Lompat ke konten
Home » Wisata » Liburan ke Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Taman Sungai Mudal

Liburan ke Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal6 (1)

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal merupakan salah satu ekowisata yang ada di Yogyakarta. Objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat habiskan waktu liburan. Berpetualang dan juga menikmati keindahan alam memanglah jadi daya tarik yang tersendiri.

Anda merasa jenuh dengan suasana perkotaan serta padatnya pekerjaan atau aktivitas sehari-hari tentu akan membuat Anda tak sabar untuk liburan. Sajian alam mempesona Taman Sungai Mudal dapat mengobati rasa bosan dan jenuh Anda dengan rutinitas yang menyibukkan.

Ada banyak keunikan yang eksotis menarik untuk dinikmati oleh Anda di Yogyakarta. Objek wisata Taman Sungai Mudal hadir bernuansa ekowisata yang anti mainstream di daerah Yogyakarta.

Berikut ini adalah ulasan mengenai objek wisata Taman Sungai Mudal yang dapat dijadikan sebagai referensi dan juga di dalam menggali informasi wisata.

HTM (Harga Tiket Masuk) Taman Sungai Mudal

Untuk dapat menikmati sajian pesona wisata alam di daerah Jogja, Anda tak harus membayar mahal, tapi keindahan ditawarkan juga tak murah. Salah satu wisata alam yang bisa menjadi destinasi liburan adalah Taman Sungai Mudal yang memiliki sejuta pesona.

Jangan khawatir dengan kantong Anda yang akan menjadi kering. Anda tak harus merogoh kocek terlalu dalam karena harga tiket masuk Taman Sungai Mudal cukup terjangkau, yakni Rp. 10.000 per orang. Murah sekali, bukan? Namun, harga tersebut dapat berubah kapanpun sesuai dengan ketentuan dan kebijakan pengelola.

Sementara, untuk biaya tambahan perlu dikeluarkan adalah retribusi tiket parkir kendaraan, yakni Rp. 2.000 untuk kendaraan motor dan Rp. 3.000 untuk kendaraan mobil. Biaya parkir ini juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi objek wisata di tengah hutan menyuguhkan pemandangan pepohonan hijau yang asri dan sejuk.

Rute dan Alamat Lokasi

Lokasi objek wisata Taman Sungai Mudal berada di tengah hutan yang kondisinya masih asri. Tepatnya, objek wisata ini berada di Kulon Progo. Berada di tengah hutan membuat keindahan alam yang ditawarkan juga masih alami. Saat Anda punya rencana untuk mengunjungi destinasi wisata ini, berikut ini adalah alamat lengkapnya.

Taman Sungai Mudal berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Bila Anda ingin mengunjunginya, Anda bisa berangkat dari pusat Kota Jogja dengan kendaraan. Jarak tempuhnya sekitar 31 km dengan waktu tempuh selama 60 menit.

Rute perjalanan dapat ditempuh dari Kota Jogja adalah menuju ke barat arah Jalan Godean sampai tiba di area pasar. Lalu, Anda akan melewati jembatan Sungai Progo sampai di pertigaan, lalu belok kanan ke arah Goa Kiskendo.

Baca Juga :  TopWisata Kutai Timur Eksotis

Ikutilah jalan ke Goa Kiskendo, sampai tiba pada pertigaan hutan pinus, lalu belok ke kiri. Selanjutnya, perjalanan dapat dilanjutkan dengan ikuti petunjuk arah ke Taman Sungai Mudal. Akses jalan cukup terjal dan naik-turun, sehingga Anda sebaiknya lebih hati-hati.

Jam Operasional Wisata Taman Sungai Mudal

Anda dapat mengunjungi objek wisata ini kapanpun, karena Taman Sungai Mudal dibuka tiap hari mulai jam 08.30-15.15 WIB. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Taman Sungai Mudal, pastikan datang ketika cuaca cerah.

Destinasi wisata alam ini bisa dikunjungi ketika weekdays ataupun weekend bersama dengan sahabat, teman, keluarga atau pasangan. Banyak wisatawan dari luar kota yang berkunjung ke objek wisata alam ini.

Daya Tarik Wisata Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Taman Sungai Mudal

Tempat wisata di Jogja satu ini mempunyai sejumlah daya tarik yang tentunya menarik. Seperti pemandangan sungai yang memukau dan unik hingga menyediakan tempat rekreasi berupa kolam pemandian alami, air terjun, wahana bermain, taman, dan lain sebagainya.

Tempat liburan yang berbasis alam ini ramai sekali dikunjungi, terutama anak-anak muda yang suka berenang. Main air memanglah jadi aktivitas yang menyenangkan dan favorit pengunjung.

Wisata yang ada di Jogja ini mulai dibuka di tahun 2011. Sumber mata air Sungai Mudal asalnya dari goa yang punya air sangat jernih.

Lalu, potensi alam besar itu dimanfaatkan menjadi objek wisata sampai sekarang. Di Sungai Mudal ada pula air terjun berundak yang airnya jernih, bersih, dan warnanya hijau lumut. Namun, ada pula warna air yang sangat biru seperti diberikan bahan kimia tambahan, padahal warna air memang seperti itu.

