Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Pesona Ranu Gumbolo Tulungagung

Ranu Gumbolo Tulungagung

Pesona Ranu Gumbolo Tulungagung
Pesona Ranu Gumbolo Tulungagung

Tempat wisata yang murah meriah yang enak di Tulungagung adalah mengunjungi Ranu Gumbolo atau masyarakat biasa menyebut Ranu Kumbolo.

Tempat wisata ini mempunyai nuansa alam yang asri serta udara yang sejuk, membuat para pengunjung hilir mudik datang kesini. Apalagi dalam beberapa tahun yang lalu Ranu Gumbolo Tulungagung resmi menjadi destinasi wisata, sampai-sampai setiap hari selalu ada saja puluhan hingga ratusan pengunjung datang kemari.

Tempatnya yang sejuk angin sepoi sepoi enak untuk bersantai dengan menikmati indahnya alam yang berada disekitar. Adanya gubuk gubuk kecil untuk beristirahat. Tempat ini enak untuk wisata keluarga maupun dengan teman teman.

Beberapa spot-spot yang sering dijadikan berfoto di Ranu Gumbolo Tulungagung ini adalah spot foto Rumah Pohon, karena disitu kalian bisa dengan leluasa melihat pemandangan alam Ranu Gumbolo dengan bebas.

Dulunya wisata Ranu Gumbolo ini memang pernah diperebutkan oleh kedua belah pihak yaitu pihak perhutani dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Perumahan dan Cipta Karya (DPUBMPCK) Tulungagung.

Karena untuk area jalan masuk milik Dinas PU, sedangkan lokasi wisata masuk pihak Perhutani. Namun kedua perusahaan plat merah ini sudah menemui kata sepakat untuk pengelolahan dan pembagian hasil bersama lokasi wisata Ranu Gumbolo, dan untung saja lokasi wisata indah ini tidak menjadi kenangan ya sob.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya tentang wisata Ranu Gumbolo Tulungagung, simak ulasan topwisata.info berikut.

Lokasi wisata Ranu Gumbolo Tulungagung


Lokasi wisata Ranu Gumbolo Tulungagung ini terletak di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66291. Ranu Gumbolo ini terletak di sebelah Waduk Wonorejo.

Lokasinya terletak di Bagian barat pusat kota Tulungagung, dan sobat topwisata harus menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota, atau membutuhkan waktu tempat 20 menit perjalanan.

Harga tiket masuk dan Jam Buka Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung


Harga tiket masuk wisata Ranu Gumbolo Tulungagung ini sebesar Rp 6.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 8.000 per orang untuk hari libur atau weekend. sedangkan untuk parkir kendaraan dihargai sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Jam buka wisata Ranu Gumbolo Tulungagung ini mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00 dan buka setiap hari.

Fasilitas yang ada di Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung


Fasilitas yang ada di Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung ini masih sangat terbatas, karena lokasinya yang berada ditengah hutan, sehingga ketersediaan fasilitas umum masih perlu ditingkatkan. 

Fasilitas tersebut antara lain Kamar Mandi, Mushola, Area Makan, Tempat Istirahat sudah tersedia disini dan itu sudah saya katakan standar minim lah untuk lokasi wisata yang ngehits ini.

Aktifitas dan Keseruan Wisata Ranu Gumbolo Tulungagung


1. Memancing Di Tepi Danau Gumbolo

Untuk para penghobi memanci, bisa mencoba melampiaskan hobinya disini, karena Waduk Wonorejo atau Ranu Gumbolo ini memiliki populasi ikan yang cukup banyak, hal itu juga dikuatkan oleh beberapa orang yang pernah memancing disini, bahwa ikan disini banyak dan beragam ukuran.

2. Jalan Kaki Keliling Hutan Pinus

Ranu Gumbolo dulunya tidak seperti saat ini yang sangat banyak pohon pinus menjulang tinggi, pohon pinus ini adalah berkat reboisasi hutan yang mulai gundul. Dengan adanya reboisasi ini, wisata Ranu Gumbolo menjadi lebih adem dan nyaman.

Disamping itu pula, kalian bisa tracking mengelilingi wisata Ranu Gumbolo yang sudah menghijau karena hutan pinus ini, ya boleh juga sih sambil jogging tipis-tipis.

3. Bersantai Dengan Hammock

Satu lagi manfaat penanam kembali hutan gundul di Waduk Wonorejo atau Ranu Gumbolo ini, yaitu bisa dibuat Hammock atau bahasa jawanya tidur-tidur bergelantung di pohon.

Sobat topwisata bisa menyewa jasa untuk Hammock ini sebesar Rp 5.000 sekali pakai, dan bisa kalian gunakan sampai sobat pulang dari sini. Lumayan bukan ??!!!.

4. Piknik Seharian Atau Camping Ground

Jika sobat topwisata ingin berlama-lama disini, bisa membawa tenda sendiri dari rumah, karena dibeberapa sudut tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan area kamping. Entah itu disamping danau ataupun di tengah hutan pinus, dan hal yang paling penting adalah sobat topwisata harus menjaga kebersihan ya.

5. Berburu Foto Epci di Selfie Deck (Rumah Pohon)

Saat ini kan lagi musimnya berfoto ditempat yang horor atau indah, nah wisata Ranu Gumbolo ini mempunyai salah satu spot tersebut, yaitu spot keindahan alam yang sangat memukau.

Lokasi foto ini terletak di ujung pohon pinus, ditempat itu sudah diberi pondasi kayu yang kokoh dan mampu menampung hingga 3 orang sekaligus. Para pengunjung akan menaiki beberapa anak tangga untuk sampai ke lokasi Selfie Deck Ranu Gumbolo.

Setelah sampai dipuncak, sobat akan merasakan sensasi indahnya Ranu Gumbolo tanpa terhalang benda apapun, dan jangan lupa tetap hati-hati ya untuk berfoto selfie disini.

Galeri Foto Ranu Gumbolo Tulungagung

Hammock Ranu Gumbolo Tulungagung
Hammock Ranu Gumbolo Tulungagung

Tempat Istirahat Ranu Gumbolo Tulungagung
Tempat Istirahat Ranu Gumbolo Tulungagung

Selfie Deck Ranu Gumbolo Tulungagung
Selfie Deck Ranu Gumbolo Tulungagung catperku.com



Bagaimana sobat topwisata, apakah kalian tertarik mengunjungi wisata Ranu Gumbolo Tulungagung ?



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Pesona Ranu Gumbolo Tulungagung
5/ 5
Oleh