Lompat ke konten
Home » Resep » Menikmati Kelezatan Cireng Ayam Suwir yang Menggugah Selera

Menikmati Kelezatan Cireng Ayam Suwir yang Menggugah Selera

Cireng Ayam Suwir yang Menggugah Selera

Menikmati Kelezatan Cireng Ayam Suwir yang Menggugah Selera

Recipe By siti
Course: Cireng Ayam Suwir Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

350 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung terigu

  2. bawang putih

  3. garam

  4. gula

  5. daun bawang

  6. daging ayam

  7. kecap manis

  8. kecap asin

  9. minyak goreng

DIRECTION

  1. Proses pembuatan

    Proses pembuatan cireng ayam suwir juga cukup sederhana, namun hasilnya sangat memuaskan

  2. Pertama

    Pertama, campurkan tepung terigu, bawang putih, garam, gula, dan daun bawang lalu tambahkan air secukupnya hingga adonan bisa dibentuk

  3. Selanjutnya

    Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bulatan pipih dan goreng hingga matang

  4. Sementara

    Sementara itu, ayam suwir bisa Anda buat dengan merebus daging ayam hingga empuk lalu suwir-suwir dan tumis dengan bumbu dan kecap manis.

NOTES

Siapa yang bisa menolak kelezatan dari cireng ayam suwir yang menggugah selera? Cireng merupakan salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia yang terbuat dari campuran tepung terigu, bawang putih, garam, dan penyedap lainnya. Sedangkan ayam suwir adalah olahan daging ayam yang diolah dengan cara direbus dan disuwir-suwir. Kombinasi antara cireng yang renyah dengan ayam suwir yang gurih dan lezat menjadikan hidangan ini begitu populer di kalangan pecinta kuliner. Bagi Anda yang ingin mencoba sensasi kelezatan dari cireng ayam suwir, berikut ini kami akan membahas lebih dalam tentang hidangan yang satu ini.

Sejarah Cireng Ayam Suwir

Cireng merupakan makanan tradisional Sunda yang telah ada sejak zaman dulu. Dulunya, cireng dibuat hanya dengan campuran tepung terigu, bawang putih, garam, dan penyedap lainnya kemudian digoreng hingga matang. Namun, seiring perkembangan zaman, cireng mulai dimodifikasi dengan berbagai tambahan bahan seperti ayam suwir. Ayam suwir sendiri merupakan inovasi dalam penyajian cireng yang semakin memperkaya cita rasa dari hidangan ini. Dengan tambahan ayam suwir, cireng tidak hanya enak sebagai camilan, tapi juga dapat menjadi pilihan menu utama yang lezat.

Baca Juga :  Resep Bakwan Mie Kriuk, Sensasi Kudapan Enak dirumah

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat cireng ayam suwir, Anda memerlukan beberapa bahan utama seperti tepung terigu, bawang putih, garam, gula, daun bawang, daging ayam, kecap manis, kecap asin, minyak goreng, dan bahan lain sesuai dengan selera. Proses pembuatan cireng ayam suwir juga cukup sederhana, namun hasilnya sangat memuaskan. Pertama, campurkan tepung terigu, bawang putih, garam, gula, dan daun bawang lalu tambahkan air secukupnya hingga adonan bisa dibentuk. Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bulatan pipih dan goreng hingga matang. Sementara itu, ayam suwir bisa Anda buat dengan merebus daging ayam hingga empuk lalu suwir-suwir dan tumis dengan bumbu dan kecap manis.

Cara Penyajian yang Menarik

Salah satu keunikan dari cireng ayam suwir adalah cara penyajiannya yang menarik. Anda bisa menyajikan cireng ayam suwir dengan balutan saus sambal atau saus kacang yang akan menambah kenikmatan dari hidangan ini. Sajikan cireng ayam suwir dalam keadaan hangat agar cita rasanya semakin terasa. Anda juga bisa menambahkan taburan bawang goreng atau irisan daun seledri untuk mempercantik tampilan cireng ayam suwir. Dengan penyajian yang menarik, cireng ayam suwir bisa menjadi pilihan hidangan yang cocok untuk acara santai bersama keluarga maupun teman.

Nutrisi dalam Cireng Ayam Suwir

Meskipun tergolong sebagai makanan ringan atau camilan, cireng ayam suwir tetap mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam mengandung protein tinggi yang baik untuk membangun otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tepung terigu juga mengandung karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Namun, konsumsilah cireng ayam suwir dengan porsi yang sesuai agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Jangan lupa untuk menyeimbangkan konsumsi cireng ayam suwir dengan makanan sehat lainnya agar asupan gizi harian tetap terpenuhi.

Baca Juga :  Resep Jantung Ayam, Versi Mercon Bikin Nagih

Kesimpulan

Cireng ayam suwir adalah hidangan yang menggugah selera dan cocok untuk dinikmati kapan pun. Kombinasi antara cireng yang renyah dan ayam suwir yang gurih menciptakan sensasi rasa yang unik dan lezat. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang sederhana, Anda pun bisa mencoba membuat cireng ayam suwir di rumah. Sajikan cireng ayam suwir hangat dengan tambahan saus sambal atau saus kacang untuk menambah cita rasa. Selamat menikmati kelezatan cireng ayam suwir dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan bahan dan penyajian sesuai dengan selera Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat cireng ayam suwir?

Untuk membuat cireng ayam suwir, waktu yang dibutuhkan relatif singkat, sekitar 30-45 menit termasuk waktu memasak daging ayam. Proses pembuatan cireng dan ayam suwir pun tidak terlalu rumit sehingga Anda dapat mencoba resep ini di rumah.

2. Apakah cireng ayam suwir bisa disimpan untuk dikonsumsi kemudian?

Cireng ayam suwir sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar dan hangat untuk menjaga tekstur dan cita rasa. Namun, jika ingin disimpan, simpan cireng dan ayam suwir secara terpisah di dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas. Panaskan kembali sebelum disajikan.

Baca Juga :  Resep Puding Batok Kelapa Muda yang Unik, Menarik, dan Rasanya Enak

3. Bisakah saya mengganti daging ayam dengan jenis daging lain untuk cireng ayam suwir?

Tentu saja, Anda bisa mengganti daging ayam dengan jenis daging lain sesuai dengan preferensi Anda. Beberapa pilihan alternatif daging yang bisa digunakan adalah daging sapi, daging babi, atau bahkan seafood seperti udang atau cumi.

4. Apakah cireng ayam suwir cocok untuk camilan di acara kumpul-kumpul?

Ya, cireng ayam suwir sangat cocok sebagai camilan di acara kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman. Hidangan ini bisa disajikan dalam porsi kecil sebagai camilan atau bahkan dalam porsi besar untuk menu utama. Selamat mencoba!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info