Lompat ke konten
Home » Resep » Langkah Mudah Membuat Cireng Ayam Suwir yang Enak dan Praktis

Langkah Mudah Membuat Cireng Ayam Suwir yang Enak dan Praktis

Cireng Ayam Suwirrr

Langkah Mudah Membuat Cireng Ayam Suwir yang Enak dan Praktis

Recipe By siti
Course: Cireng Ayam Suwir Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung terigu

  2. ayam suwir

  3. bawang putih

  4. bawang merah

  5. daun bawang

  6. garam

  7. merica

  8. penyedap rasa

DIRECTION

  1. Langkah Membuat Adonan Cireng

    Setelah semua bahan tersedia, langkah berikutnya adalah membuat adonan cireng. Campurkan tepung terigu, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, merica, dan penyedap rasa ke dalam wadah. Aduk semua bahan hingga merata dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis. Uleni adonan hingga teksturnya elastis dan tidak lengket di tangan. Diamkan adonan selama beberapa menit agar adonan mengembang.<br><br>

  2. Proses Memasak Cireng

    Setelah adonan siap, ambil sebagian adonan dan pipihkan dengan tangan. Letakkan ayam suwir di atas adonan dan gulung adonan hingga ayam suwir terbungkus sempurna. Ulangi langkah ini hingga adonan habis. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng cireng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat cireng dan tiriskan minyaknya. Cireng ayam suwir siap disajikan dengan saus sambal atau saus kesukaan Anda.<br>

  3. Penyajian Cireng Ayam Suwir

    Cireng ayam suwir siap disantap sebagai camilan di waktu luang atau sebagai pelengkap makan siang. Anda dapat menyajikan cireng dengan taburan bawang goreng dan irisan daun seledri untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar. Selain itu, cireng juga bisa disajikan dengan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap. Nikmati cireng ayam suwir hangat sebagai camilan lezat bersama keluarga atau teman-teman.

Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Masakan Simpel

NOTES

Siapa yang bisa menolak kelezatan cireng ayam suwir yang gurih dan pedas? Cireng merupakan camilan favorit masyarakat Indonesia yang selalu berhasil memanjakan lidah. Kali ini, kita akan membahas langkah mudah dalam membuat cireng ayam suwir yang enak dan praktis di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa menikmati camilan lezat ini kapan pun Anda inginkan.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama dalam membuat cireng ayam suwir adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang harus disiapkan antara lain tepung terigu, ayam suwir, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, merica, dan penyedap rasa. Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum memulai proses pembuatan cireng. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, seperti cabai atau keju parut.

Langkah Membuat Adonan Cireng

Setelah semua bahan tersedia, langkah berikutnya adalah membuat adonan cireng. Campurkan tepung terigu, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, merica, dan penyedap rasa ke dalam wadah. Aduk semua bahan hingga merata dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis. Uleni adonan hingga teksturnya elastis dan tidak lengket di tangan. Diamkan adonan selama beberapa menit agar adonan mengembang.

Proses Memasak Cireng

Setelah adonan siap, ambil sebagian adonan dan pipihkan dengan tangan. Letakkan ayam suwir di atas adonan dan gulung adonan hingga ayam suwir terbungkus sempurna. Ulangi langkah ini hingga adonan habis. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng cireng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat cireng dan tiriskan minyaknya. Cireng ayam suwir siap disajikan dengan saus sambal atau saus kesukaan Anda.

Baca Juga :  Bubur Ketan Hitam, Kudapan Enak bernutrisi, Ini Resepnya

Penyajian Cireng Ayam Suwir

Cireng ayam suwir siap disantap sebagai camilan di waktu luang atau sebagai pelengkap makan siang. Anda dapat menyajikan cireng dengan taburan bawang goreng dan irisan daun seledri untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar. Selain itu, cireng juga bisa disajikan dengan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap. Nikmati cireng ayam suwir hangat sebagai camilan lezat bersama keluarga atau teman-teman.

Manfaat Membuat Cireng Sendiri di Rumah

Membuat cireng ayam suwir di rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah Anda dapat mengontrol kualitas bahan yang digunakan. Dengan membuat cireng sendiri, Anda dapat memastikan bahwa cireng yang Anda konsumsi bebas dari bahan pengawet dan tambahan kimia lainnya. Selain itu, membuat cireng sendiri juga lebih ekonomis daripada membeli cireng siap saji di luar. Anda bisa menghemat pengeluaran dan tetap menikmati camilan yang lezat dan sehat.

FAQ

1. Berapa lama cireng ayam suwir dapat disimpan?

Cireng ayam suwir dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan agar teksturnya tetap renyah.

2. Bisakah menggunakan ayam suwir kalengan untuk membuat cireng?

Ya, Anda bisa menggunakan ayam suwir kalengan sebagai bahan cireng. Pastikan untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum digunakan agar cireng tidak menjadi terlalu lembap.

3. Apakah cireng bisa dibekukan untuk disimpan lebih lama?

Ya, Anda bisa membekukan cireng yang sudah digoreng. Pastikan untuk menggorengnya hingga matang sempurna sebelum dibekukan, dan panaskan kembali sebelum disajikan.

Baca Juga :  Mudah dan Pastinya Enak, Coba Resep Salmon en Croute Ini

4. Bisakah saya menggunakan bahan pengganti untuk membuat cireng?

Tentu saja, Anda bisa mengganti beberapa bahan sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, mengganti ayam suwir dengan daging sapi suwir atau menambahkan sayuran sesuai selera. Eksperimenlah dengan berbagai bahan untuk menciptakan cireng versi Anda sendiri.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat cireng ayam suwir yang enak dan praktis di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati camilan lezat ini bersama orang terkasih!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info