Lompat ke konten
Home » Resep » Nikmati Sensasi Nikmatnya Cireng Ayam Suwir dengan Sambal Khas

Nikmati Sensasi Nikmatnya Cireng Ayam Suwir dengan Sambal Khas

Cireng Ayam Suwir89

Nikmati Sensasi Nikmatnya Cireng Ayam Suwir dengan Sambal Khas

Recipe By siti
Course: Cireng Ayam Suwir Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

350 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung kanji

  2. daging ayam

  3. penyedap rasa

  4. minyak goreng

DIRECTION

  1. Cara Membuat Cireng Ayam Suwir yang Lezat

    Untuk membuat cireng ayam suwir yang lezat di rumah, pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti tepung kanji, daging ayam, bumbu dapur, dan minyak goreng.

  2. Campurkan

    Campurkan tepung kanji dengan air dan bumbu dapur hingga menjadi adonan. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

  3. Selanjutnya

    Selanjutnya, suwir daging ayam yang telah dimasak hingga lembut. Setelah cireng matang dan ayam suwir siap, sajikan cireng dengan ayam suwir bersama sambal khas untuk menambah cita rasa.

NOTES

Siapa yang tidak kenal dengan cireng, salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, yaitu makanan yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng hingga berwarna kecoklatan. Namun, kali ini kita akan membahas varian cireng yang sedang populer belakangan ini, yaitu cireng ayam suwir. Cireng ayam suwir merupakan inovasi baru dalam dunia kuliner Indonesia yang menggabungkan cita rasa gurih dari cireng dengan kelezatan ayam suwir yang lezat. Ditambah dengan sambal khas yang pedas dan nikmat, membuat cireng ayam suwir semakin istimewa.

Asal Usul Cireng Ayam Suwir

Cireng ayam suwir merupakan kreasi baru yang diciptakan oleh para pengusaha kuliner di Indonesia. Inspirasi untuk menggabungkan cireng dengan ayam suwir mungkin datang dari keinginan untuk menciptakan camilan yang lebih mengenyangkan dan bergizi. Dengan tambahan ayam suwir, cireng tidak hanya sekadar camilan ringan, namun juga bisa menjadi pilihan makanan utama yang lezat. Kombinasi antara tekstur renyah dari cireng dan daging ayam suwir yang lembut menciptakan sensasi yang unik di lidah setiap orang yang mencicipinya.

Baca Juga :  Pasti Lezat, Resep Beef Yakiniku Ini Wajib Dicoba

Cara Membuat Cireng Ayam Suwir yang Lezat

Untuk membuat cireng ayam suwir yang lezat di rumah, pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti tepung kanji, daging ayam, bumbu dapur, dan minyak goreng. Campurkan tepung kanji dengan air dan bumbu dapur hingga menjadi adonan. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Selanjutnya, suwir daging ayam yang telah dimasak hingga lembut. Setelah cireng matang dan ayam suwir siap, sajikan cireng dengan ayam suwir bersama sambal khas untuk menambah cita rasa.

Kelezatan Cireng Ayam Suwir dengan Sambal Khas

Kombinasi antara cireng yang gurih, ayam suwir yang lembut, dan sambal khas yang pedas menciptakan sensasi nikmat yang sulit untuk ditolak. Setiap gigitan cireng yang renyah dipadu dengan daging ayam suwir yang lembut dan gurih, serta rasa pedas dari sambal khas, membuat lidah bergoyang dalam kenikmatan. Cireng ayam suwir dengan sambal khas bisa menjadi pilihan camilan atau makanan ringan yang pas untuk menemani waktu santai bersama keluarga atau teman.

Manfaat Mengkonsumsi Cireng Ayam Suwir

Meskipun dianggap sebagai camilan yang kurang sehat karena digoreng, namun cireng ayam suwir juga memiliki manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secara moderat. Daging ayam suwir mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan otot dan regenerasi sel. Selain itu, cireng yang terbuat dari tepung kanji rendah lemak dan kolesterol, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjaga pola makan sehat. Namun, tetap disarankan untuk tidak mengonsumsi cireng ayam suwir secara berlebihan agar manfaatnya bisa dirasakan tanpa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Baca Juga :  Membuat Es Kelapa Madu untuk Buka Puasa

Kesimpulan

Cireng ayam suwir dengan sambal khas adalah pilihan camilan atau makanan ringan yang lezat dan menggugah selera. Kombinasi antara cireng yang renyah, ayam suwir yang lembut, dan sambal khas yang pedas menciptakan sensasi nikmat yang sulit untuk ditolak. Dengan kandungan nutrisi yang baik, cireng ayam suwir juga bisa menjadi pilihan makanan yang bergizi. Nikmati sensasi nikmatnya cireng ayam suwir dengan sambal khas dan rasakan kenikmatannya!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah cireng ayam suwir bisa disimpan dalam waktu lama?

Ya, cireng ayam suwir bisa disimpan dalam waktu lama dengan cara mengemasnya dalam wadah kedap udara dan disimpan di dalam kulkas. Panaskan kembali sebelum disajikan untuk menjaga tekstur dan cita rasanya.

Dapatkah saya menggunakan daging ayam lain selain suwir untuk cireng ayam suwir?

Tentu, Anda bisa menggunakan jenis daging ayam lain sesuai dengan selera Anda. Namun, daging ayam suwir umumnya lebih cocok karena teksturnya yang lembut dan mudah diserap oleh cireng.

Baca Juga :  Resep Daging Suwir Bumbu Rujak, Referensi Masakan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Apakah cireng ayam suwir cocok untuk camilan di acara keluarga?

Ya, cireng ayam suwir dengan sambal khas sangat cocok untuk camilan di acara keluarga. Rasanya yang lezat dan gurih akan disukai oleh semua anggota keluarga.

Dapatkah saya mengganti sambal khas dengan saus lain untuk cireng ayam suwir?

Tentu, Anda bisa mengganti sambal khas dengan saus lain sesuai dengan preferensi Anda. Namun, sambal khas memiliki cita rasa yang khas dan cocok dengan kombinasi cireng ayam suwir.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan