Jumat, 13 Maret 2020

Pemandian Kalireco Malang, Segar Alami untuk Hilangkan Penat

Segarnya Sumber Mata Air Pemandian Kalireco Lawang Malang, Jawa Timur






Kota Malang menjadi primadona tempat destinasi wisata, mulai dari liburan keluarga hingga rekreasi kantor. Karena memang di kota tersebut banyak tempat wisata yang seru dan tentunya menghibur. Bukan hanya tempat wisata popular seprti di Museum Angkut, Jatim Park bahkan yang paling terhits saat ini adalah tempat wisata kafe sawah pujon. Kali ini ada tempat wisata yang cukup seru dengan bepergian sama teman gokil kalian. Tempat wisata ini bernama Pemandian Kalireco Lawang, Malang, Jawa Timur.

Tempat wisata ini berkonsep kolam renang yang digunakan untuk mandi dan berenang. Dengan ditemani oleh rimbunnya pepohonan dan pemandangan hijau di sekitar kolam akan semakin menyejukkan mata anda. Pemandian kalireco berada di alam terbuka, jadi anda akan dibuat sejuk dengan menikmati udara dingin Kota Malang.

Pemandian Kalireco berada di kawasan kaki Gunung Arjuna. Sehingga dulunya banyak yang belum tau. Dulunya pemandian kalireco digunakan oleh warga sekitar untuk mencuci, mandi dan melakukan aktifitas sehari-hari dan juga dimanfaatkan oleh warga sebagai irigasi kebun. 

Sumber mata air pemandian kalireco sangat jernih. Selain itu seperti yang sudah mimin sebut, pemandian kalireco memanglah bukan tempat wisata resmi yang diresmikan dinas pariwisata.

Para pengunjung tak perlu takut jika ingin memasukkan anggota badan ke ke dalam kolam jernih ini, Karena kedalaman kolam pemandian ini hanya berjarak 1 meter dari permukaan air alias dangkal, cetek. Bagian dalam kolah sudah ditutup menggunakan keramik, dipastikan sudah terlihat dari kejauhan kok lantainya.



Yang menjadi perhatian di tempat wisata pemandian kalireco adalah sebenarnya pemandian ini dikhususkan untuk kaum adam. Meski diperuntukkan untuk kaum adam, kaum hawa tidak dilarang memasuki area wisata, bahkan jika ingin berenang juga tidak dilarang. Hanya saja dikhawatirkan dapat memunculkan perasaan canggung, gelisah, dan ada yang berdiri tegak tapi bukan tiang bendera. Terutama saat ada penduduk lokal yang sedang melakukan aktifitas hariannya.

Lokasi Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco berada di wilayah Lawang, Malang, Jawa Timur. Beralamat di Sumber Waras 2 No. 97, Kalirejo, Lawang, Malang, Jawa Timur. Jarak antara tempat wisata dengan kota malang sekitar 17 KM.

Namun yang menjadi kendala untuk bisa memasuki tempat wisata ini adalah sangat sulit untuk dimasuki kendaraan roda 4 atau mobil, bahkan helikopter pun tidak bisa mendarat. Dengan memiliki lebar jalan sekitar 1,5 meter sehingga hanya dapat dilewati oleh sepeda pancal maupun sepeda motor. Wisata Pemandian Kalireco bukanlah wisata resmi, sehingga tak ada retribusi wajib untuk parkir kendaraan.

Perjalanan menuju area tempat wisata cukup mudah dan aman karena untuk dilalui, sudah terdapat beberapa untuk dilalui. Namun anda harus berhati-hati saat musim hujan, karena jalanan sekitar sangat licin.

Rute singkat menuju area tempat wisata pemandian kalireco. Berjarak dari pusat Kota Malang sekitar 17 KM dengan waktu tempuh sekitar 40 menit menggunakan motor maupun mobil, kalau menaiki becak atau delman mungkin agak lama sampainya. Dari Kota Malang langsung arahkan kendaraan anda menuju daerah lawang. 

Sebelum sampai di pasar paling populer di Kota  Malang yaitu pasar lawang, cari Pabrik Otsuka yang berada di sebelah kanan jalan. Ikuti arah sampai melewati lapangan SMA Negeri Lawang. Kemudian setibanya anda disana, anda akan menemukan kekasih anda maksud saya menemukan pertigaan pertama kemudian belok kiri saja. 

Tepatnya berada di depan makam Desa Kalirejo, ikuti jalan yang terbuat dari paving sampai menemukan jodoh anda maksud saya masjid. Lewati saja masjid itu jika sudah beribadah, berhentilah bagi yang belum dan lakukan ibadah di masjid tersebut. Jalan terus sampai menemukan destinasi tempat wisata.

Tak hanya kolamnya saja yang bisa dinikmati disini, anda juga bisa bersua foto di sekitar kolam atau bahkan nyemplung atau memasuki kolam sambil berekspresi di bawah air yang mengalir. Selain air yang sangat jernih pemandangan sekitar tempat wisata sangat natural. Bisa dibilang masuk hitungan lah di upload ke sosial media kalian. 

Mungkin lebih baik bawa gadget anti air atau kantong yang dikhususkan untuk gadget yang bisa di pakai menyelam. Sebab spot foto terbaik adalah pengambilan gambar dari dalam kolam. Bisa jadi tempat wisata ini akan langsung dilirik oleh dinas setempat dengan kekuatan sosial media.

Tiket masuk tempat wisata Pemandian Kalireco



Tak ada biaya maupun tak ada tiket masuk untuk bisa menikmati destinasi wisata ini. Sebab seperti mimin bilang sebelumnya, tempat wisata pemandian kalireco bukanlah destinasi wisata resmi seperti pada umumnya yang dikelola oleh Badan. 

Tapi alangkah baiknya sesama manusia untuk menyumbang seikhlasnya untuk perawatan wisata tersebut. Demi memperbaiki fasilitas yang rusak atau bahkan menunjang perkembangan obyek wisata tersebut seperti membangun beberapa fasilitas yang belum tersedia disana. Mungkin dengan dukungan kalian tempat wisata ini akan lebih berkembang dan lebih menarik untuk dikunjungi oleh semua orang suatu saat nanti. 

Dan mungkin tempat wisata ini menjadi terkenal sehingga dapat dibuka secara resmi menjadi salah satu tempat wisata di Kota Malang.

Jam operasional wisata pemandian kalireco ini dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Meski tempat wisata ini belum diresmikah oleh pemerintah, terdapat juga beberapa fasilitas dasar seperti kamar mandi, toilet dan lahan parkir. Budayakan antri dan jangan saling mendahului agar suasana di tempat wisata menjadi tentram.



Sedikit tips dari mimin jika hendak trip ke wisata pemandian kalireco

  1. Karena tempat wisata ini belum diresmikan oleh dinas pariwisata, sebaiknya anda memarkir kendaraan anda dengan aman. Atau paling tidak cari tempat yang aman untuk memarkir kendaraan anda supaya tidak terjadi hal diluar dugaan. Atau lebih baik lagi kunci ganda kendaraan anda.
  2. Mengingat tempat ini belum resmi, sebaiknya bawa bekal dari rumah atau beli di jalan. Karena bisa jadi belum terdapat warung makan dan minum.
  3. Hindari berkunjung ke tempat ini saat musim hujan. Selain licin juga sangat berbahaya seperti dikhawatirkan anda tersandung oleh benda-benda di area sekitar dan terjatuh dan membuat anda terluka.
  4. Bawa ganti baju seperlunya. Kalau perlu bawa pelampung untuk anak anda berenang.
  5. Jaga kebersihan di sekitar area wisata. Jangan buang sampah sembarangan, bisa-bisa nantinya anda yang di gasak sama warga sekitar karena mencemari lingkungan mereka.
  6. Buang air kecil maupun buang air besar lah dulu sebelum measuki tempat wisata ini, mungkin di pom bensin terdekat atau dirumah saat hendak berangkat. Mengingat tempat ini belum resmi, dikhawatirkan belum tersedianya fasilitas yang memadai
Demikian yang bisa mimin ulas kali ini. Mohon maaf apabila ada kata yang membuat anda tidak begitu menyukai mimin dan membuat anda gundah. Sampai ketemu di artikel berikutnya.




TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments