Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tahu Aci Gejrot, Variasi Kuliner Khas Cirebon yang Rasanya Lebih Mantul

Resep Tahu Aci Gejrot, Variasi Kuliner Khas Cirebon yang Rasanya Lebih Mantul

Tahu Aci Gejrot (2)

Resep tahu aci gejrot

Resep tahu aci gejrot menjadi variasi dari tahu gejrot biasanya. Tujuannya agar masyarakat tidak cepat bosan dengan kuliner khas Cirebon, Jawa Barat ini. Selain itu, variasi kuliner semacam ini sangat baik bagi para pengusaha kuliner. Terutama mereka yang selama ini sudah lama berjualan tahu gejrot. Atau mungkin, Anda juga tertarik untuk mencoba berbisnis kuliner dengan menjual tahu aci gejrot. Silahkan saja jika berminat, tetapi harus bisa membuatnya dulu yang rasanya enak.

Perbedaannya hanya pada bahan tahu karena di dalam tahunya ada aci yang terbuat dari tepung sagu. Sementara untuk keseluruhan kulinernya, Anda harus membaca terlebih dulu resep tahu aci gejrot selengkapnya berikut. Setelah itu, barulah mempraktikkannya di rumah.

Bahan-bahan

  • 5 potong tahu putih
  • 100 gram tepung sagu
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tahu aci

Bahan untuk sausnya

  • 200 ml air
  • 35 gram gula Jawa
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan larutan asam Jawa
  • 15 buah cabai rawit hijau atau sesuai selera kalian
  • 6 siung bawang merah
  • ¼ sendok teh garam
Baca Juga :  Ayam Masak Bom, Kuliner Khas Banjarmasin Rasanya Menggoyang Lidah

Cara membuat tahu aci gejrot

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan, silahkan Anda mempraktikkan resep tahu aci gejrot dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal membuat saus gejrot terlebih dulu. Caranya, siapkan sebuah panci kecil, lalu rebus air dengan gula Jawa, kecap manis, dan larutan asam Jawa.
  2. Aduk perlahan dan rebus hingga mendidih. Matikan kompor dan angkat panci untuk membiarkannya beberapa saat agar mendingin.
  3. Selanjutnya, silahkan menguleg kasar bawang merah dan semua cabai. Setelah itu, tuangkan saus gejrot yang sudah jadi. Tambahkan garam dan aduk merata. Sisihkan dulu saus gejrotnya.
  4. Langkah berikutnya, yaitu membuat tahu aci. Caranya, ambil satu potong tahu lalu bagi menjadi empat. Tiap bagian pipihkan dengan telapak, tetapi jangan sampai hancur. Lakukan langkah tersebut untuk semua potongan tahu.
  5. Siapkan wadah baskom, lalu campurkan tepung sagu, garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Aduk merata dengan tangan saja. Setelah itu, masukkan dan bolak-balikkan satu per satu potongan tahu yang sudah pipih ke dalam tepung.
  6. Diamkan beberapa saat hingga tepungnya basah oleh air dalam tahunya. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng tahu aci.
  7. Sebelum memasukkannya ke dalam minyak panas, baluri lagi dengan tepung sagu. Goreng hingga setengah matang saja, lalu matikan kompor dan angkat untuk meniriskannya dulu.
  8. Panaskan lagi minyak dengan api kompor sedang. Jika minyak sudah panas, goreng lagi tahunya hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan lagi.
  9. Siapkan sebuah piring, lalu ambil beberapa tahunya dan potong-potong sesuai selera. Siram dengan saus yang sudah jadi sebelumnya. Akhirnya, kuliner khas Sunda tersebut sudah matang dan silahkan menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Soto Ayam Kudus Bisa Di Praktikkan Di Rumah Anda

Bagaimana dengan resep tahu aci gejrot? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah? Silahkan segera mempraktikkan resepnya agar bisa mencicipi kuliner tersebut. Dijamin rasanya lebih mantul dari tahu gejrot yang biasanya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan