Lompat ke konten
Home » Wisata » Tempat yang Terbaik untuk Menikmati Pesona Keindahan Bukit Serelo di Bukit Besar Lahat

Tempat yang Terbaik untuk Menikmati Pesona Keindahan Bukit Serelo di Bukit Besar Lahat

Puncak Bukit Besar (1)

Pesona Keindahan Bukit Serelo

Bukit Besar Lahat atau disebut juga Bukit Besak adalah salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Wisata ini menjadi primadona di kalangan anak muda.

Bukit Besar Lahat menjadi salah satu tempat yang terbaik untuk nikmati keindahan ikon Lahat, yakni Bukit Serelo. Maka, tak perlu heran jika ketika liburan tiba jumlah pengunjung yang berkemah di bukit ini dapat mencapai hingga 1000 orang.

Adapun hasil pendapatan tiket masuk wisata Bukit Lahat dibagi-bagi untuk karang taruna dan kemanfaatan desa. Inilah ulasan singkat yang sudah disiapkan untuk Anda.

Pesona Keindahan Wisata Bukit Besar

Puncak Bukit Besar3
Puncak Bukit Besar3

Untuk Anda yang belum pernah naik gunung, berwisata ke bukit atau puncak gunung dimulai dari perjalanan atau pendakian pertama hingga ke titik lokasi dituju. Jadi, tak hanya bertumpu di lokasi puncak saja.

Bukit Besar Lahat tak begitu tinggi, hanya sekitar 1700 mdpl dengan waktu tempuh pendakian dari bawah hingga ke puncak kurang lebih 3 jam.

Ketika sudah sampai puncak Bukit Besar Lahat, maka pengunjung akan disajikan langsung oleh ikon Kabupaten Lahat, yakni Bukit Serelo berbentuk khas serta ikonik.

Dahulu, cuaca di bukit ini sangat sejuk. Namun sekarang karena orang kurang bertanggung jawab dalam mempertimbangkan kelestarian alam, cuaca di sana menjadi sedikit panas.

Namun, cuaca malam ketika berkemah akan terasa sejuk serta saat mulai dekat subuh terasa sangat dingin. Jadi, Anda harus bawa jaket.

Jalur Pendakian ke Puncak Bukit Besar

Perjalanan pendakian akan diiringi oleh pemandangan hamparan hijau persawahan milik warga setempat. Setelahnya, keseruan akan berlanjut ketika melewati jembatan gantung yang hubungkan persawahan dan perkebunan.

Jalan dari pendakian pertama hingga shelter 1 kondisinya masih cukup bagus karena telah berbentuk coran. Namun, jangan sampai Anda merasa lengah juga, karena kadang-kadang coran pun bisa menjadi licin sekali.

Sampai di shelter 1, ada sebuah pos atau warung yang menyajikan kebutuhan bagi penjelajah dari makanan sampai perlengkapan mandi.

Lalu, mulai perjalanan menuju ke shelter 2. Track yang dilalui lebih menegangkan dibandingkan jalur pendakian yang sebelumnya.

Baca Juga :  Sawah Kreasi Sleman, wisata Kreatif menggambar di sawah

Anda akan melalui jalan bebatuan, hutan, dan jalur-jalur yang haruskan wisatawan untuk selalu hati-hati hingga sampai shelter 2.

Dari pos 2, perjalanan kian dekat dengan puncak bukit. Rasakan sendiri bagaimana sensasi setelah sampai puncak Bukit Besar Lahat.

Hamparan pemandangan di bawah bukit akan memanjakan mata Anda. Rumput-rumput yang hijau dengan udara pegunungan yang khas, terlebih ketika malam tiba. Lampu kota yang tampak kelap-kelip jadi keindahan tersendiri yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Sejarah Bukit Besar Lahat atau Bukit Besak

Biasanya pada satu lokasi wisata terdapat satu sejarah atau legenda saja. Sangat jarang sejarah dan legenda ada di satu lokasi.

Beda dengan Bukit Besar, di objek wisata ini terdapat aspek sejarah dan legenda, sehingga lokasi ini layak sekali untuk menjadi wisata sejarah semua kalangan.

Sejarah:

Ada sebuah goa di area Bukit Besar yang pernah dipakai oleh masyarakat untuk berlindung dan bersembunyi dari penjajah Belanda. Nama goa tersebut, yakni Goa Putri.

Goa tersebut sulit sekali dimasuki karena kondisinya gelap sangat sulit serta telah dipenuhi sarang kelelawar. Sehingga bau kotorannya sangat menyengat dan menyesakkan pernapasan.

Dalam goa tersebut pun ada ruangan-ruangan saling terhubung. Namun ruangan tersebut tidak dibangun oleh manusia, tapi terjadi karena proses alam.

Legenda atau Mitos Bukit Besar Lahat:

Ada sebuah batu menjulang di tepi Bukit Besak. Batu tersebut posisinya bertumpuk. Dari legenda atau mitos berkembang di masyarakat Merapi Selatan, bahwa batu itu adalah seorang putri dan seekor anjing yang dikutuk jadi batu.

Diceritakan ada seorang putri yang duduk termenung dan bersedih ditemani oleh anjingnya. Namun secara tiba-tiba anjing (maaf) menggagahi si putri. Sebab kejadian itu, pada akhirnya mereka dikutuk jadi batu, yang sekarang disebut dengan nama Batu Puteri.

Tentunya sebuah legenda / mitos erat sekali dengan pesan moral serta hikmah di dalamnya. Serta legenda ini adalah bagian khazanah masyarakat nusantara.

Lokasi dan Alamat Bukit Besar Lahat

Lokasi serta alamat Gunung Besar berada di Desa Lubuk Pedaro Merapi Selatan, Merapi Selatan, Lahat, Sumatera Selatan.

Baca Juga :  Ke Ngawi, Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Suwono

Rute Menuju ke Wisata Bukit Besar Lahat atau Bukit Besak

Puncak Bukit Besar
Puncak Bukit Besar

Rute menuju ke wisata Bukit Besar Lahat atau Bukit Besak dapat ditempuh dengan 3 cara jika Anda berangkat pertama dari Palembang.

Cara pertama yakni dengan naik kereta api dari Stasiun Kertapati – Lahat. Biaya tiket per orang sebesar Rp. 35.000. Lalu, lanjutkan menaiki angkutan umum atau angkutan pedesaan. Tarif ditawarkan dengan harga pembuka, yakni Rp. 20.000 per orang.

Cara kedua naik bus umum dari terminal Kertajaya ke Lahat. Adapun tarif ongkosnya sebesar Rp. 50.000 per orang. Lalu, dilanjutkan dengan menaiki angkutan umum atau angkutan pedesaan. Tarif ditawarkan mulai dari Rp. 20.000 per orang.

Cara ketiga dengan naik travel. Harganya sedikit mahal, tapi untuk kenyamanan serta kecepatan, travel menjadi pilihan cocok. Biasanya biaya untuk travel berkisar dari Rp. 70.000 – Rp. 90.000 per orangnya.

(Harga-harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu).

Jarak tempuh dari arah Palembang ke Lahat dapat menghabiskan waktu hingga 5 jam perjalanan. Sebab jarak Palembang ke lahat adalah sekitar 223 kilometer.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Besar Lahat

Harga tiket masuk ke wisata Bukit Besar tahun, yakni Rp. 5.000 per orang. Harga tiket itu sama baik saat libur ataupun di hari-hari biasa.

Jam Operasional Wisata Bukit Besar

Bukit Besar Lahat atau Bukit Besak buka selama 24 jam dari hari Senin – Minggu.

Penginapan di Sekitar Wisata Bukit Besar

Puncak Bukit Besar2
Puncak Bukit Besar2

Bagi Anda yang tak memiliki rencana berkemah di Bukit Besar, maka Anda dapat menginap di lokasi yang terdekat dengan wisata Bukit Besar.

Jaraknya tak lebih dari 5 km antara Bukit Besar dengan penginapan. Harga ditawarkan pun sangat bersahabat, di mana rata – rata di bawah Rp. 200.000. Cukup terjangkau, bukan?

Namun, harga tersebut dapat berubah kapan saja tergantung kebijakan berlaku.b

Tips Berwisata ke Wisata Bukit Besar

Puncak Bukit Besar1
Puncak Bukit Besar1

Mayoritas kunjungan ke objek wisata Bukit Besar adalah berkemah. Sangat jarang pengunjung yang tidak mencoba berkemah ketika ke bukit tersebut, salah satu yang menjadi pertimbangan tentunya waktu pendakian bukit yang memang cukup menyita waktu.

Baca Juga :  Pemandian Kalireco Malang, Segar Alami untuk Hilangkan Penat

Berdasarkan hal itu, maka inilah sejumlah tips untuk Anda yang akan berwisata ke destinasi wisata Bukit Besar:

  • Pastikan cuaca ketika Anda berwisata di objek wisata ini sangat mendukung.
  • Selama perjalanan, jangan sungkan untuk tawarkan harga, apalagi biaya transportasi yang cukup kemahalan.
  • Pastikan kondisi fisik fit dan sehat, karena Anda akan mendaki ke atas bukit.
  • Pastikan pula Anda bawa jaket dan selimut ketika akan berkemah di Bukit Besar Lahat.
  • Cek semua perlengkapan serta logistik, jangan sampai ada barang tertinggal, termasuk obat-obatan dibutuhkan.
  • Jangan sampai Anda merusak alam sekitar serta jangan buang sampah secara sembarangan.
  • Utamakan selalu keselamatan serta kenyamanan berwisata.

Penutup

Berwisata ke wisata alam apalagi berkemah di sana meskipun hanya semalam nyatanya bisa menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda dari segala kepenatan pekerjaan dan kehidupan di dunia perkotaan.

Wisata Bukit Besar Lahat atau Bukit Besak hadirkan suasana serta keindahan sangat recommended untuk Anda yang mumet dengan hiruk pikuk kesibukan pekerjaan dan dunia kota.

Nikmatilah dan rasakan sensasi keindahan alam sekitar Bukit Besar yang memanjakan. Selamat berlibur!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info