Lompat ke konten
Home » Wisata » Ke Wisata Alam Jambi, Coba deh Air Terjun Renah Sungai Besar, HTM, Lokasi, Spot Menariknya

Ke Wisata Alam Jambi, Coba deh Air Terjun Renah Sungai Besar, HTM, Lokasi, Spot Menariknya

Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar adalah air terjun yang berada di Kabupaten Bungo. Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter dan debitnya cukup besar dan jadi destinasi wisata favorit warga sekitar maupun dari luar daerah.

Jambi menyimpan sangat banyak potensi alam yang masih asri, sangat alami, dan belum dijamah oleh banyak wisatawan. Ini karena sebagian objek wisata berada di daerah yang terpencil dan perlu usaha lebih untuk mencapai wisata tersebut.

Tersembunyi dalam hutan belantara, di balik bukit, di balik pegunungan ada sejumlah objek wisata perawan seperti di antaranya Air Terjun Renah Sungai Besar.

Air Terjun Renah Sungai Besar memanglah masih cukup terdengar asing untuk para wisatawan dari luar daerah, tapi tidak untuk masyarakat tinggal di daerah Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

Objek wisata ini lumayan populer serta jadi destinasi favorit untuk masyarakat sekitar. Debit air cukup besar, dan air terjun yang cantik dan menawan jadi daya tarik wisatawan untuk melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran saat akhir pekan.

Air Terjun Renah Sungai Besar secara administratif berada di Desa Renah Sungai Besar, Kec. Limbur Lubuk Mengkuang, Kab. Bungo, Jambi.

Untuk dapat menikmati keindahan dan keelokan air terjun ini, para wisatawan paling tidak harus tempuh jarak sekitar 80 km dari pusat Kabupaten Bungo. Jarak itu bisa ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Wisatawan dapat memakai kendaraan roda dua maupun roda empat untuk bisa ke Air Terjun Renah Sungai Besar. Kondisi jalan menuju ke Desa Renah Sungai Besar dari pusat Kabupaten Bungo pun cukup baik dan sudah beraspal mulus.

Akan tetapi, sesampainya di Desa Renah Sungai Besar, wisatawan harus parkir kendaraan lalu jalan kaki untuk melanjutkan perjalanan. Paling tidak pengunjung harus jalan kaki kurang lebih 30 menit sebelum sampai air terjun.

Pesona dari Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar1
Air Terjun Renah Sungai Besar1

Selama perjalanan ke air terjun, pengunjung tak akan dibuat bosan dikarenakan suguhan pemandangan sekitar yang masih asri karena pepohonan hijau di kiri dan kanan jalan setapak.

Baca Juga :  Asiknya Wisata Di Kebun Teh Sukawana Lembang

Di perjalanan, Anda akan menjumpai tujuh jembatan harus diseberangi. Udara segar dan sejuk pun senantiasa menemani saat berjalan menuju air terjun.

Perjalanan menuju air terjun memang cukup melelahkan, tapi akan terbayar lunas saat Anda melihat air terjun dengan gemuruh air yang deras.

Seketika udara dingin yang menusuk tulang, ketika wisatawan sampai di air terjun. Tidak jarang, akan dijumpai anak-anak yang asyik melompat ke sungai dari bebatuan di sekitar air terjun dan berenang.

Air Terjun Renah Sungai Besar mempunyai ketinggian hingga mencapai 30 meter dan ada kolam alami di bawahnya. Kedalaman kolam hanya sekitar 2 meter sehingga aman untuk wisatawan berenang atau untuk sekedar mandi.

Airnya pun segar dan jernih, lelah Anda ketika jalan kaki menuju ke lokasi air terjun akan terasa hilang saat Anda berendam di bawah air terjun.

Sebetulnya, di wilayah Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang terdapat 3 air terjun yang memiliki keindahan memukau.

Namun sayangnya, akses menuju ke lokasi cukup sulit. Hal itulah yang menjadi penghalang para wisatawan untuk dapat berkunjung ke destinasi wisata yang terdapat di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

Sekarang ini, pengunjung datang di wisata Air Terjun Renah Sungai Besar kebanyakan masih masyarakat setempat, dan luar daerah. Bukan tidak mungkin apabila dikelola dengan profesional, destinasi wisata satu ini bisa berikan pendapatan daerah.

Air Terjun Renah Sungai Besar menawarkan pesona alam yang masih alami, lestari, dan terjaga. Deburan air jatuh mengenai batu-batu, akan menentramkan jiwa siapapun yang datang berkunjung.

Udara segar bebas polusi, dan kicauan burung-burung menambah kesempurnaan tempat wisata satu ini.

Beberapa Fasilitas Air Terjun Renah Sungai Besar

fasilitas Air Terjun Renah Sungai Besar
fasilitas Air Terjun Renah Sungai Besar

Namun sayangnya, fasilitas tersedia di destinasi wisata Air Terjun Renah Sungai Besar tidak sebanding dengan keindahan alam ditawarkan.

Masih minim sekali fasilitas yang dapat ditemukan oleh wisatawan, hanya ada bangunan sederhana untuk ganti baju yang terletak di dekat air terjun. Di wisata ini pun belum ada toilet, tempat parkir, dan mushola memadai.

Baca Juga :  Taman Batu Cijanun Purwakarta : Mandi ditengah Hamparan Hijau Persawahan

Biasanya, pengunjung air terjun menitipkan kendaraan mereka di rumah-rumah milik warga desa paling dekat. Untuk pengunjung muslim yang akan ibadah, dapat memakai mushola di Desa Renah Sungai Besar. Pada sekitar air terjun pun belum ada pedagang yang jual makanan atau minuman, jadi ada baiknya wisatawan bawa bekal sendiri ataupun beli di desa paling dekat.

Jika wisatawan akan menginap, ada pilihan hotel atau penginapan yang dapat dipilih pada sekitar Muaro Bungo.

Setidaknya terdapat 5 hotel bintang 1 sampai bintang 3 yang dapat dipakai bermalam. Jika sedang berada di Kabupaten Bungo, Anda tak ada salahnya berkunjung dan menengok keindahan wisata Air Terjun Renah Sungai Besar.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan Saat di Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar2
Air Terjun Renah Sungai Besar2

Berikut ini sejumlah aktivitas seru yang dapat dilakukan saat Anda berwisata di air terjun ini.

  • Menikmati Keindahan dari Air Terjun Renah Sungai Besar

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Renah Sungai Besar, Anda akan diperlihatkan pesona air terjun yang menawan lengkap dengan gemuruh air yang jatuh dari atas tebing. Di sini Anda dapat sepuasnya menikmati keindahan dan kesegaran air terjun dengan mandi serta berenang bersama dengan anak-anak kecil dari desa setempat. Air jernih dan segar, mampu untuk merelaksasikan tubuh dan mengembalikan semangat.

Jangan lupa Anda pun dapat menikmati refleksi tubuh alami dengan berdiri di bawah air terjun serta merasakan air jatuh dan membasahi seluruh tubuh. Pemandangan di sekitar yang dipenuhi oleh pepohonan hijau, terlihat asri dan juga menambah keindahan air terjun. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda melepas penat, dan juga menghilangkan pikiran yang stres.

  • Hunting Foto

Untuk para pecinta fotografi, destinasi wisata ini juga dapat dipakai sebagai tempat untuk hunting foto. Wisata air terjun ini tawarkan berbagai macam objek yang indah, untuk Anda bidik memakai kamera. Anda pun dapat mengabadikan keindahan alam sekitar yang masih alami dan asri, dan terjaga dari tangan-tangan orang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Eksotisme Air Terjun Toroan rasa pantai di Sampang

Dengan Anda menelusuri sekitaran air terjun, Anda bisa temukan berbagai spot terbaik untuk mengabadikan atau memotret keindahan alam. Keindahan air terjun pun dapat dipakai sebagai latar belakang, untuk yang memiliki hobi memajang foto di akun sosial media. Pastinya, destinasi wisata ini cukup instagenic serta bisa hasilkan foto menarik.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Renah Sungai Besar

Untuk bisa memasuki Air Terjun Renah Sungai Besar, para pengunjung tak dipungut biaya apapun.

Tips Berlibur di Air Terjun Renah Sungai Besar

  • Jangan memaksakan untuk datang apabila cuaca sedang hujan, karena jalanan akan licin sekali.
  • Hati-hatilah saat jalan kaki ke lokasi air terjun, dikarenakan jalan cukup ekstrim.
  • Bawa baju ganti saat Anda ingin mandi dan renang di air terjun.
  • Minta izin lebih dulu ketika akan menitipkan kendaraan pada halaman rumah warga.
  • Jaga kebersihan air terjun, dengan buang sampah di tempatnya.
  • Jaga kelestarian air terjun, serta jangan merusak semua di dalamnya.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan