Lompat ke konten
Home » Resep » Yuk, Buat Karedok Khas Sunda yang Mudah dan Cepat

Yuk, Buat Karedok Khas Sunda yang Mudah dan Cepat

Karedok Khas Sunda (1)

Resep karedok

Resep karedok khas Sunda juga sangat menarik untuk diketahui lebih lengkap. Bukan hanya diketahui dari bahan dan bumbunya saja, tetapi juga cara membuatnya.

Hal itu dikarenakan karedok menjadi menu masakan wajib saat menyantap kuliner Sunda lainnya. Anda tentu bisa menemukannya di warung atau rumah makan khas Sunda. Namun demikian, tidak ada salahnya untuk bisa membuatnya sendiri di rumah.

Karedok hanya berbahan beragam sayuran yang sebelumnya sudah disiapkan dulu. Lalu, dicampur dengan bumbu dengan ciri khas kencurnya.

Dijamin sedap dan lezat meskipun hanya disantap dengan nasi putih hangat saja. Lalu, bagaimana resep karedok khas Sunda yang direkomendasikan? Berikut uraiannya yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 50 gram touge
  2. 50 gram kacang panjang dipotong kecil
  3. 50 gram kol dipotong halus
  4. 1 genggam daun kemangi
  5. 2 buah terong bulat hijau diiris tipis
  6. 1 buah mentimun dipotong kotak
Baca Juga :  Resep Sup Krim Jagung, Sajian Hangat di Musim Penghujan yang Selalu Lezat

Bumbu yang dihaluskan

  1. 150 gram kacang tanah digoreng
  2. 50 gram gula Jawa
  3. 1 siung bawang putih
  4. 3 buah cabai rawit merah
  5. 4 cm kencur
  6. ½ sendok teh terasi dibakar
  7. 2 sendok makan air asam Jawa
  8. 1 sendok teh garan
  9. 1 gelas air

Cara membuat karedok

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep karedok dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Cuci dulu semua sayuran yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Perlu Anda ketahui bahwa semua sayuran tersebut tidak perlu direbus dulu, seperti pembuatan aslinya khas Sunda. Namun jika Anda ingin merebusnya dulu, tidak ada masalah yang penting jangan direbus terlalu lama.
  2. Setelah itu, siapkan wadah baskom lalu masukkan semua sayuran tersebut ke dalamnya. Masukkan semua bumbu yang dihaluskan dan campur merata dengan sayurannya sambil diberi air sedikit demi sedikit. Pastikan semua sayuran dan bumbu tercampur rata.
  3. Siapkan piring saji, lalu tuangkan karedok yang sudah jadi diatasnya. Lengkapi dengan nasi putih hangat atau lauk pendamping lainnya.
Baca Juga :  30 Resep Bekal Suami Kerja

Ternyata, sangat mudah mempraktikkan resep karedok. Jika bumbunya benar-benar pas, dijamin rasanya lezat saat disantap. Maka dari itu, praktikkan seperti resep diatas. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan