Lompat ke konten
Home » Wisata » Camping Seru dan Buat Foto Prewedding Cantik di Wisata Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung, Segini Harga Tiketnya

Camping Seru dan Buat Foto Prewedding Cantik di Wisata Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung, Segini Harga Tiketnya

Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey

Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas Ciwidey Bandung merupakan area bumi perkemahan di bawah kelola perhutani. Lokasinya terletak di kawasan wisata Bandung Selatan, yang mana masih satu lokasi dengan objek wisata Kawah Putih, Situ Patenggang, dan Kolam Cimanggu.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di kawasan objek wisata ini, seperti camping/berkemah, berinteraksi dengan binatang rusa, hingga bermain di water park sampai mandi air panas.

Mengenal Sekilas Tentang Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey5
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey5

Kawasan Ranca Upas terletak di ketinggian 1700 mdpl, sehingga suhu udaranya cukup dingin, yakni 17 derajat celcius atau saat kondisi normal mencapai 20 derajat celcius. Suasana yang tentu dapat mengusir segala rasa penat serta tuntutan kerja dan kehidupan.

Dengan suhu udara yang segar dan cukup dingin, serta dekat dengan kebun teh dan hutan lindung alami, sangat wajar jika Ranca Upas menjadi favorit. Suasana di objek wisata ini dijamin dapat menghilangkan rasa penat dan stres.

Ranca Upas bukan hanya tempat wisata, tapi jadi tempat berkemah atau camping di Bandung. Tiap akhir pekan, wisata ini penuh dengan keluarga maupun rombongan lain yang berkemah di sini. Namun meski banyak yang berkemah, kawasan wisata ini tidak terasa penuh. Hal ini wajar saja, sebab area Ranca Upas yang sangat luas. Jadi, Anda dan rombongan tak akan terlalu dekat dengan rombongan yang lain.

Harga Tiket Masuk Wisata Ranca Upas Ciwidey

Dikarenakan umumnya para pengunjung yang datang ke wisata ini untuk camping, sehingga perlu mengeluarkan biaya tambahan. Harga tiket masuk wisata Ranca Upas Ciwidey dapat dikatakan cukup murah, sekitar Rp. 25.000. Namun bagi wisatawan yang ingin berhemat biaya camping, para wisatawan pun dapat membawa tenda serta alat-alat pendukung lainnya sendiri.

Berikut ini daftar harga tiket masuk ke wisata Ranca Upas Ciwidey:

Harga tiket masuk wisata: Rp. 25.000.

Harga tiket camping atau berkemah: Rp. 40.000.

Harga wahana permainan: Rp. 10.000 – Rp. 160.000.

Harga onsen reguler / VIP: Rp. 28.000 / Rp. 300.000.

Informasi penting yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke wisata Ranca Upas:

  • Melakukan reservasi secara online ke nomor resmi pengelola wisata Ranca Upas.
  • Metode pembayaran tiket masuk adalah non tunai.
  • Mematuhi protokol kesehatan berlaku di kawasan wisata Ranca Upas.

Jam Buka Wisata Ranca Upas

Kawasan bumi perkemahan dan camping ini buka setiap hari selama 24 jam. Jam kunjungan wisata, yakni 08.00 – 16.00 WIB.

Baca Juga :  Wisata Asyik Semarang yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Panjang !

Daya Tarik Wisata Ranca Upas

  • Kegiatan Camping / Berkemah
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey

Kawasan wisata satu ini yang sering dipakai sebagai tempat camping. Aktivitas ini memang sesuai peruntukan objek wisata, yakni sebagai bumi perkemahan. Bagusnya, di wisata ini semua orang dapat menikmati suasana berkemah, tidak terbatas oleh usia maupun status sosial.

Lokasi camping di sini punya area yang luas sekali sehingga mampu untuk menampung banyak peserta. Bahkan kawasan ini sering jadi tempat jambore tingkat nasional oleh organisasi-organisasi di Indonesia. Tak hanya itu, suasana alam sekitar masih terlindungi sehingga menambah daya tarik wisata untuk berkemah.

Bagi pengunjung tak membawa peralatan kemah, tenang saja. Berbagai jenis alat berkemah seperti sleeping bag ada di tempat persewaan ini dan harganya pun cukup bersaing. Dapatkan pengalaman seru menyenangkan dengan keluarga di wisata Ranca Upas Ciwidey.

  • Berinteraksi di Penangkaran Binatang Rusa
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey1
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey1

Selama ada di tempat wisata ini para pengunjung tak hanya bisa berkemah. Kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan adalah berinteraksi secara langsung dengan rusa di penangkaran yang terdapat di kawasan wisata. Interaksi yang kerap dilakukan adalah memberi makan rusa sambil berfoto dengan hewan tersebut.

Di penangkaran rusa ini, para pengunjung dan binatang rusa tak terbatas oleh pagar, tapi turun langsung ke habitat. Sementara, pawang akan temani para pengunjung saat memberi makan pada rusa. Sedangkan, untuk makanan rusa, para pengunjung dapat membeli di counter yang ada. Biasanya, makanan yang ada adalah wortel yang diikat.

  • Mencoba Kegiatan Outbond
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey2
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey2

Berikutnya, kegiatan lain yang jangan sampai terlewatkan di wisata Ranca Upas Ciwidey yakni outbond. Ini adalah bagian dari inovasi yang pengelola wisata lakukan untuk bersaing dengan tempat wisata lainnya. Karena punya latar alam terbuka, asri, dan alami, kegiatan outbond di wisata ini sangat seru dan menyenangkan.

Berbagai permainan tersedia di sini, seperti Elvis Bridge, Flying Fox, Jembatan Goyang, dan masih banyak lainnya. Wahana outbond ini pun sering dipakai untuk acara gathering perusahaan serta sekolah. Baik untuk bangun team ataupun hanya untuk senang-senang bersama.

  • Spot-Spot Foto dengan Nuansa Alam
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey3
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey3

Memiliki latar alam padang rumput alami, penangkaran binatang rusa, dan hutan, wisata Ranca Upas Ciwidey kerap jadi lokasi berfoto. Terlebih di era digital sekarang ini, hampir semua orang dapat berfoto menggunakan gadget masing-masing. Sejumlah foto bahkan punya nilai seni serta jual yang tinggi sekali.

Baca Juga :  Mengeksplorasi Bali Butterfly Park Tabanan Bali

Salah satu aktivitas foto yang kerap dilakukan atau dilangsungkan di bumi perkemahan satu ini adalah foto prewedding. Foto model seperti ini memang cocok sekali dengan suasana di sini. Karena latar alamnya yang alami dan indah, hasil foto para calon pengantin pun tampak sangat baik dan luar biasa.

  • Wahana Waterboom dan Kolam Renang Air Panas
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey4
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey4

Sejauh ini para pengelola wisata terus melakukan inovasi dengan hadirkan wahana baru, salah satunya waterboom. Bermain air dan berenang di kolam renang serta waterboom Ranca Upas Ciwidey Bandung punya suasana berbeda, ini karena suhu udara sekitar yang dingin.

Lalu, ada pula kolam pemandian air panas. Berendam air panas di tengah cuaca dingin pastinya akan sangat menyegarkan. Idealnya, setelah main air di waterboom dan kolam renang, para pengunjung segera memulihkan suhu tubuh dengan berendam air panas.

Lokasi Wisata dan Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey Bandung

Kawasan wisata ini satu ini berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No. KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 45 KM dari pusat kota Bandung. Sementara untuk waktu tempuh hingga sampai ke lokasi wisata sekitar 1,5 jam. Untuk menuju ke lokasi wisata Anda bisa menggunakan kendaraan melewati jalan tol Soreang.

Jalur utama ke kawasan wisata ini adalah Jalur lintas Bandung ke arah Soreang. Dari sini, Anda bisa lanjutkan perjalanan ke Ciwidey. Jarak tempuh Ciwidey ke Ranca Upas sekitar 6 km, kurang lebih waktu tempuhnya 10 menit, dengan kondisi jalan yang baik dan bersahabat.

Saat ini, akses menuju ke kawasan Ciwidey dapat lebih cepat karena ada gerbang tol Soreang. Cukup untuk hemat waktu dan tak perlu lewat daerah Bandung yang macet.

Anda pun bisa memakai transportasi umum. Jika Anda memakai kereta api dapat turun di Stasiun Bandung. Lalu, naik angkot ke Terminal Leuwipanjang.

Terminal ini jadi titik poin ke kawasan wisata Ranca Upas. Dari terminal Leuwi Panjang Anda dapat naik angkutan umum ke Terminal Ciwidey. Lalu, dari Terminal Ciwidey, Anda bisa naik angkot ke Ranca Upas.

Baca Juga :  Wisata Rumah Pohon Pabangbon yang ngehit

Tak ada jam operasional di kawasan wisata ini, jadi Anda dapat kapan saja berkunjung ke sini. Meskipun 24 jam, Anda disarankan untuk ke wisata ini di pagi hari. Sebab, perjalanan ke kawasan wisata cukup sepi jika malam hari.

Berburu Oleh-Oleh Khas Ciwidey untuk Dibawa Pulang

Berkunjung ke wisata Ranca Upas, jangan sampai lupa untuk beli oleh-oleh khas Ciwidey, yakni Dodol Strawberry. Sepanjang jalan Anda akan lihat bermacam-macam perkebunan Strawberry.

Biasanya, penduduk daerah Ciwidey mengolah buah Strawberry sehingga jadi dodol yang enak. Dengan olahan atau buatan sendiri, membuat kualitas dan rasa makanan sangat nikmat. Tak hanya itu, tak ada bahan-bahan membahayakan, semuanya memakai bahan alami aman dikonsumsi.

Harga dodol strawberry pun cukup terjangkau, sekitar 10 ribu saja. Jangan lupa juga untuk nikmati minuman bandrek yang pastinya mampu menghangatkan tubuh. Dodol dan Bandrek merupakan oleh-oleh khas daerah Ciwidey yang enak dan menyegarkan, tentu tidak boleh untuk dilewatkan.

Wisata Ranca Upas Ciwidey, memang memiliki berbagai macam mitos serta misteri mungkin cukup menakutkan. Tetap, wisata Ranca Upas tetap sebuah daerah wisata menarik untuk dikunjungi. Anda dapat berkunjung ke objek wisata ini dan rasakan sendiri bagaimana keseruan dan juga kebahagiaan ditawarkan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan