Lompat ke konten
Home » Video » Jawa Barat Punya Tujuan Wisata Gunung yang Tersohor, Gunung Papandayan Tawarkan Liburan dengan Berbagai Aktivitas Seru

Jawa Barat Punya Tujuan Wisata Gunung yang Tersohor, Gunung Papandayan Tawarkan Liburan dengan Berbagai Aktivitas Seru

gunung papandayan puncak (1)

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan tersohor sebagai salah satu tujuan wisata. Saat ini ketinggian Gunung Papandayan mencapai 2.666 mdpl.

Keunikan dari Gunung Papandayan adalah ada objek wisata beragam dan variatif. Gunung ini menjadi destinasi bagi pendaki maupun wisatawan untuk berekreasi bersama dengan keluarga. Tak hanya menawarkan jalur pendakian, destinasi wisata ini pun sudah lengkap dengan fasilitas nyaman. Para pengunjung dapat merasakan dua sisi gunung dengan aktivitas rekreasi berbeda.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Papandayan

Berikut ini beberapa biaya di wisata Gunung Papandayan:

  • Tiket masuk camping/berkemah umum: Rp. 55.000/Rp. 65.000,
  • Tiket masuk hiking: Rp.20.000/Rp. 30.000,
  • Tiket roda 6 (Hiking): Rp. 125.000/Rp.140.000,
  • Tiket roda 4 (Hiking): Rp.35.000/Rp. 40.000,
  • Tiket roda 2 (Hiking): Rp. 17.000/Rp.19.500.

Jam Buka Wisata Gunung Papandayan

Gunung Papandayan buka untuk umum. Jam bukanya setiap hari dari pagi sampai sore. Destinasi wisata ini selalu padat oleh wisatawan saat masa liburan tiba. Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke wisata ini adalah saat pagi atau sore hari.

Hari dan jam buka:

  • Minggu – Kamis: 07.00 – 17.00 WIB
  • Jumat – Sabtu selama   24 Jam

Pemandangan Eksotik Wisata Gunung Papandayan

Kegiatan hiking merupakan salah satu kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan. Gunung Papandayan menjadi salah satu objek wisata untuk hiking populer. Walaupun merupakan gunung berapi yang aktif, Papandayan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Ini karena keindahan alam yang mempesona dan menawan yang menjadi magnet tersendiri.

Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai sekitar 2.666 mdpl. Ada kawah belerang serta danau sisa letusan yang menjadi daya tarik utama. Lalu di sekitar sawah, ada hutan Cantigi yang telah mati. Kemudian yang lebih ke atas, terdapat hamparan bunga Edelweiss menjadi pemandangan yang mempesona dan menawan lainnya.

Dengan berbagai pemandangan tersuguh, Gunung Papandayan tak hanya seru dan keren untuk pendakian. Sebab untuk penyuka fotografi pun bisa dapatkan banyak panorama dan keindahan alam di sini. Tak hanya itu, terdapat sumber mata air panas tempat untuk berendam yang baik bagi kesehatan.

Baca Juga :  Wisata Petik Madu Lawang, Mengedukasi dan Menyenangkan

Berbagai Kegiatan Seru Bisa Dilakukan di Wisata Gunung Papandayan

  • Berendam
gunung papandayan puncak3
gunung papandayan puncak3

Karena merupakan gunung berapi yang masih aktif, Gunung Papandayan pun mempunyai sumber panas bumi baik. Sehingga memiliki banyak sumber mata air  panas. Sejak 2017, taman wisata ini buka sebuah kolam air panas.

Airnya tak hanya memiliki suhu tinggi tapi juga mengandung belerang, yang bermanfaat untuk kulit. Sementara air panasnya pun baik untuk lancarkan peredaran darah serta lemaskan otot.

Jika Anda berkunjung ke wisata ini bisa coba untuk berendam di kolam air panas yang ada. Ukuran kolam luas sehingga membuat para wisatawan dapat berendam dengan nyaman. Selain itu, para pendaki pun dapat hilangkan pegal otot setelah berjalan kaki lama. Rasakan sensasi segar dan nyaman berendam air panas dengan berlatar belakang panorama Gunung Papandayan yang menawan.

  • Trekking Gunung Papandayan
gunung papandayan puncak
gunung papandayan puncak

Papandayan mempunyai sedikit perbedaan dengan gunung berapi yang biasanya. Kawah yang umumnya berada di puncak justru bisa didapat langsung tidak jauh dari pintu masuk. Sehingga, para wisatawan tak perlu untuk jalan sampai berkilo-kilometer untuk bisa mencapainya. Tak hanya itu waktu dibutuhkan untuk trekking ke kawah yang terdekat kurang lebih 20 menit saja.

Pengunjung hanya perlu ikuti jalan setapak yang ada. Jalan ini berbatu dengan tangga batu tersusun secara rapi. Anak-anak sampai orang dewasa dapat melaluinya. Tidak heran jika trekking di sini cocok sekali untuk berwisata keluarga.

Jika ingin kegiatan yang lebih variatif, para wisatawan bisa memakai sepeda. Gowes di jalan yang menanjak dan cukup menantang sebab banyak batu pada sepanjang rute perjalanan. Medan unik ini akan jadikan pengalaman tidak terlupakan.

  • Hiking
gunung papandayan puncak1
gunung papandayan puncak1

Gunung Papandayan pun cocok untuk pendaki pemula sebab medan yang terbuka dan juga mempunyai jalur jelas. Walaupun cukup banyak tanjakan serta turunan, tapi tak ada hutan lebat di kawasan wisata ini. Para pendaki justru akan merasa cukup nyaman dengan fasilitas pendakian tersedia.

Baca Juga :  Air Terjun Kembang Soka, Destinasi Wisata Yogyakarta yang Harus Coba Anda Kunjungi Juga

Bagi Anda yang ingin mendaki gunung, pos pertama adalah perkemahan Gober But. Di area ini, tanahnya cukup landai sehingga bisa untuk mendirikan beberapa tenda. Tak hanya itu, ada pula beberapa warung yang buka selalu untuk layani perut yang keroncongan. Lalu, ada pula toilet yang bersih dan nyaman.

Dari Gober But, pendaki akan menempuh 1 jam perjalanan lalu tiba di Pondok Saladah. Area perkemahan lebih luas serta nyaman untuk berburu keindahan sunrise.

Selanjutnya, terdapat area Tegal Alun yang menawan. Hamparan rumput keliling semak Edelweis yang siap selalu menyambut para pendaki. Dari Tegal Alun ke puncak, hanya tinggal menempuh 1 jam perjalanan lagi. Total pendakian sampai ke puncak hanya butuhkan waktu sekitar 4 jam. Selama pendakian, para wisatawan akan berselimutkan udara dingin. Setelah sampai di kawah, maka perlu hati-hati dan jangan terlalu dekat serta menghirup gas belerang.

  • Hunting Foto
gunung papandayan puncak2
gunung papandayan puncak2

Selama berada di kawasan wisata Indah ini Anda jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan momennya. Apalagi, Papandayan memiliki banyak spot foto indah dan cantik yang alami. Kemana saja kaki Anda melangkah, akan dapatkan hasil foto yang menawan.

Pertama yaitu Taman Edelweiss yang ada di dekat kolam berendam. Taman ini sudah tertata rapi dengan daya tarik utamanya semak Edelweis. Lalu, sedikit ke atas, terdapat area unik hutan mati Cantigi. Tak hanya itu, terdapat Danau Papandayan dengan air warna hijau kebiruan.

Fasilitas Tersedia Gunung Papandayan

Sarana dan juga prasarana di wisata Gunung Papandayan telah tersedia dengan lengkap. Area parkir luas sehingga cukup juga untuk beberapa bus. Ada warung, penginapan, toilet umum, mushola, serta toko souvenir.

Fasilitas rekreasi tersedia di sini seperti kolam rendam air panas serta taman Edelweiss. Sementara jalur pendakian berupa jalan setapak cukup lebar yang sudah ada petunjuk arah jelas. Di area berkemah / camping pun ada warung-warung buka 24 jam.

Baca Juga :  Seperti Inilah Daya Tarik dari Banyumala Twin Waterfalls Buleleng Bali

Lokasi Wisata Gunung Papandayan

Wisata Gunung Papandayan beralamat di Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat. Lokasi wisata ini sekitar 30 kilometer ke barat daya Kota Garut. Untuk akses jalan cukup baik walaupun tak terlalu lebar.

Lalu untuk sampai ke lokasi wisata bisa memakai kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika Anda berangkat dari Terminal Guntur, gunakan kendaraan minibus sampai ke Desa Cisurupan. Kemudian, lanjutkan dengan mobil bak sampai ke pintu masuk TWA Papandayan.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai wisata Gunung Papandayan yang ada di Garut. Saat berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk mampir ke wisata cantik satu ini.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan