjungi. Dengan menjaga kelestarian alam, diharapkan tempat wisata ini makin populer hingga bisa di nikmati oleh anak cucu kita.

3. Mushola

Bagi yang beragama muslim, anda tak perlu khawatir ketinggalan waktu sholat. Pengelola sudah menyediakan tempat ibadah yang bersih. Nilai plus tempat ibadah disini adalah lingkungannya yang sejuk dan kicauan burung yang indah senantiasa menemani ibadah anda yang khusuk. Selain itu tak perlu ragu akan kebersihan tempat ibadah ini, sebab juga sudah ada petugas yang siap membersihkan area mushola jika kotor.

Sedikit tips dari mimi, mengingat tempat ini adalah hutan di dataran tinggi. Dipastikan cuaca di sekitar wisata sangat dingin di waktu tertentu. Maka bawalah pakian musim dingin anda atau bawa jaket untuk menghangatkan tubuh anda. Atau perlu mimin hangatkan tubuh anda supaya tidak dingin? Demikian sedikit info ulasan tempat wisata yang bisa mimin beri untuk Topwisata lovers. Sampai ketemu di artikel berikutnya.



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments