Lompat ke konten
Home » Video » Gunung Kidul Punya Banyak Pantai Cantik, Pantai Mesra dengan Tebing Karang Indah Salah Satunya

Gunung Kidul Punya Banyak Pantai Cantik, Pantai Mesra dengan Tebing Karang Indah Salah Satunya

pantai mesra gunungkidul (1)

Pantai Mesra

Ketika berwisata dan berlibur ke Jogja, perhatian Anda pasti akan langsung tertuju ke wisata Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Malioboro. Padahal di Jogja ada sangat banyak destinasi wisata yang menarik dan pastinya patut dikunjungi juga.

Kawasan Gunung kidul adalah wilayah yang memiliki koleksi pantai paling banyak di Jogja. Salah satunya adalah Pantai Mesra yang dikenal juga dengan sebutan Pantai Ngrawe. Pantai satu ini sekarang menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan untuk liburan.

Banyak wisatawan yang membicarakan tentang keindahan alam serta keunikan Pantai Mesra Gunung Kidul. Ramainya perbincangan para wisatawan tersebut hingga merekomendasikan untuk berkunjung ke pantai ini dan membuatnya menjadi viral di media sosial beberapa waktu terakhir.

Daya Tarik Wisata Pantai Mesra

Keindahan alam yang Pantai Mesra suguhkan mampu untuk mempesona mata siapa saja yang datang dan melihatnya. Tak hanya panorama alam indah, pantai ini pun tawarkan konsep pantai yang beda dari pantai pada umumnya, sehingga membuatnya mempunyai daya tarik tersendiri.

  • Panorama Pantai yang Indah
pantai mesra gunungkidul1
pantai mesra gunungkidul1

Pantai Mesra sudah menjadi primadona wisata pesisir pantai Gunung Kidul. Keindahan alam yang disuguhkan luar biasa dan tak ada duanya.

Pemandangan laut yang biru seluas mata memandang dilengkapi pasir putih halus pada sepanjang bibir pantai pastinya menjadi pemandangan elok yang mampu manjakan mata para pengunjung yang melihat. Batu-batu karang yang ada di sekitar pantai membuat nilai estetika pantai semakin tinggi.

Para wisatawan akan dibuat betah lama-lama di wisata pantai ini karena suguhan panorama alam nan asri yang dimiliki. Pepohonan dan dedaunan pandan seolah semakin melengkapi kesempurnaan dan keindahan lukisan alam ini.

  • Ombak Laut yang Tenang
pantai mesra gunungkidul2
pantai mesra gunungkidul2

Untuk Anda yang suka dan gemar bermain air di pantai, maka Pantai Mesra cocok sekali untuk anda. Ombak di pantai ini cukup tenang dan bersahabat, jadi aman untuk menjadi arena bermain air bersama dengan keluarga dan teman. Deburan ombak yang tak begitu kencang dapat dipakai menjadi tempat berendam serta bersantai.

  • Taman pada Pinggiran Pantai
pantai mesra gunungkidul3
pantai mesra gunungkidul3

Beda dari pantai lain, Pantai Mesra memiliki konsep tersendiri yang membuat panorama alam yang dimiliki semakin cantik. Sebagian orang ketika diajak untuk liburan ke pantai tentu yang akan dibayangkan adalah ombak pantai dan pasir putihnya. Ketika Anda berkunjung ke pantai yang sedang populer ini justru pemandangan lainnya yang akan wisatawan temui.

Tak hanya pasir putih serta ombak tenang yang disajikan, tapi Anda akan juga disuguhkan dengan pemandangan taman cantik yang ada di pinggiran laut. Rumput hijau yang menghampar cukup luas, seperti pemandangan berbagai taman umumnya.

Rumput hijau seperti karpet terbentang luas, ditambah lagi menjadi semakin dengan adanya bangku-bangku putih tersebar pada area taman ini. Lalu, ada pula beberapa gazebo mengelilingi taman sehingga menambah kesan yang apik pada area ini.

  • Tebing Karang Indah dan Cantik
Baca Juga :  Liburan ke Bima NTB, Mampirlah ke Pulau Kelapa

Salah satu hal yang membuat Pantai Mesra menjadi hits adalah adanya tebing karang besar yang menjulang tinggi dan indah. Ditambah lagi ombak yang menyapu tebing karang dan mengenai sisinya ciptakan karya yang semakin indah.

Keunikan batu karang menjadikannya sebagai ikon dari Pantai Mesra. Tidak heran apabila para wisatawan yang datang selalu berbondong-bondong untuk bisa abadikan momen dan berfoto dengan batu karang ini sebagai latarnya.

  • Berbagai Spot Foto yang Instagenic
pantai mesra gunungkidul4
pantai mesra gunungkidul4

Keindahan serta keunikan Pantai Mesra tentunya sangat sayang jika sampai tidak Anda abadikan. Pemandangan alam sekitar yang indah dan mempesona tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Banyak wisatawan yang berburu foto ketika berkunjung ke pantai populer ini.

Anda akan jumpai beragam spot foto yang siap untuk memperindah hasil bidikan, dari pemandangan pantai dengan air yang biru, batu karang eksotis, sampai taman asri. Pesona alam pantai keren ini pastinya akan membuat hasil foto semakin tampak estetik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Mesra

Lokasi wisata ini cukup strategis sebab mempunyai jarak cukup dekat dengan Pantai Kukup serta Pantai Baron. Bahkan Anda pun bisa mampir ke Pantai Kukup dahulu sebelum menuju ke Pantai Mesra.

Pantai yang sedang viral ini berada di Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak Pantai Mesra dengan pusat Kota Gunungkidul sekitar 22 km. Sementara, jarak pantai dengan pusat Kota Yogyakarta kurang lebih sejauh 62 km.

Jalanan menuju ke wisata keren ini dapat dikatakan cukup mudah. Anda dapat mengendarai kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil untuk datang ke wisata pantai ini.

Jika Anda mengendarai mobil, waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Mesra sekitar 30 menit dari Pusat Kota Yogyakarta. Sedangkan jika Anda menggunakan kendaraan roda dua membutuhkan waktu tempuh cukup lama untuk sampai ke lokasi wisata, yaitu sekitar 1 jam 28 menit.

Rute yang dapat ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta adalah dari Imogiri lalu menuju ke Wonosari, setelahnya Anda ke Panggang. Lalu, setelah tiba di Panggang, Anda hanya perlu untuk ikuti jalur Pantai Selatan menuju Ngepung.

Untuk masuk ke dalam kawasan wisata pantai, Anda perlu melewati gerbang retribusi Pantai Baron dahulu dan bayar tiket di sana. Lalu, Anda hanya perlu untuk ikuti petunjuk jalan yang akan antarkan Anda ke Pantai Mesra.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Mesra

Pesona keindahan di Pantai Mesra ini bisa didapatkan hanya dengan harga terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk masuk dan juga menikmati keindahan alam pantai ini. Namun, harga tiket masuk tersebut belum termasuk harga fasilitas lainnya di pantai.

Baca Juga :  Treasure Bay Bintan, Waterpark terbesar Asia Tenggara

Anda masih harus bayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk mobil serta Rp 3.000 untuk motor. Jadi, dengan total Rp 15.000 atau Rp 13.000, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas dan eksotisme Pantai Mesra, yang pastinya cocok sekali bagi Anda yang ingin liburan dengan biaya terjangkau.

Berbagai Aktivitas Seru Bisa Dilakukan di Wisata Pantai Mesra

  • Bermain Pasir dan Air

Hal terseru ketika wisata ke pantai adalah bermain pasir pantai dan juga air laut. Anda bisa membuat bangunan kerajaan dari pasir putih, dan lalu Anda bisa bermain air dengan teman atau keluarga yang tentunya menambah keseruan liburan.

Walaupun wisata Pantai Mesra cukup aman untuk berbagai kegiatan di bibir pantai, Anda pun tetap harus hati-hati. Sebab, ombak besar terkadang datang saat kondisi laut pasang, sehingga bisa membahayakan para pengunjung.

  • Bersantai di Taman

Untuk Anda yang tak ingin main basah-basahan pun dapat bersantai di taman yang ada di kawasan pantai. Anda bisa duduk-duduk santai di bangku-bangku putih yang tersedia. Semilir angin pantai yang sejuk akan membuat Anda semakin merasa nyaman serta betah untuk bersantai di sini.

Gazebo-gazebo mengelilingi taman cocok sekali untuk menjadi tempat bersantai serta menikmati berbagai cemilan bersama dengan teman atau keluarga. Bercengkerama dan bersenang-senang bersama dengan teman dan keluarga sambil menikmati makanan serta minuman ringan pastinya akan menambah kehangatan saat berkumpul.

Bagi Anda yang senang dengan ketenangan, Anda dapat mencoba untuk duduk di bangku taman sambil menikmati rerumputan yang hijau dan pantai yang biru. Bersantai di taman hijau dengan sajian keindahan laut sangat menawan, sambil menikmati semilir angin pantai yang lembut dan sejuk akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

  • Berfoto dan Berselfie Ria

Eksotisme dan keindahan Pantai Mesra membuat wisatawan berkunjung secara berbondong-bondong untuk berburu atau hunting foto di sini. Tiap sudut pantai keren ini dapat dijadikan sebagai spot foto kece.

Tak hanya pemandangan pantai indah, ikon pantai berupa tebing batu pun dapat dijadikan sebagai spot foto menarik. Berpose dengan ikon pantai hits ini pastinya akan membuat postingan di media sosial Anda akan semakin sempurna.

Selain itu, latar taman pada pinggir pantai ini pun cocok sekali untuk spot berfoto. Berfoto di taman berlatar belakang laut akan semakin membuat foto Anda berbeda dari lainnya.

  • Menikmati Pemandangan Sunset dan Sunrise
pantai mesra gunungkidul5
pantai mesra gunungkidul5

Pantai cantik dan indah yang terkenal dengan taman hijau serta batu karang ini pun mempunyai pesona lain yang tak kalah indah dan menawan. Pemandangan indah sunrise dan sunset Pantai Mesra pastinya akan memukau siapapun yang melihatnya.

Untuk Anda pecinta matahari terbit dan senja harus coba berkunjung ke pantai populer ini untuk nikmati keindahan fenomena kegiatan matahari yang ada. Anda tentu akan dibuat terpesona dan terpukau dengan keindahan di momen yang terbaik ini.

Baca Juga :  Dynasty Water World, Wisata Air GKB Gresik

Ketika matahari terbit muncul dari ujung timur, membuat air laut menjadi berwarna biru dan secara perlahan berubah menjadi warna oranye, sehingga ciptakan gradasi warna indah. Sorot matahari yang semakin terang seolah mengembalikan energi serta semangat Anda untuk kembali beraktivitas.

Fenomena sunset pantai keren ini tak kalah indah dan eksotis. Matahari secara perlahan menenggelamkan diri hasilkan warna oranye seolah merubah warna air laut, sehingga semakin menambah suasana mesra pada pantai indah ini.

Fasilitas Tersedia di Kawasan Pantai

Pantai sedang viral ini mempunyai pengelolaan serta perawatan sangat baik, sehingga fasilitas yang ada di pantai sangat keren serta sangat memadai. Pantai Mesra pun mempunyai lahan parkir cukup luas serta dekat lokasi wisata, sehingga Anda tak perlu merasa bingung lagi untuk cari tempat parkir yang terdekat.

Pantai indah dan eksotis ini pun sudah dilengkapi bangku-bangku taman serta gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai. Di pantai ini pun ada kios-kios serta warung makan yang dapat dikunjungi untuk isi perut setelah merasa puas bermain.

Toilet-toilet di sini mempunyai jumlah cukup memadai, serta kebersihan toilet pun terjaga. Wisata yang unik ini pun menyediakan mushola untuk Anda yang ingin tunaikan ibadah. Selain itu, pantai populer ini pun menyediakan penginapan untuk Anda yang mau habiskan waktu serta bermalam disini.

Keindahan alam yang disajikan oleh Pantai Mesra Gunung Kidul mampu untuk mempesona mata siapa saja yang melihatnya. Keindahan dan keelokan laut bersanding dengan taman yang hijau menjadi kolaborasi yang sangat menawan serta akan manjakan setiap pasang mata yang melihatnya.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan