Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Pantai Klayar Pacitan, 5 Keindahannya

Pantai Klayar Pacitan

Suasana Senja Pantai Klayar Pacitan
Suasana Senja Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar ini adalah salah satu pantai yang sangat populer di Jawa Timur atau Pacitan khususnya. Pantai Klayar Pacitan ini memiliki pesona laut yang sangat indah.

Keindahan itu terpancar dari Air lautnya yang biru bersih, pasir pantainya yang putih mengkilap serta gugusan bebatuan yang begitu eksotis.

Klayar adalah pantai eksotik dengan hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut dan air mancur alami setinggi 10 meter.

Meskipun Pantai Klayar ini memiliki kisah mistis Laut Pantai Selatan, namun hal itu tidak menyurutkan minat para pengunjung untuk enggan datang kesini.

Nama Pantai Klayar Pacitan ini juga berasal dari banyak versi, ada yang menyebut nama pantai klayar ini berasal dari sebuah Perahu yang diterjang Ombak besar dan terdampar di Pantai ini. Kemudian para penduduk lokal waktu itu menyebutnya Perahu Glayar, karena terombang-ambing dan terdampat di pesisir pantai ini.

Namun ada sebagian penduduk yang menyebutkan, kalau nama Pantai Klayar ini berasal dari rutinitas penduduk lokal ketika pagi hari maupun sore hari yang sering "Klayar-Kluyur". Namun tidak lepas dari itu semua, pantai klayar ini tetap nomor satu bagi wisatawan pecinta pantai.

Sebelum sobat topwisata memutuskan untuk mengunjungi Pantai Klayar Pacitan ini, ada baiknya sobat membaca ulasan berikut.

Lokasi Pantai Klayar Pacitan


Lokasi Pantai Klayar ini terletak di Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554.

Lokasi Pantai Klayar ini sangat mudah untuk ditemukan, baik itu menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umu. Jika sobat menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan rute bis Solo-Pacitan, kemudian belok kiri pada pertigaan Dadapan. Sobat tidak lama lagi akan menemukan Pantai ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Klayar Pacitan


Harga tiket masuk wisata pantai klayar Pacitan ini sebesar Rp 5.000 per orang untuk hari senin sampai dengan minggu ( weekday ) dan Rp 10.000 untuk hari libur ataupun hari minggu (weekend ).

Kemudian untuk biayar parkir kendaran roda dua sebesar Rp 2.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000.

Jam Buka Pantai Klayar Pacitan ini adalah pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00.

Fasilitas yang ada di Pantai Klayar Pacitan


Fasilitas yang ada di Pantai Klayar Pacitan ini terbilang cukup memadai ya sob. Karena didalamnya sudah terdapat Tempat Kamar Mandi / Kamar Bilas, Toilet, Mushola, Area Kuliner, Gazebo, Parkir yang luas serta Tempat Belanja Souvhenir.

Jadi jangan takut kelaparan atau takut fasilitas kurang lengkap ya sob. Pantai Klayar ini adalah salah satu wisata binaan pemerintah setempat, jadi semua fasilitas dasar pasti sudah tersedia.

Daya Tarik Pantai Klayar Pacitan


Daya tarik yang luar biasa dari pantai klayar pacitan ini adalah pesona dan eksotisme yang luar biasa indah yang sudah diciptakan Tuhan disini. Pesona tersebut meliputi :

1. Gradasi Warna Pasir yang Indah


Ketika kalian pertama kali menginjakan kaki di bibir pantai klayar ini, sobat akan merasakan indahnya butiran pasir pantai ini. Pasir tersebut bewarna putih bersih gradasi coklat. Keindahan ini bisa kalian abadikan dengan jelas apabila sobat menggunakan kamera drone dari atas.

2. Batu Karang di Tengah Pantai yang Menjadi Icon Pantai Klayar


Tidak lepas dari butiran pasir pantai yang putih dan indah, jika sobat memandang lebih jauh lagi ke arah tebing, sobat akan melihat Batu Karang besar yang berada di tengah pantai. Batu Karang ini memang menjadi spot foto idaman bagi para wisatawan.

Sobat bisa mengabadikan spot foto tersebut dengan background batu karang ini, mungkin hasil foto yang lebih pas atau lebih bagus ketika sore hari atau pagi hari.

3. Seruling Samudra


Mungkin bagi para sobat topwisata mendengar kata-kata ini menjadi sedikit aneh ya, masak ada Seruling Samudra itu. Namun ketika sobat topwisata datang sendiri ke Pantai Klayar ini, pasti akan percaya dengan info ini.

Seruling Samudra adalah sebutan dari Lubang Batu Karang yang ada di sela-sela tebing, bunyi seruling itu timbul karena hempasan angin samudra bertemu dengan ombak air laut yang menembus lubang Batu Karang ini, sehingga timbulnya bunyi-bunyian yang seperti seruling bambu.

4. Air Mancur di Tengah Laut


Hah, Air Mancur di tengah Laut. Pasti sobat topwisata berfikir, ini pasti hayalan. Tapi saya bilang sekali lagi, hal ini memang ada dan nyata di Pantai Klayar Pacitan ini.

Air Mancur Tengah Laut ini terjadi karena ombak air laut yang menabrak dinding batu karang dan menembus diantara celah-celah bebatuan itu. Setelah ombak tersebut menabrak dinding batu karang, maka tidak lama akan muncul Air Mancur yang berasal dari celah batu karang tersebut, dan tinggi air mancur tersebut kurang lebih sampai 15 meter.

5. Batu Sphinx dan Sumur


Fenoma Alam yang terjadi di Pantai Klayar berupa bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx yaitu Patung Singa dengan Kepala Manusia yang ada di Mesir. Itulah mengapa tebing tersebut juga di namakan Batu Sphinx. 


Galeri Foto Pantai Klayar Pacitan

Ombak Tinggi Pantai Klayar Pacitan
Ombak Tinggi Pantai Klayar Pacitan

Gradasi Warna Pantai Klayar Pacitan
Gradasi Warna Pantai Klayar Pacitan

Seruling Samudra Pantai Klayar Pacitan
Seruling Samudra Pantai Klayar Pacitan

Fish Eye Pantai Klayar Pacitan
Fish Eye Pantai Klayar Pacitan

Dari Parkir  harus jalan kaki 300 m ke Pantai Klayar Pacitan
Dari Parkir  harus jalan kaki 300 m ke Pantai Klayar Pacitan

Indahnya Biru laut Pantai Klayar Pacitan
Indahnya Biru laut Pantai Klayar Pacitan



Bagaimana sobat topwisata, apakah anda tidak tertarik mengunjungi Pantai Klayar Pacitan ?


TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Pantai Klayar Pacitan, 5 Keindahannya
5/ 5
Oleh