Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cireng Nasi Pedas yang Rasanya Lebih Mantul dan Disukai Banyak Orang

Resep Cireng Nasi Pedas yang Rasanya Lebih Mantul dan Disukai Banyak Orang

Cireng Nasi Pedas (2)

Resep cireng nasi pedas

Apakah Anda sudah mengenal resep cireng nasi pedas? Mungkin untuk makanan cireng sudah mengetahuinya, bahkan suka menyantapnya. Kuliner gorengan yang satu ini cukup populer terutama di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Bukan hanya karena makanan khas Sunda, tetapi rasanya juga enak serta menggoyang lidah. Lagipula, harga cireng cukup murah, sehingga tidak perlu khawatir saat membelinya berjumlah banyak.

Seiring perkembangan zaman, cireng juga berinovasi dengan bahan dasar pembuatnya. Cireng yang merupakan singkatan dari aci digoreng ini sebenarnya berbahan dasar tepung tapioka atau sejenisnya. Namun sekarang, ada nama cireng nasi yang memang menggunakan bahan nasi putih sebagai adonannya. Selain itu, rasanya dibuat lebih pedas agar banyak orang menyukainya.

Lalu, bagaimana resep cireng nasi pedas selengkapnya yang direkomendasikan? Silahkan membaca uraian berikut yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

  • 250 gram nasi putih
  • 6 sendok makan tepung tapioka
  • 2 batang daun bawang potong kecil
  • 100 ml air panas
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan cireng
Baca Juga :  Resep Donat Kentang yang empuk dan simpel

Bumbu halus

  • 5 siung bawang putih
  • 5 buag cabai rawit merah atau sesuai selera
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh ketumbar

Bahan pelengkap

  • Irisan kecil timun secukupnya
  • Saus cabai
  • Saus tomat

Cara membuat cireng nasi pedas

Setelah semua bahan dan bumbu sudah disiapkan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep cireng nasi pedas dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Tumbuk kasar nasi putih, tetapi jangan sampai lembek sekali. Sisihkan dulu.
  2. Setelah itu, siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan semua bahan satu per satu, kecuali air panas dan minyak goreng. Tambahkan semua bumbu halus.
  3. Langkah berikutnya, silahkan aduk merata sambil menuang air panas sedikit demi sedikit. Kalian bisa memakai sendok makan atau sayur saat mengaduknya. Sisihkan dulu adonan cirengnya.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng adonannya. Tunggu hingga minyak benar-benar panas, lalu ambil satu sendok makan adonan dan masukkan ke dalam wajan.
  5. Goreng hingga adonan berwarna kuning kecoklatan di semua sisinya dan matang. Bolak-balik adonannya agar kematangannya merata. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  6. Diamkan dulu beberapa saat hingga tidak terlalu panas. Setelah itu, siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan cireng nasi pedas yang sudah matang. Jika ukurannya terlalu besar, kalian bisa memotongnya dulu.
  7. Sajikan dengan irisan timun dan saus cabai atau tomat sesuai selera.
Baca Juga :  Ingin Membuat Ayam Hainan yang Menggugah Selera ?

Ternyata cukup mudah membuatnya dengan bahan dan bumbu sederhana. Jika seperti itu, silahkan Anda sekalian mencoba resep cireng nasi pedas diatas sekarang juga. Siapa tahu tertarik untuk menjualnya lagi di luar sana agar mendapatkan keuntungan uang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan