Skip to main content

Karedok, Salad Sayur Asli Tanah Pasundan yang Segar dan Nikmat, Ini Resepnya

Risca Monita

Resep Karedok Salad Sayur


Karedok adalah makanan yang berbahan dasar sayur-sayuran yang dibagian atasnya disiram dengan bumbu kacang. Sayuran yang biasanya digunakan adalah kol, tauge, terong bulat hijau, kacang panjang, dan mentimun. 

Resep Karedok Mudah


Tup, karedok bisa dibilang sebagai salad sayur khas sunda. Berdasarkan cerita yang beredar dulunya karedok merupakan makanan yang disajikan rakyat untuk bupati.

Secara penampilan makanan karedok terlihat seperti gado-gado ataupun pecel karena sama-sama diberi bumbu kacang. Akan tetapi antara karedok dengan gado-gado maupun pecel sangat berbeda. 

Yang membedakan adalah sayuran pada karedok disajikan mentah, dan tentunya sayuran sebelumnya telah dicuci dahulu hingga bersih. Hal tersebut berbeda dengan gado-gado dan pecel yang sayurannya direbus terlebih dahulu.

Jenis bumbu kacang yang digunakan antara karedok, ataupun gado-gado dan pecel juga lah berbeda. Bumbu kacang gado-gado dan pecel bisa disimpan untuk makan berkali-kali, sebelum dimakan bumbu akan dilarutkan dengan air hangat terlebih dahulu. 
Namun untuk saus kacang karedok harus dibuat segar dengan cara diulek menggunakan cobek atau dihaluskan menggunakan blender pada saat mau dihidangkan (fresh). Tanpa perlu pergi ke Tanah Pasundan kita bisa lhoo membuat karedok ini sendiri di rumah. Yuk mari segera siapkan bahan-bahannya !

Bahan-bahan :


Bumbu halus

  1. 200 gram kacang tanah goreng
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 ruas kencur (± 2 – 3cm)
  4. 3 buah cabe rawit merah (bisa ditambah jika kurang pedas)
  5. 50 gram gula merah
  6. 3 sdm air asam jawa
  7. 75 ml air matang (sesuaikan kekentalan bumbu dengan selera)
  8. 2 sdm kecap
  9. Sedikit garam
  10. Sedikit terasi
  11. Sedikit perasan air jeruk limau

Bahan sayuran

  1. 150 gram taoge
  2. 75 gram kol, iris
  3. 100 gram kacang panjang iris sedang
  4. 2 buah mentimun ukuran sedang, iris kotak buang isinya
  5. 1 ikat daun kemangi, petik daunnya saja
  6. 3 buah terong lalap (bulat hijau) iris tipis

Langkah pembuatan :

  1. Haluskan bumbu halus dengan cara diulek menggunakan cobe atau dihaluskan dengan blender.
  2. Pindahkan bumbu yang sudah halus ke dalam mangkuk besar, tambahkan kecap sesuai selera. Tambahkan sedikit perasan air jeruk limau, jangan lupa koreksi rasa bumbu. Aduk hingga bumbu tercampur rata.
  3. Masukkan semua sayuran ke dalam mangkuk besar. Aduk hingga rata, pindahkan ke piring saji dan karedok segar pun siap untuk dinikmati.


Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar