Lompat ke konten
Home » Video » Mengagumkan dan Cantik, Air Terjun Kapas Biru Lumajang Harus Masuk List Destinasi Wisata yang Harus Dikunjungi

Mengagumkan dan Cantik, Air Terjun Kapas Biru Lumajang Harus Masuk List Destinasi Wisata yang Harus Dikunjungi

Air Terjun Kapas Biru Lumajang (1)

Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air Terjun Kapas Biru atau yang dikenal juga dengan nama Coban Kapas Biru adalah air terjun yang bertingkat dengan mempunyai 2 tingkatan. Air terjun ini punya ketinggian sekitar 100 meter.

Air Terjun ini adalah maha karya Tuhan yang indah sekali dan sangat mengagumkan. Air di sini mengalir dengan cukup deras di antara dua tebing tinggi berhiaskan pepohonan yang alami.

Air dialirkan asalnya dari Sungai Lengkong dan Besukbang yang hulunya dari kaki Gunung Semeru. Airnya jernih dan bersih sekali, dimana pada bagian-bagian sisi air terjun muncul warna yang kebiruan jika Anda melihatnya dari jauh.

Itulah mengapa air terjun ini disebut sebagai Air Terjun Kapas Biru. Wisata ini baru dibuka secara umum pada sekitar tahun 2015.

Lokasinya terletak di ketinggian kurang lebih 500 mdpl yang membuat para pengunjung harus trekking dulu untuk bisa menuju ke Air Terjun Kapas Biru.

Namun trekking dilakukan bisa terbayarkan oleh keindahan dan ketenangan yang akan didapatkan, alam yang indah dan masih asri mampu untuk menggugah jiwa yang lelah dan letih.

Alamat dan Lokasi Wisata Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru jadi salah satu destinasi wisata favorit, populer dan terkenal di daerah Kabupaten Lumajang.

Namanya sudah tersohor didukung oleh akses jalan bagus dan baik, sehingga para wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini dengan menggunakan kendaraan.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, lokasinya berada di Pronojiwo, Mulyoarjo, Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Ketika Anda berangkat dari pusat kota Lumajang perlu menempuh jarak kurang lebih 50 km.

Untuk mempermudah perjalanan liburan ke objek wisata Curug Kapas Biru Lumajang, Anda dapat akses peta lokasi objek wisata ini untuk dapatkan rute perjalanan yang terbaik.

Dapatkan pengalaman liburan menyenangkan, berkualitas, serta pastinya lebih mudah dengan mengeksplorasi alam di daerah Lumajang Jawa Timur.

Rute Menuju ke Objek Wisata Air Terjun Kapas Biru

Rute menuju ke objek wisata Air Terjun Kapas Biru jika Anda berangkat dari arah Malang, arahkan kendaraan menuju ke Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo lalu Anda akan tiba di Ampelgading, kemudian Pronojiwo dan akhirnya Anda akan tiba di Polsek Pronojiwo. Dari sana Anda tinggal ikuti petunjuk jalan yang ada, jarak yang akan ditempuh dari kota Malang kurang lebih 70 km dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 2 sampai 3 jam perjalanan.

Baca Juga :  Bukit Indah Karacak Valley di Garut Harus Coba Dikunjungi

Untuk Anda yang memilih berangkat dari kota Lumajang, Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 50 km. Anda bisa melajukan mobil atau motor di Jl. Nasional Lumajang – Malang. Setelah sekitar 300 meter dari Lapangan Pronojiwo, Anda akan temukan banner mengenai wisata Coban Kapas Biru, dan Anda tinggal mengikuti petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke area parkir.

Trekking Menuju ke Wisata Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru Lumajang3
Air Terjun Kapas Biru Lumajang3

Setelah Anda memarkirkan kendaraan, untuk bisa mencapai lokasi air terjun Anda harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau trekking kurang lebih 1 sampai 1,5 km jauhnya.

Rute yang harus dilewati cukup curam serta terjal, yang mana Anda akan menapaki jalan tanah penuh akar. Pada awalnya, Anda akan menuruni jalan setapak yang medannya cukup curam dan Anda harus menuruni tangga dengan kemiringan hampir 90 derajat.

Setelahnya, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan trekking di jalan sedikit menanjak. Lalu, di tengah perjalanan Anda akan temukan air terjun mini yang menyegarkan sekali. Tidak lama kemudian, Anda akan melihat megahnya Air Terjun Kapas Biru yang mengalir di antara dua tebing berwarna coklat yang gagah sekali.

Untuk bisa mendekati area curug, Anda harus lewati sungai yang alirannya cukup deras dengan bebatuan terbesar tidak karuan dengan beragam ukuran.

Cara menyebrangi sungai juga cukup unik dimana dengan memakai batang pohon tak terlalu besar. Maka dari itu, pastikan Anda memakai alas kaki tidak licin.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru Lumajang2
Air Terjun Kapas Biru Lumajang2

Eksplorasi dan menjelajah keindahan alam wisata Air Terjun Kapas Biru Lumajang, Anda tidak membutuhkan biaya yang banyak. Sebab wisata murah di Lumajang ini siap untuk memanjakan liburan dengan harga tiket masuk yang ramah di kantong.

Cukup dengan membayar seharga Rp.10.000 per orang, untuk HTM Air Terjun Kapas Biru Lumajang. Dengan harga segitu, Anda sudah bisa bermain dan menjelajahi dengan puas spot yang terbaik disuguhkan oleh objek wisata ini.

Namun, jika Anda berkunjung ke objek wisata ini dengan kendaraan, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir. Biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 3.000. Sementara, untuk parkir mobil dikenakan biaya Rp. 5.000.

(Harta tiket masuk objek wisata Air Terjun Kapas Biru Lumajang dapat berubah sewaktu-waktu).

Para pengunjung atau wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan alam Coban Kapas Biru kapanpun karena buka tiap hari. Sementara, untuk operasional wisata buka selama 24 jam. Jadi, Anda bisa secara puas mengeksplorasi keindahan wisata alam satu ini.

Baca Juga :  Taman Nasional Way Kambas, Lebih dekat dengan Alam

Jam operasional wisata alam Air Terjun Kapas Biru dibuka setiap hari dari Senin-Minggu, mulai dari pukul 05.00 – 16.00 WIB.

Cobalah untuk mengunjungi objek wisata ini ketika Anda ingin dan memiliki rencana untuk mengeksplorasi alam bersama dengan para sahabat.

Mengingat jalur trekking ke lokasi air terjun lumayan terjal dan belum dilengkapi oleh penerangan cukup, maka Anda perlu mengusahakan berangkat di pagi hari sehingga waktu untuk kembali dari lokasi wisata tak terlalu sore.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru Lumajang
Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Menikmati pesona dan keindahan alam terbaik yang disuguhkan oleh wisata Coban Kapas Biru, Anda akan merasa seperti dihipnotis dengan spot yang tidak biasa atau anti-mainstreamnya.

Selain menikmati keindahan air terjun ini, ada sejumlah fasilitas yang menarik di wisata Coban Kapas Biru.

Berikut ini sejumlah fasilitas serta spot yang dapat dijumpai saat Anda mengunjungi wisata Air Terjun Kapas Biru:

● Lokasi parkir kendaraan yang cukup luas

● Rumah makan

● Warung jajanan

● Spot foto instagramable

● Gazebo dan tempat duduk

● Toilet

● Camping area

Nikmati kesegaran air di kawasan wisata ini untuk menyegarkan dan merelaksasi jiwa serta pikiran yang penat akan sibuknya berbagai aktivitas sehari-hari yang melelahkan dan membosankan di perkotaan.

Berbagai Kegiatan Dapat Dilakukan di Kawasan Air Terjun Kapas Biru

● Menikmati Keindahan Alam Sekitar

Air Terjun Kapas Biru Lumajang1
Air Terjun Kapas Biru Lumajang1

Pada sepanjang jalur trekking ke lokasi Air Terjun Kapas Biru sudah jelas terlihat keasrian dari lokasi objek wisata ini.

Hiasan tumbuhan hijau dan asri, serta udara sejuk dan menyegarkan, membuat raga dan jiwa Anda jadi lebih tenang. Rasa lelah Anda sehabis trekking yang cukup menantang akan terbayarkan dengan deburan air mengalir deras yang sangat menenangkan.

Dengan duduk-duduk di bebatuan sambil melihat hamparan keindahan alam sekitar membuat Anda akan semakin merasa kagum dengan mahakarya Tuhan yang sangat luar biasa ini.

Wisata Air Terjun Kapas Biru adalah air terjun terbentuk di tepi lembah yang curam sehingga menampilkan panorama alam sangat indah dan cantik.

● Bermain Air yang Segar

Air Terjun Kapas Biru Lumajang3
Air Terjun Kapas Biru Lumajang3

Air jernih yang mengalir membuat Anda tambah bersemangat untuk bermain-main air, tapi sayangnya Anda tak bisa mendekati curahan Air Terjun Kapas Biru, sebab aliran air cukup deras.

Baca Juga :  Kolam Renang tengah kota Suncity Waterpark Madiun

Anda bisa bermain air segar yang mengalir di sekitar aliran sungai di antara bebatuan. Walaupun terasa agak dingin tapi sangat menyegarkan. Kesegaran air tersebut mampu untuk menyirami rasa lelah dan letih Anda dan juga menghilangkan semua rasa penat.

Tips Wisata

Berikut sejumlah tips wisata untuk Anda yang ingin mengunjungi Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru:

● Pastikan Anda datang saat kondisi cuaca sedang cerah, karena jika saat turun hujan jalur trekking akan menjadi sangat licin.

● Bawa secukupnya persediaan makanan dan minuman.

● Pakai alas kaki nyaman dan tidak licin.

● Hati-hati saat ketika trekking ke lokasi air terjun.

● Destinasi wisata ini tak cocok untuk anak-anak ataupun yang telah berusia lanjut, mengingat jalur trekking yang cukup terjal dan curam.

● Lebih baik datang saat pagi hari agar bisa lebih lama menikmati keindahan dari air terjun.

● Jagalah selalu kebersihan dan juga keasrian lokasi wisata

● Hindari perbuatan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

● Siapkan gadget untuk abadikan keindahan wisata Air Terjun Kapas Biru.

Penutup

Keindahan dari Air Terjun Kapas Biru mampu untuk mengalahkan rasa malas melewati jalur trekking yang ada, keagungan tercipta mampu untuk hipnotis siapapun yang melihatnya. Kunjungilah Air Terjun Kapas Biru saat akhir pekan bersama dengan teman agar lebih seru.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info