Nikmatilah liburan yang seru di objek wisata Taman Sungai Mudal, karena akan ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia

Berikut ini sejumlah fasilitas wisata yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke objek wisata Taman Sungai Mudal Jogja bersama dengan teman atau keluarga:

  • Warung makan
  • Area parkir kendaraan
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Kamar mandi

Fasilitas wisata yang cukup minim tak akan membuat keseruan serta pengalaman liburan anda menjadi kurang berkualitas.

Spot Wisata yang Ada di Taman Sungai Mudal

Sangat banyak aktivitas yang dapat dilakukan saat berkunjung ke objek wisata Taman Sungai Mudal. Berikut ini adalah beberapa spot wisata menarik untuk Anda nikmati:

  • Nikmati Taman Ekowisata Mempesona
Taman Sungai Mudal2
Taman Sungai Mudal2

Wisata alam Taman Sungai Mudal dapat jadi obat kangen liburan. Nikmatilah pesona dan suasana menenangkan alam yang masih alami. Hutan yang masih hijau dengan sungai jernih akan berikan sensasi liburan tidak terlupakan.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Kebun Teh Alahan Panjang Sumatera Barat

Anda akan disuguhkan air sungai berwarna hijau kebiruan yang sangat eksotis. Air sungai akan semakin tampak indah saat terkena sinar matahari.

Ada juga spot air terjun berundak yang dialiri air deras. Di sini Anda bisa mengabadikan momen-momen berharga bersama teman atau keluarga. Sebab, sangat disayangkan jika Anda tidak selfie atau berswafoto di tempat wisata ini. Mempunyai banyak spot fotografi estetik serta sangat kekinian, dapat dijadikan sebagai bahan unggah feed atau story instagram. Nikmati juga pemandangan alam yang masih sejuk dan asri karena lokasi objek wisata yang berada di daerah pegunungan.

  • Berenang di Kolam Air yang Jernih
Taman Sungai Mudal3
Taman Sungai Mudal3

Rasakanlah kesegaran air di wisata Taman Sungai Mudal. Air yang segar akan membuat pikiran penat Anda kembali fresh. Berwisata di sini tak akan puas jika Anda belum menceburkan diri dan juga berbasah-basahan sambil main air. Tentunya aktivitas berenang dan juga bermain air akan sangat seru, terlebih jika bersama dengan teman-teman atau keluarga.

Untuk Anda yang suka kegiatan berenang, sangat bisa untuk mencoba kejernihan air Taman Sungai Mudal yang sangat eksotis. Gradasi unik warna air akan membuat wisatawan menjadi penasaran bagaimana rasanya main air di sungai tersebut.

Sementara, untuk Anda yang tidak pandai berenang, Anda dapat menyewa pelampung untuk menjadi pengaman agar tak tenggelam. Tidak perlu khawatir, ada juga pemandu yang akan bantu Anda jika kesulitan.

  • Mencoba Berbagai Wahana yang Seru
Taman Sungai Mudal4
Taman Sungai Mudal4

Ketika berwisata ke Sungai Mudal, Anda akan disajikan sejumlah wahana menarik serta menantang patut dicoba. Ada wahana Flying Fox yang menjadi favorit pengunjung anak-anak sampai dewasa.

Wahana yang penuh tantangan satu ini akan bawa pengunjung meluncur dari ketinggian ke titik pemberhentian yang telah ditentukan. Anda bisa merasakan seperti sedang terbang di udara saat menaiki wahana Flying Fox ini, tentunya dengan dikelilingi pemandangan alam yang mempesona.

Tak hanya itu, Anda pun dapat mencoba Zip Bike, yakni wahana bersepeda di atas seutas tali dari ketinggian yang tertentu. Menaiki wahana ini akan membuat pengunjung merasakan seperti bersepeda di atas awan yang butuh keberanian karena wahana ini tidak kalah menantang.

Baca Juga :  Seru, Wisata Alam Air Terjun Coban Rondo

Ada juga wahana permainan Tree Top untuk anak-anak. Wahana ini aman dan dilengkapi pemandu sehingga para orang tua tidak perlu merasa khawatir.

  • Outbond dan Camping
Taman Sungai Mudal5
Taman Sungai Mudal5

Pengalaman liburan berkualitas dan juga tidak terlupakan di wisata Taman Sungai Mudal adalah dengan mencoba aktivitas camping atau berkemah. Suasana malam di tempat wisata akan berikan Anda zona paling nyaman dengan suasana menenangkan.

Anda pun dapat mencoba kegiatan outbond dengan keluarga, teman atau rombongan lain untuk bersenang-senang bersama. Tentunya, banyak kegiatan serta permainan yang seru akan membuat waktu outbond Anda kian mengesankan.

Tips Berkunjung ke Wisata Taman Sungai Mudal

Untuk berikan kualitas liburan yang bagus dan tak terlupakan di Sungai Mudal Kulon Progo, berikut ini ada sejumlah tips liburan untuk Anda:

  • Waktu terbaik ke objek wisata Taman Sungai Mudal adalah pagi hari. Jika ingin camping, datanglah saat sore hari.
  • Bawalah bekal konsumsi dari luar karena fasilitas warung makan masih cukup jarang di sini.
  • Bawalah baju ganti jika ingin berenang.
  • Siapkan kamera untuk abadikan momen liburan.

Tetaplah hati-hati saat liburan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan juga membantu agenda liburan Anda di Kota Jogja. Jangan lupa untuk mampir ke objek wisata lain di Jogja yang tak kalah menarik.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan