Eksotisme Air Terjun Gethuk Gunung Kidul

Air Terjun Gethuk Gunung Kidul

Eksotisme Air Terjun Gethuk Gunung Kidul
Eksotisme Air Terjun Gethuk Gunung Kidul

Yogyakarta dari dulu memang terkenal dengan keberagaman wisatanya yang sangat memukau, mulai dari wisata budaya, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja sampai wisata kuliner. semuanya ada di Yogyakarta ini.

Gunung Kidul juga menyumbang destinasi wisata eksotis untuk Yogyakarta, dimana Gunung Kidul mempunyai letak geografi pegunungan yang begitu luas dan indah. Tidak heran pula Gunung Kidul selalu ramai dikunjungi para wisatawan setiap harinya.

Air Terjun Gethuk Gunung Kidul. Ya, ini adalah salah satu wisata yang ngehits di Gunung Kidul ini, memiliki aliran air terjun yang tidak pernah habis setiap musimnya.  Gemericik airnya lantas mengalir menuju sungai Oya yang tampak mengular membelah tanah Gunungkidul sehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit.

Air Terjun Gethuk Gunung Kidul ini juga seperti nuansa alam yang indah serta asri, dengan rindangnya pohon serta suara gemericik air, membuat wisata kamu disini akan terasa menyenangkan.

Sebelum sobat topwisata memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Gethuk Gunung Kidul, sebaiknya simak ulasan topwisata berikut.

Lokasi Air Terjun Gethuk Gunung Kidul


Lokasi Air Terjun Gethuk Gunung Kidul ini terletak di  Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Gunung Kidul, yaitu sekitar 40 km. Membuat lokasi wisata  Air Terjun Gethuk Gunung Kidul selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi tempat wisata Air Terjun Gethuk Gunung Kidul juga tidak jauh dengan lokasi wisata sejarah lainnya yaitu  Goa Rancang Kencono, sehingga sobat bisa sekali dua jalan mengunjungi tempat wisata yang ngehits ini.

Akses menuju ke tempat wisata Air Terjun Gethuk Gunung Kidul ini terbilang sudah lancar dan mulus, kemudian petunjuk arah menuju ke lokasi juga sudah ada, sehingga memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung kesini.

Harga tiket masuk dan Jam buka Air Terjun Gethuk Gunung Kidul


Harga tiket masuk ke tempat wisata Air Terjun Gethuk Gunung Kidul ini sebesar Rp 7.000 per orang.  Cukup murah bukan untuk sekelas wisata yang eksotis ini.

Jam buka wisata Air terjun Gethuk ini masih belum ada yang mereferensikan, namun biasanya untuk wisata alam seperti ini jam buka wisatanya mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00.

Fasilitas yang ada di Air Terjun Gethuk Gunung Kidul


Fasilitas yang ada di Air Terjun Gethuk Gunung Kidul ini terbilang cukup memadai dan terawat. Karena lokasi wisata ini benar-benar diperhatikan oleh pemerintah sebagai pusat ekonomi kreatif masyarakat setempat agar lebih mandiri.

Kembali lagi ke fasilitasnya, disini sudah ada tempat Kamar Mandi / Kamar Bilas yang bersih, Mushola, Toilet, Area Parkir yang luas meskipun jauh dari tempat lokasi, Area Kedai Makanan.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, sebaiknya jangan menggunakan kendaraan besar seperti bus, karena medan yang harus dilalui cukup sulit. Namun jika si sopir berani dengan medan jalan ini, Why Not.

Daya Tarik Air Terjun Gethuk Gunung Kidul

Daya Tarik Air Terjun Gethuk Gunung Kidul
Daya Tarik Air Terjun Gethuk Gunung Kidul

Daya tarik dari wisata Air Terjun Gethuk Gunung Kidul ini adalah keindahan alam yang di dominasi dengan pemandangan hijau dari rimbunnya pohon serta segarnya mata memandang aliran gemericik air terjunnya.

Ketika sobat sampai di lokasi parkir Air Terjun Gethuk Gunung Kidul dan berjalan menuju arah tujuan wisata, sobat akan melewati jalan setapak sejauh 200 meter. Namun sobat tidak akan merasa jenuh, karena disepanjang jalan pemandangan hijau serta sejuknya suasana di sekitar jalan setapak ini sungguh menyegarkan.

Kemudian jika sobat lelah jalan kaki menuju tempat wisata, sobat bisa menggunakan jasa perahu boat yang sudah disiapkan oleh para penduduk sekitar, tarifnya hanya Rp 10.000 per orang, dan harus dengan kelompok. Sobat topwisata akan diajak menyusuri sungai oyo yang begitu jernih dan tenang.

Jika sobat topwisata datang kesini ketika pagi hari atau beranjak siang, sobat topwisata akan melihat pelangi yang indah di air terjun ini, pelangi itu timbul karena percikan air terjun bercampur dengan sinar matahari yang menembus lebatnya hutan Air Terjun Gethuk Gunung Kidul.

Setelah puas bermain air, Anda pun bisa menghilangkan lapar dan dahaga di warung-warung yang ada di sana. Di sana Anda juga akan mendapati makan khas Jogja, seperti tiwul dan juga gathot.

Air Terjun Gethuk Gunung Kidul ini memiliki ketinggian 25 meter yang memiliki aliran air sangat deras, jadi wahana tersebut bisa kita nikmati dengan bermain tubing ataupun berendam disana. Jangan lupa jika ingin berenang disini wajib menggunakan pelampung, karena kedalaman di beberapa titik kolam ada yang mencapai 5 meter.

Bagaimana sobat topwisata, apakah anda tertarik mengunjungi Air Terjun Gethuk Gunung Kidul ?


TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Eksotisme Air Terjun Gethuk Gunung Kidul
5/ 5
Oleh